Peningkatan keterampilan pengarsipan digital siswa sekolah menengah kejuruan dan implikasinya terhadap kebijakan pendidikan kejuruan

Authors

  • Putri Ellen Gracia Risamasu Universitas Cenderawasih
  • Febi Adriana Mutiara Sogalrey Universitas Cenderawasih
  • Meylani Aljenie Tijow Universitas Cenderawasih
  • Desy Anita Karolina Sembiring Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v7i1.6867

Keywords:

pengarsipan digital, pendidikan vokasi, smk administrasi perkantoran, keterampilan digital, kebijakan pendidikan

Abstract

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan sebagai respons terhadap pesatnya perkembangan teknologi informasi yang berdampak pada dunia kerja, khususnya di bidang administrasi perkantoran. Keterampilan dalam pengarsipan digital menjadi kompetensi penting bagi siswa SMK jurusan Administrasi Perkantoran di Kota Jayapura agar lebih siap menghadapi tuntutan dunia kerja berbasis digital. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam mengelola dokumen digital dan menganalisis implikasinya terhadap pendidikan vokasi. Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari, melibatkan 61 siswa dari tiga kelas, dengan metode berupa workshop interaktif yang mencakup pembuatan dokumen resmi menggunakan Microsoft Word dan pengorganisasian file digital melalui Google Drive. Materi disampaikan melalui presentasi dan praktik langsung di laboratorium komputer. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, dengan membandingkan hasil post-test praktik siswa di akhir sesi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan siswa setelah mengikuti pelatihan. Sebagian besar peserta (73,7%) mencapai nilai ≥70 pada post-test, meningkat tajam dibandingkan hasil pre-test. Peningkatan tampak pada kemampuan menyusun dokumen formal, menata folder secara sistematis, serta menggunakan Google Drive untuk menyimpan dan membagikan file. Pelatihan berbasis praktik terbukti efektif dalam membangun pemahaman dan keterampilan siswa terhadap pengarsipan digital, serta menunjukkan pentingnya integrasi keterampilan digital dalam kurikulum pendidikan vokasi untuk menjawab tantangan dunia kerja modern.

References

Aryani, R., Sarji, S., Sodikin, S., Rohida, L., Wicaksono, D., Rahmawati, D., ... Sutomo, S. (2023). Manajemen pendidikan (teori dan konsep pengelolaan pendidikan). Eureka Media Aksara.

Carbajal, I. A., & Caswell, M. (2021). Critical digital archives: a review from archival studies. The American Historical Review. https://doi.org/10.1093/ahr/rhab359

Chamelot, F., Hiribarren, V., & Rodet, M. (2020). Archives, the digital turn, and governance in Africa. History in Africa, 47, 101 – 118. https://doi.org/10.1017/hia.2019.26

Eka, A. P. B., Sari, S., Sutono, S., Tamzil, F., & Anggraeni, D. (2024). Optimizing digital applications for msmes in operational efficiency and encouraging the acceleration of the digital economy. Jurnal Ekonomi, 13(03), 173–179. https://doi.org/10.54209/ekonomi.v13i03

Hou, Y., Kenderdine, S., Picca, D., Egloff, M., & Adamou, A. (2022). Digitizing intangible cultural heritage embodied: state of the art. journal on computing and cultural heritage, 15(3). https://doi.org/10.1145/3494837

Kadhim, I. J., & Salman, G. A. (2024). Secure archiving system: Integrating object information with document images using mathematical coding techniques. In H. W.A., O. A.A., M. M.F., G. S.K., & A.-N. A. (Eds.), AIP Conference Proceedings (Vol. 3232, Issue 1). American institute of physics. https://doi.org/10.1063/5.0236296

Lin, R., Yang, J., Jiang, F., & Li, J. (2023). Does teacher’s data literacy and digital teaching competence influence empowering students in the classroom? Evidence from China. Education and Information Technologies. https://doi.org/10.1007/s10639-022-11274-3

Loewenwarter, A. J., Misch, M. L., Jacobsen, K., Kelly, M., & Toth, M. B. (2021). Digital archiving of civil war graffiti for research & access. Archiving 2021 - Final Program and Proceedings, 107 – 112. https://doi.org/10.2352/issn.2168-3204.2021.1.0.24

Martzoukou, K., Kostagiolas, P., Lavranos, C., Lauterbach, T., & Fulton, C. (2022). A study of university law students’ self-perceived digital competences. Journal of Librarianship and Information Science, 54(4), 751 – 769. https://doi.org/10.1177/09610006211048004

Miyakita, G., & Homma, Y. (2022). Intertwining the physical and digital experience at university museum a case study from Keio Museum Commons, Japan. Magazen, 3(2), 195 – 218. https://doi.org/10.30687/mag/2724-3923/2022/06/002

Ocran, T. K., & Afful-Arthur, P. (2022). The role of digital scholarship in academic libraries, the case of university of cape coast: opportunities and challenges. Library Hi Tech, 40(6), 1642 – 1657. https://doi.org/10.1108/LHT-09-2020-0238

Ozen, N. E., & Duran, E. (2021). Contribution of digital storytelling to creative thinking skills. Turkish Journal of Education. https://dergipark.org.tr/en/pub/turje/article/909865

Rimkus, K. R., Anderson, B., Germeck, K. E., Nielsen, C. C., Prom, C. J., & Popp, T. (2020). Preservation and access for born-digital electronic records: the case for an institutional digital content format registry. American Archivist, 83(2), 397 – 428. https://doi.org/10.17723/0360-9081-83.2.397

Risamasu, P. E. G., Anita, D., & Sembiring, K. (2024). Evaluation of zoning system policy using the discrepancy evaluation model at SMA Negeri 1 Jayapura. 4(2), 130–145. https://doi.org/10.46229/elia.V4i2

Schwab, K., & Zahidi, S. (2020). The future of jobs report 2020. Geneva: World Economic Forum.

Sembiring, D. A. K.(2021). Media video pembelajaran administrasi dan supervisi pendidikan untuk optimalisasi perkuliahan daring melalui metode pembelajaran blended learning-flipped classroom. Jurnal Pengelolaan Pendidikan. 2(2), 61–71.

Sembiring, D. A. K., Risamasu, P. E. G., Tijow, M. A., Aryesam, A., Sogalrey, F. A. M., Karim, A., … Rafra, J. A. (2024). Pelatihan desain media pembelajaran inovatif berbasis platform canva bagi guru SMP Negeri 1 Depapre Kabupaten Jayapura. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 5(2), 264. https://doi.org/10.33394/jpu.v5i2.10854

Setyaningsih, R., Purnomo, A., & Sari, D. K. (2023). Efektivitas metode pelatihan dan workshop dalam program pengabdian masyarakat: tinjauan sistematis. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(1).

Sogalrey, F. A. M., & Kurniawan, D., & Karim, A. (2020). Hubungan manajemen kelas dengan penerapan pendidikan karakter dalam kurikulum 2013 jurusan otomotif SMK Negeri 3 Jayapura. Jurnal Pengelolaan Pendidikan JUNI, 1(1), 41–45. https://doi.org/10.31957/noken.v1i1.1284

Sogalrey, F.A.M., Madhakomala, R., Santosa, H., & Jamil, A. I. . (2022). The Influence of educators’ perceptions of principal leadership and school culture on digital teacher literacy services at school. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(4), 1262–1273. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i4.3987

Sogalrey, F. A. M., Safitri, F., Tijow, M. A., Sembiring, D. A. K., & Risamasu, P. E.G. (2024). Digital literacy research in education: trends and insights. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 10(3), 1169–1180. https://doi.org/10.33394/jk.v10i3.12490

Soifah, U., Jana, P., & Pratolo, B. W. (2021). Unlocking digital literacy practices of EFL teachers. In S. M.W. (Ed.), Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1823, Issue 1). IOP Publishing Ltd. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1823/1/012030

Sutirman, S., Yuliansah, Y. & Isti, R. (2023). The Effectiveness of electronic records information system for education (erise) applications as a learning media of record management in the era of the industrial revolution 4.0. Unima International Conference on Social Sciences and Humanities (UNICSSH 2022), 1094–1104. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-35-0_131

Syafriadi, M., & Rahim, A. (2021). Reformasi kurikulum SMK dalam menghadapi era industri 4.0: Tantangan dan peluang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2).

Tijow, M. A., Ellen, P., Risamasu, G., Patappa, M. M., Sembiring, A. K., Adriana, F., … Simanjuntak, M. (2024). Pendampingan pengelolaan media sosial sebagai optimalisasi branding sekolah. Journal of Community Service Vol. 4 No. 2 2024

Tijow, M. A., Sembiring, D. A., Aryesam, A., & Risamasu, P. E. G. (2022). Edukasi gerakan literasi sekolah menuju program merdeka belajar educational of school literature action towards merdeka belajar program. Abdimas Galuh, 4(2), 1006–1015. https://doi.org/10.25157/ag.v4i2.7989

Wardina, U. V., Jalinus, N., & Asnur, L. (2019). Kurikulum pendidikan vokasi pada era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan, 20(1), 82. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.843.2019

Youssef, A. Ben, Dahmani, M., & Ragni, L. (2022). ICT use, digital skills and students’ academic performance: Exploring the digital divide. Information. https://www.mdpi.com/2078-2489/13/3/129

Downloads

Published

2025-05-29