Sosialisasi pencegahan dan penangangan perilaku perundungan di Sekolah Dasar

Authors

  • Fridolin Vrosansen Borolla Universitas Pattimura
  • Rino Lengam Universitas Pattimura
  • Sumarah Suryaningrum Universitas Pattimura
  • Hediaty La Sitiman Universitas Pattimura
  • Bintang Lony Vera Victory Universitas Pattimura
  • Parjolo Aritonang Universitas Pattimura
  • Karel R Untailawan Universitas Pattimura
  • Mandelson Untailwan Universitas Pattimura
  • Safrudin Ratdja Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i2.7223

Keywords:

penanganan dan pencegahan , perundungan, sosialisasi

Abstract

Perilaku Perundungan merupakan suatu fenomena yang cukup meresahkan masyarakat. Hal itu tidak hanya terjadi di lingkungan masyarakat, melainkan terjadi pula pada setiap satuan pendidikan termasuk di SD Inpres Negeri 4 Dobo. Sosialisasi pencegahan dan penaggulangan perilaku dan korban perundungan perlu untuk dilakukan kepada guru-guru di sekolah tersebut. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap dampak perilaku perundungan serta pembentukan tim pencegahan perilaku perundungan di sekolah. Kegiatan ini melibatkan guru agama, guru kelas, dan kepala sekolah. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini yaitu sosialisasi dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar kepada seluruh peserta kegiatan sosialisasi. Data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa mayoritas guru menghendaki dibentuk layanan khusus penanganan perundungan di sekolah dengan melibatkan orang tua murid, namun mayoritas guru tidak menghendaki pelibatan komite sekolah dalam tim penanganan pencegahan perundungan. Selanjutnya, responden mayoritas mendukung pencegahan dan penanggulangan korban perundungan dan penegakan kode etik atau tata tertib sekolah. Semangat dan motivasi mengikuti seminar atau pelatihan pencegahan dan penangangan perundungan relatif sedang. Fenomena perilaku perundungan di tingkat satuan pendidikan dasar perlu dilakukan pencegahan dan penanganan melalui kerja sama antara pihak sekolah dengan orang tua dengan membentuk tim penanganan dan pencegahan perilaku Perundungan. Peserta kegiatan makin menyadari pentingnya pencegahan dan penanganan kasus perundungan yang terjadi di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damayanti, P. D. S., Handayani, F., Ramahwati, Y., Suhernah., Cahyani, A. D., Tilova, M. H. (2023). Peranan psikologi pendidikan untuk pencegahan perundungan siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bimbingan konseling Pendidikan Islam, 4(1), 1-9. https://doi.org/10.31943/counselia.v4i1.60

Hasan. A., Suyoto., Utami, R. E., Rachmawati, Y. (2023). Implementasi profil pelajar pancasila guna pencegahan tindak perundungan di SDN Sendangmulyo 02. Journal of Social Science Research, 3(2), 2103-2110. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/553

Hidayat, M., Aulia., Syah, F., Rizaldi, A. R. (2022). Edukasi pencegahan perundungan pada siswa Sekolah Dasar Negeri 45 Biringbalalang Kabupaten Takalar. Global Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(2), 56.64. https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v2i2.293

Jumarnis, S. A., Anugerah, J. C., & Sinaga, Y. J. (2023). Strategi penanaman pendidikan karakter dalam meminimalisir bullying siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1103–1117. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6398

Junalia, E., & Malkis, Y. (2022). Edukasi upaya pencegahan bullying pada remaja di Sekolah Menengah Pertama Tirtayasa Jakarta. Journal Community Service and Health Science, 1(3), 15–20.

Junindra, A., Fitri, H., Murni, I., Ilmu Pendidikan, F., & Negeri Padang, U. (2022). Peran guru terhadap perilaku bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11134. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4204

Kamsiah & Witarsa, R. (2023). Pengaruh sosialisasi berbahasa santun terhadap pencegahan perundungan pada jenjang pendidikan dasar. Journal of Education Research, 4(1), 249-257. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.155

Kusmiati, S., Ariyanti M., Cahyaningsih, H., Nursyamsiyah. (2024). Efektifitas pendidikan pencegahan perundungan terhadap pengetahuan & sikap siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Kesehatan, 16(1), 197-204. https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v16i1.2259

Limilia, P., & Prihandini, P. (2019). Penyuluhan stop bullying sebagai pencegahan perundungan siswa di SD Negeri Sukakarya, Arcamanik-Bandung. Jurnal Abdi Moestopo, 2(1) 12-16. https://doi.org/10.32509/am.v2i1.690

Mukhadis, A. (2016). Metodologi penelitian kuantitatif bidang pendidikan dan contoh aplikasinya. Aditya Media Publishing.

Paula, V., Sibuea, R. O. br, Lebdawicaksaputri, K., & Kasenda, E. (2022). Edukasi pencegahan tindakan bullying pada anak usia Sekolah Dasar. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(2), 131–134. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i2.204

Puspitasari, (2023). Mengembangkan kesadaran diri pada siswa untuk mencegah tindak perundungan di Sekolah Dasar. Dharmas Education Journal, 4(1), 16-22. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.901

Rahayuningrum, D. C., Patricia, H., Apriyeni, E., & Irman, V. (2022). Edukasi pencegahan bullying pada siswa Sekolah Dasar. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(9), 3110–3116.

Setiowati, A., & Astuti Dwiningrum, S. I. (2020). Strategi layanan bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar untuk mengatasi perilaku bullying. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 188–196. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.750

Simbolon, M. E., Nurhasanah, A., Putri, A. D. (2024). Edukasi pencegahan perundungan bagi siswa SDN 1 Citangtu Kabupaten Kuningan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Desa, 1(12) 3609-3614. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i12.756

Sudaryono. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan mix method. PT. Rajagrafindo Persada.

Sunandari., Fitriani., Nurannisa., Ikram, M. D., Maharani, W. (2023). Pencegahan tindakan perundungan pada lingkungan Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(4), 11691-11695. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2123

Susanti, D. A., Jainab, Lisnasari, S. F., & Datten. (2024). Sosialisasi perundungan di Sekolah Dasar Negeri 040443 Kabanjahe. 3(1), 150–156. https://doi.org/10.37081/adam.v2i2.1779

Temmasonge, A., Hardi, A. A., Ihsan, A. N., Ilahi, R., & Harliawan, M. (2024). Penyuluhan tentang bahaya perundungan melalui pendekatan olahraga permainan di Sekolah Dasar. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 7(1), 106–111. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v7i1.15491

Ningtyas, P. V., & Sumarsono, R. B. (2023). Upaya mengurangi bullying anak usia Sekolah Dasar melalui Kegiatan Sosialisasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 104–108. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/3706/1733

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Borolla, F. V., Lengam, R., Suryaningrum, S., Sitiman, H. L., Victory, B. L. V., Aritonang, P., Untailawan, K. R., Untailwan, M., & Ratdja, S. (2024). Sosialisasi pencegahan dan penangangan perilaku perundungan di Sekolah Dasar . Jurnal Anugerah, 6(2), 147–156. https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i2.7223