Pengenalan aplikasi PhET simulation sebagai media pembelajaran kimia interaktif di SMA Negeri 3 Tondano, Sulawesi Utara

Authors

  • Chaleb Paul Maanari Universitas Negeri Manado https://orcid.org/0000-0002-4828-3092
  • Sanusi Gugule Universitas Negeri Manado
  • Feti Fatimah Universitas Negeri Manado
  • Aisyiah Restutiningsih Putri Utami Universitas Negeri Manado
  • Musma Rukmana Universitas Negeri Manado
  • Ananta Dian Pratiwi Universitas Negeri Manado
  • Jakub Saddam Akbar Universitas Negeri Manado
  • Stefan Marco Rumengan Universitas Negeri Manado
  • Mustapa Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v7i1.6890

Keywords:

kimia, pembelajaran interaktif, pengabdian kepada masyarakat, PhET simulations

Abstract

Kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) karena melibatkan konsep-konsep abstrak serta perhitungan yang kompleks. Metode pembelajaran konvensional, seperti metode ceramah dengan hanya menggunakan buku teks, sering kali kurang efektif dalam membantu siswa memahami materi secara mendalam. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang lebih interaktif, salah satunya adalah PhET Simulations, sebuah aplikasi yang memungkinkan siswa belajar melalui simulasi visual dan interaktif. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan serta mengevaluasi keefektifan PhET Simulations sebagai media pembelajaran interaktif kepada siswa SMA Negeri 3 Tondano dan tingkat kepuasan mereka terhadap penggunaan dan kegiatan. Metode pelaksanaan kegiatan ini melibatkan tiga tahapan utama, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman 18 siswa, yang tercermin dari peningkatan nilai rata-rata post-test, yaitu dari 53,89 menjadi 78,89 setelah menggunakan PhET Simulations. Selain itu, pemanfaatan PhET Simulations sebagai media pembelajaran interaktif memperoleh respons positif, dengan tingkat keberhasilan mencapai 86,76%. Kepuasan siswa terhadap kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini juga tergolong tinggi, dengan persentase 84,55%. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan PhET Simulations dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep kimia yang abstrak.

References

Dzakiyyah, A., Almar, D. H., Suryaputri, O., & Sugihartini, S. A. (2023). Phet colorado: Bagaimana efektivitasnya dalam pemahaman materi bentuk molekul?. Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif, 7(12).

Fitriyati, I., & Prastowo, A. (2022). Pembelajaran daring menggunakan PhET simulations untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1041-1052). http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1120

Haryono, E., Al Murtaqi, M. R., Izzah, A. N. L., Septian, D., & Sariman, S. (2024). Metode-metode pelaksanaan PkM (pengabdian kepada masyarakat) untuk perguruan tinggi. Al Fattah Ejournal Sma Al Muhammad Cepu, 5(02), 1-21. https://doi.org/10.1989/b4ejqb56

Iriany, I. S. (2014). Pendidikan karakter sebagai upaya revitalisasi jati diri bangsa. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 54-85. https://doi.org/10.52434/jp.v8i1.71

Jayawardana, H. B. A. (2017). Paradigma pembelajaran biologi di era digital. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 12-17. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5628

Kadarisman, M. (2017). Tantangan perguruan tinggi dalam era persaingan global. Sociae Polites, 3-20. https://doi.org/10.33541/sp.v1i1.459

Kurniawati, Y., Mayshinta, I., & Yenti, E. (2023, December). Identifikasi kesulitan materi kimia bagi siswa SMA: Kajian literatur. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat , 1(1), 23-27. https://doi.org/10.36378/prosidinguniks.vi

Mahardika, I. K., Camelia, E., Fatikhah, I. A., Naufal, F. A., Pratiwi, R. Y., Fadilah, R. E., & Yusmar, F. (2022). Evektivitas PhET simulation sebagai media pembelajaran fisika dasar I mahasiswa S1 pendidikan IPA. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(23), 463-468. https://doi.org/10.5281/zenodo.7421510

Mubarok, M. S., Kurniasih, N., & Qomaruzzaman, B. (2023). Fasilitas belajar, teknologi pendidikan, dan penerapannya dalam pembelajaran PAI: Menuju pendidikan 4. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 9287-9297. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3165

Muhammad, R. M. T., Hermawan, D., & Supuwiningsih, N. N. (2020). Memahami e-learning: Konsep, teknologi, dan arah perkembangan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Muzana, S. R., Lubis, S. P. W., & Wirda, W. (2021). Penggunaan simulasi PhET terhadap efektifitas belajar IPA. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(1), 227-236. https://doi.org/10.30601/dedikasi.v5i1.1587

Nurgiansah, T. (2019). Pemutakhiran kurikulum pendidikan kewarganegaraan di era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional “Reaktualisasi Konsep Kewarganegaraan Indonesia” (Vol. 1, pp. 95-102).

Prastika, N. D., Anjarwati, D., Awaliah, M. A. S., Hartandi, D., Rahmadani, A., & Erika, F. (2024). Kajian literatur pemanfaatan teknologi artificial intelligence untuk meningkatkan keterampilan abad 21 siswa dalam pembelajaran kimia. Jambura Journal of Educational Chemistry, 6(1), 47-60). https://doi.org/10.37905/jjec.v6i1.23644

Priliyanti, A., Muderawan, I. W., & Maryam, S. (2021). Analisis kesulitan belajar siswa dalam mempelajari kimia kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 11-18. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i1.32402

Pujiningsih, A. L. M., Gunawan, A., & Adi, Y. K. (2022). Pengaruh penggunaan model discovery learning berbantuan PhET simulations terhadap hasil belajar siswa. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 6(1), 1-16. http://dx.doi.org/10.32934/jmie.v6i1.311

Rahmawati, L. N., & Fianti, F. (2023). Analisis pengaruh media pembelajaran phet simulations terhadap pemahaman konsep siswa SMA Negeri 1 Ungaran. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (Vol. 35, pp. 361-369).

Riku, M. (2021). Meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA pada materi bentuk molekul melalui model pembelajaran discovery learning berbantuan PhET simulations. Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(2), 79-87. https://doi.org/10.51878/secondary.v1i2.132

Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). PhET: Simulasi interaktif dalam proses pembelajaran fisika. Jurnal ilmiah profesi pendidikan, 5(1), 10-14. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.103

Subiki, S., Hamidy, A. N., Istighfarini, E. T., Suharsono, F. Y. H., & Putri, S. F. D. (2022). Pengaruh media pembelajaran PhET simulation terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri Plus Sukowono Materi Usaha dan Energi Tahun Pelajaran 2021/2022. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 8(2), 200-204). https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.9586

Widyastuti, I., Winarno, N., Emiliannur, E., & Wahyuningsih, Y. (2024). Meningkatkan minat belajar siswa menggunakan model discovery learning berbantuan simulasi PhET pada topik usaha, energi dan pesawat sederhana. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 4(1), 65-85. https://doi.org/10.21154/jtii.v4i1.2978

Wieman, C. E., Adams, W. K., Loeblein, P., & Perkins, K. K. (2010). Teaching physics using PhET simulations. The Physics Teacher, 48(4), 225-227. http://dx.doi.org/10.1119/1.3361987

Downloads

Published

2025-05-29