TAKON (tanya dan konsultasi): Kiat dan taktik belajar matematika dengan mudah
DOI:
https://doi.org/10.31629/anugerah.v7i1.6937Keywords:
metode interaktif, motivasi belajar, pembelajaran matematika, pengabdian masyarakat, TAKONAbstract
Pembelajaran matematika sering kali dianggap sulit dan membosankan oleh siswa, sehingga diperlukan pendekatan yang inovatif dan interaktif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan minat siswa dalam belajar matematika melalui metode “TAKON (Tanya dan Konsultasi)”. Metode ini mengkombinasikan taktik pembelajaran aktif dengan diskusi interaktif yang dikemas dalam bentuk talkshow dan penggunaan kiat matematika sederhana. Pengabdian ini dilakukan di SDN 01 Sumber Agung dengan melibatkan 28 siswa kelas VI sebagai peserta. Metode yang digunakan adalah metode pelatihan di mana pelaksanaannya terdiri dari tiga tahapan utama: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif berdasarkan hasil lembar kerja siswa (LKS) terhadap keterlibatan siswa selama kegiatan serta evaluasi akhir kegiatan untuk mengukur peningkatan pemahaman dan minat siswa. Teknik pengumpulan data dari pelatihan ini melalui observasi langsung selama kegiatan berlangsung dan evaluasi di akhir kegiatan. Hasil observasi menunjukkan bahwa metode yang diterapkan mampu meningkatkan partisipasi siswa secara signifikan. Siswa menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mengikuti kegiatan, memahami konsep matematika dengan lebih baik, serta lebih percaya diri dalam menyelesaikan soal-soal. Evaluasi akhir menunjukkan bahwa pendekatan ini efektif dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan demikian, model pembelajaran interaktif seperti “TAKON” dapat menjadi solusi dalam mengatasi kesulitan siswa dalam belajar matematika.
References
Adhiyati, U. P., Kumala, I., & Heryani, R. D. (2022). Tips dan trik cara mudah belajar matematika. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa, 1(1), 07–13. https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v1i1.956
Aprilia, A., & Fitriana, D. N. (2020). Mindset awal siswa terhadap pembelajaran matematika yang sulit dan menakutkan. PEDIR: Journal Elmentary Education, 1(2), 373–377. https://doi.org/10.4324/9780203457306-42
Arista, R., Destiniar., & Nurhasana, P. D. (2023). Pengaruh pendekatan konstruktivisme terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 4 Tugumulyo. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 479–491. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1406
Asyiah, P. N., Sugilar, H., & Suratman, A. (2022). Pembelajaran matematika kontekstual pada pemahaman konsep matematika siswa. Gunung Djati Conference Series, 17, 13–23. Diambil dari https://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/download/787/585
Bagir, H. (2019). Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia (A. Bahtiar, ed.). Jakarta Selatan.
Bianome, B. C. F., Nahak, K. E. N., Hendrik, G. N., Ndiy, I., Hana, V., & Hoar, M. D. (2024). Analisis penerapan media prisma berbasis augmented reality dengan model knisley pada materi prisma kelas V SD Kuanino 3 Kota Kupang. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(2), 926-938.
Febrianti, F., Aulia, A., Nur, F., Ratnaningtiyas, R., & Nursalam, N. (2024). Pendampingan belajar peserta didik dengan memanfaatkan media pembelajaran crossword puzzle. Jurnal Anugerah: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 157-170.
Hakim, W. (2024). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal nilai mutlak berdasarkan tahapan Newman. Consistan: Jurnal Tadris Matematika, 2(02), 196–206. https://doi.org/10.35897/consistan.v2i02.1685
Handayani, N. A., & Assidik, G. K. (2025). Peran platform cerita digital wattpad terhadap pembelajaran cerpen bahasa indonesia dalam perspektif teori perkembangan kognitif. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 5(5), 1–9. https://doi.org/10.17977/um065.v5.i5.2025.8
Hasanah, N., Astindari, T., & Noervadila, I. (2023). Implementasi pembelajaran menyenangkan dengan trik dan tips cara mudah belajar matematika. Journal of Community Empowerment and Innovation, 2(2), 74-80.
Irawan, A., & Febriyanti, C. (2016). Efektifitas mathmagic dalam peningkatan hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 85–92. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.755
Islamiah, N., Mirna, Hidayah, N., Jurniyati, & Irmayanti. (2022). Pendampingan belajar matematika metode jarimatika. Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 185.
Lestari, W., Liberna, H., & Eva, L. M. (2025). Pembelajaran matematika dengan metode bermain. Jurnal Pengabdian Keapada Masyaraat AMPOEN, 2(3), 1279–1286.
Maulidina, N., Imamah, T. A., & Dewi, I. Y. M. (2025). Strategi guru melalui penggunaan media pembelajaran kreatif dalam meningkatkan partisipasi siswa kelas 4 SDN Bangselok 1. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 2(2), 217-230.
Nasution, E. Y. P., Nurhaliza, E., & Rusliah, N. (2025). Analisis kesulitan siswa SMP dalam mengerjakan soal materi lingkaran ditinjau dari aspek visualisasi. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 51-62.
Nurmeidina, R., & Djamilah, S. (2019). Pelatihan tips dan trik trigonometri mudah untuk siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 1–4. https://doi.org/10.29303/jppm.v2i3.1348
Septia, T., Putri, D. V. V., Sulthoni, A. S., & Anggaraini, L. (2023). Pengembangan soal AKM numerasi untuk peserta didik tingkat SMA. Consistan: Jurnal Tadris Matematika, 1(01), 22–29. https://doi.org/10.35897/consistan.v1i01.1047
Suciyanti, M., Rosalina, E., & Yuneti, A. (2024). Penerapan media kartu truth or dare terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas IV SD Negeri Durian Terung. Linggau Journal Science Education (LJSE), 4(1), 119-139.
Sulthoni, A. S., & Hakim, W. (2025). The effect of linktree-based learning media on mathematical literacy skills in junior high school. Indonesian Educational Research Journal, 2(3), 114–125.
Sulthoni, A. S., & Handayani, U. F. (2025). Eksplorasi etnomatematika pada masjid nurul anwar untuk pembelajaran bangun datar dan ruang di mts mambaul ulum banjarejo. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 4(1), 1–16.

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Anugerah: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.