Edukasi literasi finansial melalui media sosial instagram dan youtube “Si Kemal” bagi anak usia prasekolah
DOI:
https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i1.6408Keywords:
literasi finansial, media sosial, launching Si KemalAbstract
Perkembangan media sosial yang masif dapat dimanfaatkan secara positif dalam pembiasaan anak usia pra sekolah termasuk dalam mengenalkan literasi finansial. Tujuan kegiatan ini adalah mengedukasi guru dan anak usia prasekolah sekaligus mengkampanyekan konsep literasi finansial “Si Kemal – literaSI KEuangan optiMAL” melalui launching akun Instagram (@penelitian.sikemal) dan Youtube (Petualangan Si Kemal) sehingga dapat memenuhi ketersediaan media edukasi literasi finansial bagi anak usia pra sekolah. Sasaran kegiatan adalah anak usia prasekolah dengan rentang usia 4 – 6 tahun dan pendidik (guru TK) di Kota Serang dan Kota Cilegon. Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan edukasi langsung mengundang siswa dan guru pada tempat yang sama dengan menonton video yang diunggah pada YouTube dan Instagram. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi pengamatan langsung di kelas serta pembagian angket yang disebarkan kepada peserta melalui google-form setelah kegiatan berlangsung selama satu minggu. Teknik analisis data yang dipakai adalah analisis deskriptif dari hasil pengamatan dan angket Hasilnya, peserta memberikan respons positif dengan hadirnya sosial media Instagram dan Youtube “Si Kemal”. Dari 16 pernyataan yang disampaikan, 90 persen lebih responden memberikan penilaian baik terhadap Instagram dan Youtube “Si Kemal” dilihat dari aspek motivasi, kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan. Dapat disimpulkan bahwa video Si Kemal dapat meningkatkan tingkat literasi finansial siswa.
Downloads
References
Asriati, N., Syamsuri, S., Wardani, S. F., Tairas, A., Wiwik, V., Lestari, T. A., Venny, S. & Tella, R. S. (2023). Edukasi kewirausahaan berbasis digital marketing di SMK Negeri 3 Pontianak. Jurnal Anugerah, 5(1), 41-48. https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i1.5568
Bawre, S., & Kar, S. (2019). Social media and financial institution in the Indian context. International Journal of Economics and Business Research, 18(3), 343-355. https://doi.org/10.1504/IJEBR.2019.102734
Carpena, F. Cole, S. A., Shapiro, J. & Zia, B. (2011). Unpacking the casual chain of financial literacy. Washington DC: The World Bank.
Dolan, R., Conduit, J., Fahy, J., & Goodman, S. (2016). Social media engagement behaviour: A uses and gratifications perspective. Journal of Strategic Marketing, 24(3-4), 261–277. https://doi.org/10.1080/0965254X.2015.1095222 Frisancho, V. (2020). The impact of financial education for youth. Economics of Education Review, Elsevier, 78(3).
https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2019.101918
Guslinda, G. & Kurnia, R. (2018). Media pembelajaran anak usia dini. Jakad Publishing. https://doi.org/10.13057/ijap.v4i02.4978
Herliani, N., Maulana, F. R., & Wardana, D. (2024). Pemanfaatan media digital sebagai media edukasi anti perundungan di SDN Lontar Baru kota Serang. Jurnal Simki Pedagogia, 7(2), 540-553. https://doi.org/10.29407/jsp.v7i2.810
Huston, S. J. (2010). Measuring financial literacy. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 296–316.
Khan, S. & Ahmad, Z. (2022). The effects of financial literacy and social media on financial behaviour. London: Routledge
Lutfi, L. (2023). Social media, islamic financial literacy, and islamic banking product ownership: A moderating model.
El-Dinar: Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah, 11(1), 35-58.
Mukhibat, M. (2020). Konstruksi mutu pendidikan melalui literasi keuangan pada pendidikan anak usia dini di Magetan.
Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/412 Mustofa, D. A., Maulana, F. R., & Wardana, D. (2024). Efektivitas media tarik gambar untuk meningkatkan keterampilan
menulis teks prosedur di kelas 4 SD. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 7(1), 50-62. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v7i1.2798
Noverita, H. & Westhisi S. M. (2021). Pembelajaran literasi finansial dalam perkembangan sosiemosional anak usia dini melalui kegiatan menabung di RA Nurul Yusro. Jurnal Ceria, 4(5), 539–543. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/8024
Purniawati, R. T., & Lutfi, L. (2019). Literasi keuangan dan pengelolaan keuangan keluarga dalam perspektif budaya Jawa dan Bugis. Journal of Business & Banking, 7(1), 31–46. https://doi.org/10.14414/jbb.v7i1.963
Rapih, S. (2016). Pendidikan literasi keuangan pada anak: Mengapa dan bagaimana?. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 14-28. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/226
Rifdani, R., & Cerya, E. (2022). Bagaimana literasi keuangan mempengaruhi perilaku pengelolaan keuangan pribadi mahasiswa pendidikan ekonomi?. Jurnal Ecogen, 5(1), 102-113. http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v5i1.12779
Shvaher, O. A., Degtyarev, S. I., & Polyakova, L. G. (2021). The effect of social media on financial literacy. International Journal of Media and Information Literacy, 6(1), 211-218. doi:10.13187/ijmil.2021.1.211
Suzanti, L., Nuroniah, P., & Tiurlina, T. (2022). Edukasi literasi finansial kepada anak usia dini melalui poster di desa Lontar kecamatan Tirtayasa kabupaten Serang. Jurnal Pelatihan Pendidikan, 1(2), 82-86. https://journal.potlot.id/index.php/jurnalpelatihanpendidikan/article/view/14
Trisuci, C. M. & Abidin, F. I. N. (2022). The influence of the use of instagram social media, lifestyle, financial attitude, and ease of digital payment facilities in mobile banking on consumptive behavior in students during the Covid-19 pandemic through the role of financial literacy as a modera. Indonesian Journal of Law and Economics Review. https://doi.org/10.21070/ijler.v15i0.781
Yingxia, C., Fengmei, G., & Tong, Z. (2020). Antecedents and consequences of using social media for personal finance.
Journal of Financial Counseling and Planning, 31(1), 162-176. http://dx.doi.org/10.1891/JFCP-18-00049
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Anugerah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.