Pendampingan literasi membaca anak usia dini melalui pusat ruang inspirasi belajar aktif di Desa Cikalong Kabupaten Bandung Barat

Authors

  • Hevie Setia Gunawan STAI Darul Falah
  • Astarina Arif STAI Darul Falah

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v7i1.6892

Keywords:

anak usia dini, literasi baca

Abstract

Rendahnya budaya membaca salah satunya disebabkan oleh minimnya stimulasi atau pembiasaan membaca pada usia dini, penggunaan gadget dengan waktu yang berlebihan juga menjadi perhatian paling serius. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mendampingi anak usia dini dalam membaca sebagai bagian dari penguatan literasi membaca, peserta pendampingan terdiri dari siswa dan siswi SPS Miftahul Huda. Metode dalam pengabdian kepada masyarakat ini berbentuk pendampingan membaca dan penyediaan bahan bacaan yang menarik bagi anak serta menggunakan stimulasi dan media yang tepat sehingga muncul keinginan anak untuk membaca. Adapun tahapan pengumpulan data dalam kegiatan pengabdian ini terdiri dari tahap observasi dan perencanaan, tahap pelaksanaan pendampingan literasi membaca dan tahap evaluasi serta refleksi. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan pendampingan membaca ini menunjukkan kemajuan yang signifikan diantaranya: Dengan menggunakan media kartu huruf, kartu angka bergambar anak dengan mudah mengenali bentuk huruf melalui pengulangan dan visualisasi, gambar pada kartu membantu anak mengaitkan huruf dengan benda nyata, serta membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna. PKM ini diharapkan dapat menjadi model untuk pengembangan literasi anak usia dini di berbagai komunitas dan lingkungan pendidikan.

References

Alifatul, I. A. (2020). Penjaminan mutu pada program literasi di paud abaca bumiayu brebes. https://eprints.uinsaizu.ac.id/7828/2/Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Bambang, T. (2019). Model Pembelajaran Lterasi Untuk Pembaca Awal. In Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dewayani, S., & Retnaningdyah, P. (2017). Suara dari marjin - literasi sebagai praktik sosial.

Fahrozi, W. &. (2021). Pembentukan karakter gemar membaca pada anak usia melalui media buku cerita bergambar. Manfaat Buku Cerita, 02(06), 580.

Gunawan & Arif. (2023). Pelatihan pembuatan alat permainan edukatif (ape) bagi guru tk sahabat mentari. Jurnal Al Maesarah : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 2(2), 48–56. https://doi.org/10.25008/altifani.v2i2.213

Intang, B., Nadrah, & Nur, A. M. (2024). Pengaruh media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(1), 97–105. https://doi.org/10.55606/inovasi.v3i1.2625

Irdawati et al., (2017). Penggunaan media kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I mis rambung gayo lues. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(4). https://doi.org/10.31980/jpetik.v4i2.362

Mawarny. (2020). Pendidikan literasi anak usia dini: meningkatkan keterampilan membaca, berfikir, dan menulis berpikir anak. https://repository.uinsaizu.ac.id/19341/

Muliyah, P., Aminatun, D., Nasution, S. S., Hastomo, T., Sitepu, S. S. W. T. (2020). Literasi membaca. Journal GEEJ, 7(2). https://doi.org/10.46244/geej.v7i2.1164

Muslimin. (2018). Menumbukan budaya literasi dan minat baca dari kampung.

Nikmah, N. U., & Darwati, Y. (2021). Upaya peningkatan kemampuan membaca melalui buku cerita bergambar pada anak usia dini. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 141–151. https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i2.3251

Novrani, A., Caturwulandari, D., Purwestri, D., Annisa, E., & Faridah, I. (2021). Pengembangan literasi untuk anak usia 5-6 tahun. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/pdfs/TINY_20220709_130107.pdf

Pangastuti, R., & Hanum, S. F. (2017). Pengenalan abjad pada anak usia dini melalui media kartu huruf. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 51–66. https://doi.org/10.35896/ijecie.v1i1.4

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh penggunaan buku cerita bergambar terhadap kemampuan berbicara anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275

Royan, N. (2015). Profil kesehatan kab.semarang, 41(2005), 1–9.

Santoso, D. H. (2015). Membangun minat baca anak usia dini melalui penyediaan buku bergambar. Jurnal Pendidikan, April, 7–9.

Saryono, D., Ibrahim, G. A., Muliastuti, L., Akbari, Q. S., Hanifah, N., Miftahussuri., … Efgeni. (2017). Materi pendukung literasi baca tulis: Gerakan literasi nasional. Kemdikbud, 1–39.

Sinamo, J. (2023). Meningkatkan minat baca anak usia dini menggunakan buku cerita bergambar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2(Mi), 5–24. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol5.no1.a7594

Syam, N. W. (2015). Konsep dasar dan strategi perencanaan. 1–41.

Wahyuni, P. F. J. (2023). Pendampingan kegiatan literasi membaca dan penyediaan pojok baca pada anak-anak usia dini di Dusun Salam 1, Plumbon, Temon, Kulonprogo. Indonesian Journal Of Community Service, 3(3), 88–97.

Downloads

Published

2025-05-29