Edukasi Guru SMPN 4 Kamal terkait Gaya Belajar Siswa Berbasis Kearifan Lokal

Authors

  • Medika Risnasari universitas Trunojoyo Madura
  • Dwi Nurhayati Adhani Universitas Trunojoyo Madura
  • Dewi Mayangsari Universitas Trunojoyo Madura
  • Prita Dellia Universitas Trunojoyo Madura
  • Afrian Rozan Universitas Trunojoyo Madura
  • Adam Dharmasaputra Universitas Trunojoyo Madura
  • Jannatul Firdausiyah Universitas Trunojoyo Madura
  • Nina Nariyono Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i2.6387

Keywords:

edukasi guru, gaya belajar, kearifan lokal

Abstract

Guru adalah sosok yang penting di dalam proses pembelajaran. Guru sebagai fasilitator serta pendidik yang memberikan pembelajaran di kelas. Banyak faktor yang diperlukan dalam keberhasilan pembelajaran di kelas, salah satunya pemahaman tentang gaya belajar siswa. Pembelajaran di kelas lebih lancar jika guru dapat memahami gaya belajar siswa. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah memberikan seminar kepada guru di SMPN 4 Kamal tentang gaya belajar siswa berbasis kearifan lokal. Kearifan lokal dijadikan sebagai kerangka dalam pembelajaran siswa SMPN 4 Kamal. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini meliputi beberapa tahapan, yaitu observasi, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan pengabdian diikuti oleh 20 orang peserta dari guru SMPN 4 Kamal. Tolak ukur dari keberhasilan seminar dilakukan dalam bentuk soal pretest dan posttest dari pemahaman materi yang disampaikan narasumber. Hasil yang didapat dalam pengabdian ini yaitu peningkatan pemahaman guru terhadap gaya belajar dengan rata-rata semula 66.5 menjadi 91.5 serta peningkatan pemahaman tentang kearifan lokal dengan rata-rata semula 70 menjadi 89.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Risnasari, M. ., Adhani, D. N. ., Mayangsari, D. ., Dellia, P. ., Rozan, A., Dharmasaputra, A. ., Firdausiyah, J. ., & Nariyono, N. . (2023). Edukasi Guru SMPN 4 Kamal terkait Gaya Belajar Siswa Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Anugerah, 5(2), 247–255. https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i2.6387