Pelaksanaan pengabdian terpadu pada program keahlian teknik pengelasan untuk mencetak wirausahawan muda

Authors

  • Achmad Romadin Universitas Negeri Makassar
  • Ismail Aqsha Universitas Negeri Makassar
  • Andi Muhammad Irfan Universitas Negeri Makassar
  • Erniyani Erniyani Universitas Negeri Makassar
  • Fahri Anwar Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v7i1.7173

Keywords:

kewirausahaan, pengabdian terpadu, teknik pengelasan

Abstract

Program keahlian teknik pengelasan berpotensi dalam mencetak wirausahawan muda yang mandiri. Namun, integrasi keterampilan teknis dan kewirausahaan menjadi kendala dalam menciptakan lulusan yang siap bersaing di dunia usaha. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha sejak dini pada siswa SMK melalui pendekatan pengabdian terpadu yang dilaksanakan di SMKN 5 Bulukumba dengan jumlah siswa 20 orang. Adapun aspek yang menjadi tolak ukur yaitu pelatihan penggunaan alat ukur mekanik, pengelasan SMAW, alat pengujian tanpa merusak (NDT), dan pelatihan kewirausahaan berbasis unit produksi. Penilaian dilakukan melalui observasi teknis. Teknik analisis data keberhasilan dalam pelaksanaan pengabdian terpadu adalah membandingkan hasil pengetahuan yang diukur dengan menggunakan pretest dan post-test. Hasilkegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dari semua aspek, seperti pada aspek pemahaman penggunaan alat ukur mekanik, terjadi peningkatan sebesar 45%. Begitu pun dengan aspek teknik pengelasan SMAW meningkat dari 25% menjadi 85%, aspek penggunaan alat pengujian tanpa merusak (NDT) sebelumnya hanya dipahami oleh 20% siswa, meningkat menjadi 85% setelah mengikuti pelatihan, dan pemahaman tentang kewirausahaan meningkat setelah pelatihan yaitu 85%. Secara keseluruhan, hasil ini mengindikasikan bahwa kegiatan pengabdian terpadu mampu memberikan dampak positif dan terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi dan keterampilan kerja dan kesiapan usaha mandiri siswa.

References

Agrawal, R. C. & Yadav, A.S. (2020). Sixth deans’ committee report. New Delhi: Indian Council of Agricultural Research.

Asriati, N., Sulistyarini, Ulfah, M., & Purwaningsih, E. (2018). Pengembangan model pembelajaran teaching factory 6M menghadapi revolusi industri keempat di SMK Negeri 6 Pontianak. JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 70–86.

Baru, J., Sabirin, S., Adhim, F., Saputra, R., & Siregar, B. H. (2024). Analisis pembelajaran SMKN 1 Cilegon yang diarahkan untuk mempersiapkan peserta didik memasuki lapangan pekerjaan: Studi kasus. Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif, 8(12).

Elizar, E. (2018). Pengembangan program kewirausahaan di perguruan tinggi. Edukasi Lingua Sastra, 16(1), 22–32. https://doi.org/10.47637/elsa.v16i1.75

Faizal, E., Susilo, S. H., Walid, A., & Yudiyanto, E. (2024). Pelatihan pengelasan untuk siswa sebagai media pembelajaran kewirausahaan di SMK Muhammadiyah 1 Malang. Bulletin of Community Engagement, 4(2), 667–674.

Isma, A., Rakib, M., & Halim, N. (2022). Mengembangkan karakter entrepreneur siswa melalui pelatihan kewirausahaan di SMK Negeri 1 Sidrap. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 93–104.

James, J. W., Sutin, S. E., Weidman, J. C., & Yeager, J. L. (2015). Community engagement in higher education: Policy reforms and practice. Community Engagement in Higher Education: Policy Reforms and Practice, March, 1–334. https://doi.org/10.1007/978-94-6300-007-9

Lugito, N. E. (2019). Model pengembangan pendidikan entrepreneurship di SMK Islam Tikung (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Mahbub, J., Goro, G. L., Harprastanti, P., Rabinah, A. H., Risman, R., Warsiti, W., Mulyono, T., Wiyana, Y. E., Nurhadi, I., & Satriyadi, L. (2024). Penerapan pengujian beton di lapangan untuk siswa SMKN 2 Kendal. Jurnal Pengabdian Bukit Pengharapan, 4(2), 131–144.

Mubarok, M. Z., Abdillah, F., & Ariwibowo, B. (2021). Pengunaan model pembelajaran problem based learning pada pelajaran dasar otomotif kompetensi dasar menerapkan dan menggunakan alat ukur mekanik serta fungsinya untuk kelas X TBSM SMK N 7 Kendal. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, 3(2), 54–62.

Nainggolan, R., & Harny, D. (2020). Pengaruh pendidikan entrepreneurship dan lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha (Studi di Universitas Ciputra). Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(2), 183. https://doi.org/10.26740/jepk.v8n2.p183-198

Nur, H., Aqsha, I., Romadin, A., & Ashadi, N. R. (2024). Implementation of product-based learning on welding and plate practices II course oriented to infrastructure needs of the department of mechanical engineering education UNM. Formosa Journal of Sustainable Research (FJSR), 3(11), 2307–2330.

Photek. (2020). Jobdesk production operator. http://www.photek.com/pdf/employment/JobD_PrdOp.pdf

Romadin, A. (2021). Analisis kebutuhan tenaga kerja lulusan SMK Teknik Pemesinan pada industri manufaktur (Multikasus industri mitra SMK COE). Universitas Negeri Malang.

Romadin, A. (2023). Penerapan pembelajaran berbasis produk pada mata pelajaran gambar teknik manufaktur di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 10(1), 1-12.

Romadin, A., Yoto, Y., & Nurhadi, D. (2021). Career identification of production operators’ position in manufacture industries. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 44(1), 1-9. https://doi.org/10.17977/um031v44i12021p1-9

Saepulloh, Rostini, D., & Karyana, K. (2022). Manajemen pemasaran lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) dalam mempercepat penyerapan tenaga kerja (Studi kasus di SMKN 1 Cilaku dan SMKN 2 Cilaku Kabupaten Cianjur). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 359–369.

Savitri, C., & Wanta. (2018). Upaya menumbuhkan minat berwirausaha pada mahasiswa prodi manajemen di UBP Karawang. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 3(1), 93–112. https://doi.org/10.36805/manajemen.v3i1.241

Schmitz, C. L., Stinson, C. H., & James, C. D. (2010). Community and environmental sustainability: Collaboration and interdisciplinary education. Critical Social Work, 11(3).

Setiawan, W., Santosos, N., & Winarto, E. W. (2024). Pelatihan pengelasan lanjutan di Kalurahan Kaliagung, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta. DIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(5), 161–167.

Susilo, F. C., Widiyanti, W., & Isnandar, I. (2022). Implementation of welding production unit learning model for students’ entrepreneurial preparedness of public vocational high school. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 45(1), 11. https://doi.org/10.17977/um031v45i12022p11-18

Wirawan, W. A., Wulansari, A., Sakti, G., Prayitno, H., Putro, S. H. S., & Pambuditayno, N. (2025). Program pengabdian masyarakat: Pengenalan dan penerapan dasar evaluasi hasil pengelasan listrik SMAW dengan metode NDT. Jurnal Sinergi Dan Pengabdian (JSP), 1(1).

Yoto, Y., Suyetno, A., Ardista, P., Mawangi, N., & Romadin, A. (2024). The role of industry to unlock the potential of the merdeka curriculum for vocational school. Cogent Education, 11(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2335820

Yoto, Y., Widiyanti, W., Solichin, S., & Tuwoso, T. (2019, January). Development of life-based teaching material on welding fields to form entrepreneurial characters. In 2nd International Conference on Vocational Education and Training (ICOVET 2018) (pp. 36-39). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icovet-18.2019.9

Downloads

Published

2025-05-29