Pendampingan Membaca Al-Qur’an Secara Tartil (Ilmu Tajwid) Berbasis Macro Media Flash untuk Anak-Anak Desa Sungai Petai Kabupaten Kampar

Authors

  • Musaddad Harahap Universitas Islam Riau
  • Firdaus Firdaus Universitas Islam Riau
  • Ary Antony Putra Universitas Islam Riau
  • Alfitri Alfitri Universitas Islam Riau
  • Romaito Rambe Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i2.5209

Keywords:

pendampingan membaca al-qur’an, macro media flash, ilmu tajwid

Abstract

Permasalahan kegiatan PkM ini adalah ditemukannya fakta rendahnya kemampuan dan motivasi belajar ilmu tajwid anak-anak muslim. Idealnya sebagai seorang muslim harus mengerti bahwa ilmu tajwid merupakan ilmu yang wajib dipelajari, karena dengannya seseorang lebih potensial dalam menghayati, memahami, dan menginternalisasikan nilai-nilai agama. Untuk meningkatkan kemampuan ilmu tajwid bisa dengan menggunakan media. Media yang akan digunakan adalah macro flash. Tujuan PkM ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an secara tartil (ilmu tajwid) bagi anak-anak muslim. Metode PkM ini adalah berbentuk pendampingan membaca Al-Qur’an secara tartil (ilmu tajwid) berbasis macro media flash untuk anak-anak di desa Sungai Petai. Dalam pelaksanannya, materi ilmu tajwid sudah didesain dalam macro media flash (by utilization) dan dipresentasikan. Pengumpulan data menggunakan pre test dan post test. Analisis data menggunakan persentase. Sasaran PkM adalah anak-anak mengaji. Hasil dari PkM ini adalah meningkatnya kemampuan membaca Al-Qur’an secara tartil (ilmu tajwid) anak-anak. Peningkatan itu terlihat dari perbandingan persentase hasil uji post test dengan pre test pada lima soal yang diberikan. Soal pertama, saat pre test jawaban anak-anak yang benar 60%. Pada saat post test mencai 100%. Soal kedua, jawab yang benar 70%, sedangkan pada saat post test 100%. Soal ketiga, 43,33%-96 dan saat post test 66%, Soal keempat, yang benar 56,66%, saat post test 100%. Soal kelima, yang benar 50%, sedangkan pada saat post tes sudah mencapai 100%. Hasil PkM ini sangat penting untuk dijadikan sebagai referensi, terutama jika ingin melakukan kegiatan pendampingan yang sama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, M. (2019). Ilmu Tajwid Praktis. Batam: Pustaka Baitul Hikmah Harun Ar-Rasyid.

Bafadhol, I. (2017). Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02), 45-61.

Batubara, H.H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing.

Cahyadi, A. (2009). Pengembangan Media dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur. Serang: Laksita Indonesia.

Huda, A., dan Ardi, N. (2021). Teknik Multimedia dan Animasi. Padang: UPN Press.

Kementerian Agama RI. (2013). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Surakarta: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Marzuki, dan Ummah, S.C. (2020). Dasar-dasar Ilmu Tajwid. Yokyakarta: Diva Press.

Na'im, A. dan Syaputra, H. (2010). Kewarganegaraan, Suku Bangsa, Agama, dan Bahasa Sehari-Hari Penduduk Indonesia, Hasil Sensus Penduduk 2010. Jakarta: Badan Pusat Statistik Indoensia.

Nizan, A. (2008). Buku Pintar Al-Qur'an. Jakarta: Qultum Media.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Keagamaan Islam.

Republika.co.id. (2020, 28 Juli). Menag: Masih Ada 65 Persen Muslim Indonesia Buta Alquran. Diakses 24 Oktober 2020,dari https://republika.co.id/berita/qe5zrh483/menag-masih-ada-65-persen-muslim-indonesia-buta-alquran.

Saifuddin, L.M. (2019). Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Shihab, M.Q. (2008). Wawasan Al-Qur'an, Tafsir Maudhu'i Atas Pelabagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.

Undang-Undang Rebuplik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Harahap, M., Firdaus, F., Putra, A. A., Alfitri, A., & Rambe, R. (2023). Pendampingan Membaca Al-Qur’an Secara Tartil (Ilmu Tajwid) Berbasis Macro Media Flash untuk Anak-Anak Desa Sungai Petai Kabupaten Kampar. Jurnal Anugerah, 5(2), 185–195. https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i2.5209