Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Berbasis 4C1L untuk Kemandirian Riset Siswa SMAN 3 Yogyakarta

Authors

  • Tejo Nurseto Universitas Negeri Yogyakarta
  • Daru Wahyuni Universitas Negeri Yogyakarta
  • Kiromim Baroroh Universitas Negeri Yogyakarta
  • Ngadiyono Ngadiyono Universitas Negeri Yogyakarta
  • Sulasmi Sulasmi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i2.6333

Keywords:

karya tulis ilmiah, literasi, penelitian

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis artikel ilmiah berbasis 4C1L di SMAN 3 Yogyakarta. 4C1L merupakan keterampilan utama yang sering diperbincangkan dalam konteks pendidikan modern, yaitu critical thinking (berpikir kritis), creative thinking (berpikir kreatif), collaboration (kerja sama), communication (komunikasi), dan leadership (kepemimpinan). Peserta kegiatan sebanyak 25 siswa dengan bidang ilmu sosial humaniora dan sains. Metode atau pendekatan yang dilakukan dalam pelaksanan kegiatan pengabdian ini adalah dengan cara ceramah untuk pemaparan materi, diskusi, pelatihan secara luring dan pendampingan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengungkap kemandirian riset siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Kegiatan pelatihan penulisan karya tulis ilmiah ini dilakukan dengan pelaksanaan pelatihan dan pendampingan secara berkala. Untuk mengukur keberhasilan kegiatan pengabdian, dilakukan evaluasi dengan indikator kepuasan mitra dan pengukuran kemandirian riset untuk peserta pelatihan. Hasil kegiatan menunjukkan kemandirian riset anak SMA N 3 Yogyakarta dalam kategori tinggi. Kemandirian riset dinilai dari siswa mampu menghasilkan mini riset baik secara individu maupun kelompok secara mandiri, percaya diri, disiplin, tanggung jawab, inisiatif dan mampu mengontrol diri dalam melakukan riset.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acoci, Suardin, Bayu Lestari, Risky Mullah Muhammad, & Asrita. (2023). Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Buton . Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1, 45–53.

Applied Educational Systems. (2019). What are the 4C’s of 21st century skils?

Nurgiansah, T. H. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa PPKn Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 1, 16–23.

Resti Septikasari, & Rendy Nugraha Frasandy. (2018). KETERAMPILAN 4C ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII, 112–122.

Wulandari, P. K. (2017). Inovasi Pemuda dalam Mendukung Ketahanan Ekonomi Keluarga (Studi di Kampung Warna-Warni Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang). Jurnal Ketahanan Nasional, 23, 300–319.

Yuliati, A. (2019). Sosialisasi Penulisan Referensi Dalam Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 60–69.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Nurseto, T. ., Wahyuni, D. ., Baroroh, K. ., Ngadiyono, N., & Sulasmi, S. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Berbasis 4C1L untuk Kemandirian Riset Siswa SMAN 3 Yogyakarta . Jurnal Anugerah, 5(2), 219–231. https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i2.6333