Workshop "Karya ilmiah tanpa drama": Peningkatan keterampilan manajemen referensi dan layouting pada mahasiswa PGSD

Authors

  • Hanif Faturrachim Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Ika Wahyuningsih Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Sabarudin Sabarudin Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.31629/wy27vp19

Keywords:

workshop, manajemen referensi, layouting, mahasiswa PGSD

Abstract

Mahasiswa PGSD masih sering mengalami kesulitan dalam pengelolaan referensi dan penataan layout karya ilmiah sesuai standar akademik, sehingga menimbulkan dampak pada kualitas penulisan ilmiah. Kegiatan PkM ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan manajemen referensi dan layouting mahasiswa PGSD. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus yang difokuskan pada sekelompok mahasiswa PGSD yang mengikuti workshop sebagai representasi dari permasalahan umum yang dihadapi oleh mahasiswa lain di program studi yang sama. Sasaran kegiatan terdiri atas 26 mahasiswa PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta dari semester 2, 4, dan 6 yang mengikuti workshop. Data dikumpulkan melalui observasilangsung, wawancara, dokumentasi kegiatan, serta analisis terhadap hasil latihan peserta. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian, dan penarikan simpulan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa workshop berhasil meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam menggunakan reference manager khususnya mendeley secara sistematis, memformat karya tulis dengan rapi sesuai kaidah ilmiah, serta meningkatkan kemampuan dalam mengakses database ilmiah dan mengevaluasi kualitas sumber referensi. Workshop ini memberikan kontribusi signifikan dalam membentuk keterampilan teknis kepenulisan akademik yang esensial bagi calon guru, khususnya dalam aspek ketelitian penulisan, ketepatan penggunaan sumber referensi ilmiah, serta kemampuan menyusun karya tulis yang sesuai dengan standar akademik. Keterampilan tersebut menjadi modal penting dalam menyiapkan mahasiswa menghadapi tuntutan akademik maupun profesional di dunia pendidikan.

References

Abdurrahman, U., Armando, G., Siregar, W. Y., Munawwar, M., Ilham, M. N., & Dalimunthe, S. F. (2025). Analisis kurangnya kemampuan mahasiswa dalam menggunakan miicrosoft word dan dampaknya terhadap penyelesaian tugas kuliah. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 13(1), 81–87.

Alamsyah, N. R., Asriadi, Nur, M. A., Wijaya, S. N., & Shabir, A. (2025). Pelatihan pengunaan aplikasi publish or perish (pop) sebagai upaya meningkatkan kualitas referensi dalam penulisan karya tulis ilmiah mahasiswa. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 55–961. https://doi.org/10.46367/khidmah.v2i1.2468

Alhasbi, F., Java, A. A., Ahmad, A. A. M., & Hakim, R. I. (2024). Increase interest in scientific writing through mendeley workshop. Community Empowerment, 9(2), 196–207. https://doi.org/10.31603/ce.9795

Ansori, M., Asyari, H., Muniarti, W., & Saikin. (2023). Pelatihan penggunaan microsoft office word bagi guru tkit ashopa praya lombok tengah. Jurnal Pengabdian Bersama Masyarakat Indonesia, 1(2), 88–95. https://doi.org/10.59031/jpbmi.v1i2.95

Apriandi, M. M., Maritasari, D. B., Maulida, B. Z. A., & Karmila, I. (2024). Kredibilitas sumber ilmiah di era digital. NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 1197–1202. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i3.3142

Aravik, H., Sopian, A., & Tohir, A. (2023). Pemanfaatan aplikasi researchgate sebagai sumber literasi karya ilmiah. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 3(2), 187–206. https://doi.org/10.36908/akm.v3i2.646

Ariyanti, N. N., Rendra, M. I., & Saraswati, A. D. (2024). Pelatihan mendeley tingkat dasar untuk penulisan sitasi dan daftar pustaka pada karya tulis ilmiah. Jurnal SOLMA, 13(3), 2532–2538. https://doi.org/10.2236/solma.v13i3.15586

Falahuddin, A., Puspasari, A. D., Fasha, A. D., & Widia, E. (2025). Pengaruh media sosial terhadap rendahnya literasi akademik mahasiswa S1 pada Program Studi Manajemen Universitas Buana Perjuangan Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 11(3), 58–65.

Hamdani, I. M., Karman, A., Hamdani, U. Z., Adhalia, N. F., Julyaningsih, A. H., Mesin, T. P., & Bantaeng, I. M. (2025). Bimtek penggunaan aplikasi mendeley dalam mengelola rujukan karya ilmiah. Madaniya, 6(1), 538–546.

Hia, S. (2025). Kesalahan pengutipan pada skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nias Raya Tahun 2022. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 4(1), 336–347. https://doi.org/10.30598/arbitrervol4no1hlm595-606

Hidayat, T., & Sassi, K. (2025). Perbandingan kompetensi akademik bidang karya tulis ilmiah mahasiswa Indonesia dan Sudan. CENDEKIA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, 5(1). https://doi.org/10.51878/cendekia.v5i1.4072

Huda, M., Shiddiqi, H. A, & Safithri, A. (2025). Pendampingan penulisan karya ilmiah bagi mahasiswa sebagai upaya menumbuhkan kesadaran literasi di era artificial intelligence. Al Khidmah: Jurnal Pengabdian Dan Kemitraan Masyarakat, 3(1), 50–63. https://doi.org/10.59246/alkhidmah.v3i1

Irmayana, A., & Aisa, S. (2024). Pelatihan penggunaan Mendeley dan Ms.Word untuk peningkatan kualitas karya ilmiah mahasiswa. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2). https://doi.org/10.30651/aks.v8i2.13167

Kurniasih, N., Elita, R. F. M., & Perdana, F. (2024). Pelatihan penggunaan mendeley reference manager bagi mahasiswa. Communnity Development Journal, 5(1), 2105–2109.

Maleha, N. Y., & Satria, C. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi mendeley desktop untuk mahasiswa tingkat akhir STEBIS IGM Palembang. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 1(2), 91–98. https://doi.org/10.36908/akm.v1i2.191

Nika, D. P. W., Tsamroh, D. I., Dika, J. W, Yazirin, C., Roos, D., & Kristanto, A. D. (2022). Sosialisasi dan pelatihan penggunaan mendeley untuk persiapan mahasiswa dalam penulisan skripsi. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 4(1), 12–17. https://doi.org/10.35799/vivabio.v3i3.40876

Nugraha, I. M. A., Koropitan, A. F., Ilham, & Budiadnyani, I. G. A. (2025). Pelatihan penulisan karya ilmiah multidisiplin dan komersialisasi hasil penelitian dengan dukungan AI. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 9(1), 1181–1193.

Purnomoasri, R. D., Kurniawan, K. D., Amhudo, R. L., Arbianto, R., Handoyo, S., Mulyandari, E., & Susila, H. (2022). Pelatihan penulisan karya ilmiah menggunakan microsoft word dan manajer referensi mendeley menggunakan media pembelajaran online (zoom dan live streaming youtube). GANESA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 45–51. https://doi.org/10.36728/ganesha.v2i01.1786

Seituni, S., Yuliana, D., Suparto, A. A., Rahmawati, W. K., & Febriyanti, A. (2024). Analisis pemanfaatan fitur track changes pada MS.Word untuk mengetahui originalitas karya mahasiswa. Academy of Education Journal, 15(1), 2685–4031. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2148

Suryani, A. W., Putri, D. M., Jati, F. D., Erianto, B. T., Fernando, F., Andriani, W., ... Ayuningtyas, K. (2020). Penguatan pemanfaatan software penulisan untuk meningkatkan soft skills mahasiswa. SINERGI: Jurnal Pengabdian, 3(1), 1–7.

Tarigan, F. N., Nasution, A. F., Elanda, Y., Rizki, A., Ismayani, & Lestari, D. D. (2025). Edukasi literasi digital dan keterampilan penulisan karya ilmiah bagi mahasiswa. JURNAL ABDIMAS TGD, 5(1), 33–37. https://doi.org/10.53513/abdi.v5i1.10570

Tarmizi, M., & Yahfizham. (2023). Perspektif mahasiswa terhadap penggunaan kecerdasan buatan chatgpt dalam penyusunan tugas akhir. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 151–161. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15425

Tjetje, N. F., Hasiara, L. O., Widyanto, E. A., & Rahman, F. (2025). Metode penelitian memperkecil plagiasi penulisan karya tulis ilmiah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(12), 2497–2520.

Triana, M. D., Naibaho, S. A., Sihite, S. H., & Lawolo, C. L. (2025). Analisis kritis kesalahan pengutipan langsung “apa” dalam proposal student grant mahasiswa: identifikasi masalah dan strategi perbaikan. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Teologi, 3.

Zusrony, E., Dewi, M. U, Imaliya, T., Kholifah, S., Maulan, P. A., Magriyanti, A. A., ... Manalu, G. (2024). Pelatihan penggunaan aplikasi mendeley untuk manajemen referensi karya ilmiah bagi mahasiswa Universitas Sains dan Teknologi Semarang. Journal of Human And Education, 4(3), 192–197. https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.890

Downloads

Published

2025-11-30