Pendampingan belajar peserta didik dengan memanfaatkan media pembelajaran crossword puzzle

Authors

  • Fitri Febrianti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Arni Aulia Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Fitriani Nur Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Rachmah Ratnaningtiyas Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Batu
  • Nursalam Nursalam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i2.7271

Keywords:

crossword puzzle, media pembelajaran, pendampingan belajar, PkM

Abstract

Partisipasi aktif peserta didik sangat penting untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif. Namun, berdasarkan analisis awal peserta didik kelas VIII C masih menunjukkan sikap pasif dan minim keterlibatan, di mana peserta didik sekadar mendengarkan, minim interaksi dan diskusi, sehingga tujuan pembelajaran yang telah direncanakan tidak tercapai dengan maksimal. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan mengatasi kepasifan peserta didik dalam kegiatan belajar yang mengacu pada lima indikator yaitu antusisme dalam mengikuti pembelajaran, interaksi peserta didik dengan guru, kerja sama kelompok, aktivitas dalam kelompok, dan partisipasi menyimpulkan hasil pembahasan. Metode yang diterapkan berupa pendampingan belajar yang terdiri dari tahap awal dan tahap pendampingan, memanfaatkan media pembelajaran crossword puzzle pada pembelajaran berbasis games (Teams Games Tournament). Peserta pendampingan merupakan peserta didik kelas VIII C MTsN Kota Batu yang berjumlah 27 orang. Data dikumpulkan melalui lembar pengamatan keaktifan, angket keaktifan peserta didik, angket respons peserta didik terhadap media, serta tes hasil belajar, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang dilengkapi dengan analisis kuantitatif sederhana. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan pendampingan dengan tercapainya setiap indikator keaktifan belajar, sehingga penggunaan media crossword puzzle  efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Pendampingan ini memberikan kontribusi pada pemahaman praktis dan strategi pengajaran yang dapat diterapkan dalam konteks pendidikan modern

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Febrianti, F., Aulia, A., Nur, F., Ratnaningtiyas, R., & Nursalam, N. (2024). Pendampingan belajar peserta didik dengan memanfaatkan media pembelajaran crossword puzzle. Jurnal Anugerah, 6(2), 157–170. https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i2.7271