Pelatihan personal confidence untuk meningkatkan kepercayaan diri berbicara di depan umum pada mahasiswa STAK Terpadu Pesat Salatiga

Authors

  • Stifhany Angelina Bata Universitas Kristen Satya Wacana
  • Heru Astikasari Setya Murti Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v7i1.6911

Keywords:

kepercayaan diri, pengabdian kepada masyarakat, personal confidence, public speaking

Abstract

Berdasarkan survei awal terhadap 47 mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Kristen (STAK) Terpadu Pesat Salatiga, sebanyak 27,7% responden menyatakan bahwa kurangnya kepercayaan diri, terutama saat berbicara di depan umum, merupakan tantangan utama dalam perkuliahan. Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa melalui pelatihan berbasis praktik langsung. Metode yang digunakan meliputi ceramah singkat, diskusi interaktif, simulasi, praktik presentasi, peer coaching, latihan mental (reframing dan self-talk positif), serta sesi refleksi. Evaluasi efektivitas pelatihan dilakukan melalui pre-test dan post-test, observasi performa, serta self-assessment. Peserta dalam kegiatan ini berjumlah 40 mahasiswa aktif. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kepercayaan diri mahasiswa, yang tercermin dari kenaikan skor post-test rata-rata sebesar 1,05 poin dibandingkan pre-test. Observasi dan penilaian presentasi menunjukkan peningkatan dalam artikulasi, kontak mata, dan penyampaian pesan. Mayoritas peserta juga melaporkan peningkatan persepsi kepercayaan diri melalui self-assessment. Pelatihan ini menunjukkan bahwa metode berbasis praktik dan umpan balik terstruktur efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa saat melakukan presentasi di depan umum.

References

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. New York: W.H. Freeman.

Bidjuni, H. (2016). Hubungan kepercayaan diri dengan penyesuaian diri pada mahasiswa baru di program studi ilmu keperawatan fakultas kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Keperawatan, 4(2), 1–7. https://doi.org/10.35790/jkp.v4i2.17612

Chaerani, N., Shabrina, H., Lestari, D., Fahrussiam, F., Prasetyo, A. R., & Musdi, M. (2023). Communication skills: Meningkatkan keberanian dan kepercayaan diri mahasiswa melalui pelatihan public speaking. Jurnal Abdi Insani, 10(4), 2604–2612. http://dx.doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1230

Chemers, M. M., Hu, L. T., & Garcia, B. F. (2001). Academic self-efficacy and first-year college student performance and adjustment. Journal of Educational Psychology, 93(1), 55. https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0022-0663.93.1.55

Diego, U. C. S. (2012). Sample: Public speaking seminar pre/posttest.

Fiorentika, K., Santoso, D. B., & Simon, I. M. (2016). Keefektifan teknik self-instruction untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMP. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(3), 15. https://citeus.um.ac.id/jkbk/vol1/iss3/15

Genard, G. (2013). How to use positive self-talk for successful public speaking. The Genard Method. https://www.genardmethod.com/blog/bid/178965/how-to-use-positive-self-talk-for-successful-public-speaking

Hartaji, R. D. A. (2012). Motivasi berprestasi pada mahasiswa yang berkuliah dengan jurusan pilihan orang tua [Unpublished undergraduate thesis].

Ihsani, A. N. N., Kusumastuti, A., Rachmawati, R., Paramita, O., Al Falah, S., Saptiyani, A. D., ... & Putri, S. N. (2025). Pelatihan komunikasi untuk menanamkan rasa percaya diri siswa dan mahasiswa. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 5(1), 65–72. https://doi.org/10.54082/jamsi.1540

Iriyanti, A. F., & Kinayung, D. (2021). Pelatihan positive self-talk untuk meningkatkan kepercayaan diri pada mahasiswa (Doctoral dissertation, Universitas Ahmad Dahlan). https://doi.org/10.12928/empathy.v4i1.20353

Madhy, M. I. A. (2022). Hubungan antara konsep diri dengan kepercayaan diri pada mahasiswa/i Stambuk 2019 Universitas Medan Area (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area). https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/17084

McCroskey, J. C., & Richmond, V. P. (1982). Communication apprehension and shyness: Conceptual and operational distinctions. Communication Studies, 33(3), 458–468. https://doi.org/10.1080/10510978209388452

Mind, V. (2020). How cognitive reframing works. https://www.verywellmind.com/reframing-defined-2610419

Novieyana, S., Diaz, M., & Larasati, A. F. (2021). Pengaruh keterampilan komunikasi dan kepercayaan diri terhadap kemampuan public speaking pada mahasiswa. Jurnal Perspektif Administrasi dan Bisnis, 2(2), 73–79. https://doi.org/10.38062/jpab.v2i2.21

Putri, M. D., & Dewi, R. S. (2020). Refleksi sebagai strategi pembelajaran aktif dalam pendidikan tinggi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 45–52.

Rachmawati, A., & Lestari, S. (2019). Efektivitas metode peer coaching dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal mahasiswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 12–20.

Rachmawati, F., & Ananda, A. R. (2022). Pelatihan public speaking untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMAN 17 Surabaya. Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 126–143. https://doi.org/10.30651/hm.v3i3.14528

Tirta, O. A. M., & Ambarwati, K. D. (2024). Hubungan kepercayaan diri dengan kecemasan berbicara pada mahasiswa jurusan teknik mesin. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 647–658. https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6533

Verlinden, N. (2020). Peer coaching: Benefits and best practices. AIHR. https://www.aihr.com/blog/peer-coaching

Wijayanto, P. W., & Qana’a, M. (2024). Pelatihan public speaking sebagai sarana komunikasi efektif bagi siswa SMK Plus Al Aitaam Bandung. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 4(2). https://doi.org/10.51214/00202404970000

Downloads

Published

2025-05-29