Pelatihan penggunaan ChatGPT sebagai media pembelajaran matematika untuk siswa MAN 1 Majene, Sulawesi Barat
DOI:
https://doi.org/10.31629/anugerah.v7i1.7111Keywords:
artificial intelligence, ChatGPT, matematika, pelatihanAbstract
Pemanfaatan kecerdasan buatan dalam dunia pendidikan tidak hanya mengikuti perkembangan teknologi, tetapi juga berpotensi meningkatkan mutu pembelajaran. Di MAN 1 Majene, Sulawesi Barat, mayoritas siswa telah mengenal ChatGPT secara umum, namun masih menghadapi kendala dalam memahami cara penggunaan yang efektif untuk mendukung proses belajar, khususnya dalam mata pelajaran matematika. Kondisi ini menunjukkan adanya kebutuhan akan peningkatan literasi teknologi dan kemampuan dalam memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) secara optimal. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa MAN 1 Majene dalam menggunakan ChatGPT untuk mendukung proses belajar matematika. Metode yang digunakan adalah pelatihan dengan peserta sebanyak 40 siswa. Peserta diberikan kuesioner pre-test dan post-test untuk mengukur kemampuan awal dan akhir terkait dengan materi yang diberikan. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya disusun dalam bentuk tabel dan dianalisis dengan pendekatan kuantitatif. Setelah pelatihan, terjadi peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa terkait penggunaan ChatGPT untuk menyelesaikan soal matematika. Sebanyak 95% siswa memahami cara penggunaan ChatGPT, dan 87,5% merasa terbantu dalam memahami konsep matematika yang sulit. Seluruh siswa juga merasa bahwa ChatGPT mempermudah proses belajar. Selain itu, 95% siswa mampu menuliskan prompt dengan benar. Secara keseluruhan, pelatihan ini berdampak positif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan ChatGPT untuk menyelesaikan soal matematika.
References
Ainiyah, Q., & Tohari, A. A. (2021). Pembelajaran praktik dalam peningkatan pemahaman peserta didik Mapel Fiqih di MTs Roudlotut Tholibin Kediri. Urwatul Wutsqo: Jurnal Kependidikan Dan Keislaman, 10(2), 245–259. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v10i2.324
Almarashdi, H. S., Jarrah, A. M., Khurma, O. A., & Gningue, S. M. (2024). Unveiling the potential: A systematic review of chatgpt in transforming mathematics teaching and learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 20(12). https://doi.org/10.29333/ejmste/15739
Amala, Y., Thohir, M., Reditiya, V. E., & Sari, N. I. P. (2023). Refleksi Mahasiswa dalam berkeadaban digital melalui chatgpt. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 13(2), 109–128. https://doi.org/10.33367/ji.v13i2.3798
Anggreni, S., Rahmatullah, S., Rifai, A., & Setiyorini, T. (2024). Pelatihan memaksimalkan potensi ChatGPT: Teknik prompt engineering dalam mendukung kegiatan organisasi bagi pemuda JPRMI Jakarta. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(9), 698–702.
Ardiansyah, E. R., & Muthi, I. (2024). Penerapan metode praktikum untuk meningkatkan kinerja dalam mata pelajaran IPAS materi perubahan wujud zat kelas IV. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(4), 298–307. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i4.1132
Astuti, P., & Kusmiyati, K. (2023). Pembelajaran adaptif berbasis kecerdasan buatan untuk meningkatkan keterampilan matematika pada kelas VI di UPTD SD Negeri Gili Barat Kamal. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 3(2), 85–97.
Azizah, N., Septiani, W., & Sudrajat, I. (2023). Peningkatan keterampilan menggunakan microsoft office melalui metode praktik pada pelatihan komputer di LPK Teknoss Ciruas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal, 1, 453–462. http://ejournal.untirta.ac.id/SNPNF
Ferretti, S. (2023). Hacking by the prompt: Innovative ways to utilize chatgpt for evaluators. New Directions for Evaluation, 2023(178–179), 73–84. https://doi.org/10.1002/ev.20557
Gouia-Zarrad, R., & Gunn, C. (2024). Enhancing students’ learning experience in mathematics class through ChatGPT. International Electronic Journal of Mathematics Education, 19(3). https://doi.org/10.29333/iejme/14614
Gupta, M. R. (2024). chatgpt-a generative pre-trained transformer. international journal of advanced research in science, communication and technology, 590–595. https://doi.org/10.48175/IJARSCT-15087
Harmin, A., Moeis, D., & Usman, N. (2024). Pelatihan pemanfaatan chatgpt untuk efektivitas belajar dan penyelesaian tugas akademis siswa-siswi di SMK Muhammadiyah 3 Makassar. 8, 499–06.
Lisbar, L., Rahman, F., & Rahayu, S. (2024). Analisis dampak chatgpt pada model blended learning dalam pendidikan teknik: studi kasus dalam matematika. Jurnal Pendidikan Terapan, 2(3), 149–159. https://doi.org/10.61255/jupiter.v2i3.207
Liu, C., Bao, X., Zhang, H., Zhang, N., Hu, H., Zhang, X., & Yan, M. (2023). Improving chatgpt prompt for code generation. http://arxiv.org/abs/2305.08360
Mahsup, Abdillah, Zaenudin, Swahip, Ibrahim, Syafril, & Fitriani, E. (2024). Pelatihan aplikasi chatgpt sebagai alat pendukung pembelajaran. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(3), 2690–2695.
Mandailina, V., Syaharuddin, Muhamad, A. A. M., Saputra, A., Ratnasari, D., Aryani, N., ..., & Hartoyo, S. (2025). Inovasi dalam pendidikan: Optimalisasi penggunaan prompt chatgpt untuk mendukung pembelajaran siswa di Madrasah Aliyah. JABB, 6(1), 484–493. https://doi.org/10.46306/jabb.v6i1
Mufaridah, F. (2017). Students’ activity involvement for speaking ability improvement. ELLITE: Journal of English Language, Literature, and Teaching, 2(1). https://doi.org/10.32528/ellite.v2i1.763
Nafiah, Ghufron, S., & Hartatik, S. (2022). Pengabdian masyarakat pelatihan dan pendampimgan pembuatan bahan ajar digital dengan aplikasi flipbook bagi guru SD di Magetan. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 92–100. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.781
Politsinsky, E. V., & Demenkova, L. G. (2015). The organization of the training of technical college students using practice-oriented tasks. Asian Social Science, 11(1). https://doi.org/10.5539/ass.v11n1p187
Poola, I., & Bozic, V. (2023). Guiding AI with human intuition for solving mathematical problems in chat gpt. International Journal of Engineering & Scientific Research, 11(7). https://www.researchgate.net/publication/373447147
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala likert dan skala dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185
Ruyat, R., Jatiwahyuni, L., & Suroso, J. S. (2024). Student perceptions of chatgpt integration in the digital age. Sebatik, 28(2), 535–540. https://doi.org/10.46984/sebatik.v28i2.2533
Samaray, S. (2025). Penerapan artificial intelligence-chatgpt dalam pembelajaran matematika diskrit. SABER: Jurnal Teknik Informatika, Sains Dan Ilmu Komunikasi, 3(1), 263–272.
Supriyono, A., Lesmono, A. D., & Prihandono, T. (2024). Dampak dan tantangan pemanfaatan chatgpt dalam pembelajaran pada kurikulum merdeka: Tinjauan literatur sistematis. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2).
Waghmare, C. (2023). Introduction to chatgpt. In Unleashing The Power of ChatGPT (pp. 1–26). Apress. https://doi.org/10.1007/979-8-8688-0032-0_1

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Anugerah: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.