Workshop Pembuatan dan Publikasi Artikel Ilmiah Di Jurnal atau Prosiding Untuk Dosen serta Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i1.5139Keywords:
artikel ilmiah, publikasi, jurnal atau prosiding, workshopAbstract
Kegiatan pengabdian ini berawal dari data publikasi dosen dan mahasiswa dalam prosiding maupun jurnal ilmiah berskala nasional maupun internasional yang masih kurang baik di Kalimantan barat. Oleh karena itu, terkhusus kegiatan pengabdian ini berlokasi di STKIP Singkawang bertujuan bekerjasama secara berkala dalam mengelola tata cara publikasi jurnal yang sistematis dan berkualitas sehingga mampu terbit dalam jurnal berskala nasional maupun internasional. Bentuk pengabdian ini adalah workshop atau pelatihan menghasilkan produk artikel ilmiah yang dipublikasikan. Metode pembuatan dan publikasi meliputi: 1) menyesuaikan artikel publikasi dengan aturan penulisan yang berlaku; 2) melakukan bimbingan artikel dari tahap pendahuluan, metodologi, hasil dan pembahasan, penutup, dan bagian lain; 3) menggunakan cek mendeley untuk kutipan dan cek plagiasi dengan akun ithenticate ataupun turnitin. Subjek PkM adalah mahasiswa dan dosen program studi pendidikan matematika STKIP Singkawang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, interview, dokumentasi. Alat pengumpul data berupa lembar pengamatan, wawancara, dan lembar dokumentasi. Tahapan PkM meliputi 1) persiapan: penetapan tempat, ijin pelaksanaan; 2) pelaksanaan: melaksanakan workshop, analisis hasil tes, dan pendampingan dalam pembuatan dan penyusunan publikasi artikel ilmiah; 3) akhir: luaran pengabdian berupa publikasi artikel di jurnal nasional. Hasil pengabdian ini adalah terlaksananya kegiatan workshop sesuai dengan langkah yang ditetapkan dan terjalinnya kuliah kunjungan ke STKIP Singkawang.
Downloads
References
Amaliyah. (2019). Program Kemitraan Masyarakat: Peningkatan Kemampuan Penulisan Karya Ilmiah dan Teknik Publikasi di Jurnal Internasional. Intervensi Komunitas, 1(1), 48–56.
Dasrimin, H. (2021). Kampus Merdeka Di Tengah Pandemi Covid-19: Antara Peluang Dan Tantangan. Indonesian Journal of Education and Learning, 5(1), 24–32. https://doi.org/10.31002/ijel.v5i1.4116
Denny, K., Meke, P., Astro, R. B., & Daud, M. H. (2022). Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 675–685.
Ellitan, L. (2020). Competing in the Era of Industrial Revolution 4.0 and Society 5.0. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(1), 1. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i1.657
Endrawan, I. B., Hardiyono, B., Satria, M. H., & Kesumawati, S. A. (2021). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Pendidikan Olahraga Strata Satu (S1) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan dan Bahasa Universitas Bina Darma. JPKMBD ( Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma), 1(2), 180–186.
Fernandes, R. (2019). Relevansi Kurikulum 2013 dengan Kebutuhan Peserta Didik di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Socius (Jurnal of Sosiology Research Dan Education, 6(2), 31.
Fitriawan, D., Hartoyo, A., Yusmin, E., Mirza, A., & Siregar, N. (2020). Workshop on Assistance in Curriculum Development “ Merdeka Belajar Kampus Merdeka †at Nahdlatul Ulama University , West Kalimantan. 3.
Hamdan, H. (2018). Industri 4.0: Pengaruh Revolusi Industri Pada Kewirausahaan Demi Kemandirian Ekonomi. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(2), 1. https://doi.org/10.29407/nusamba.v3i2.12142
Ismail, & Elihami. (2019). e-ISSN xxxx-xxx Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang. Copyright@2019-Maspul Journal of Community Empowerment, 1(1), 12–20. https://doi.org/10.33487/
Marselina, S. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Strategi Belajar Kooperatif Tipe Group Investigation Siswa Kelas Xi Man I Kota Sungai Penuh. Jurnal IlmiahPendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 14–21. http://www.antaranews.com/berita/330125/lipi-
Ningsih, M. (2019). Pengaruh Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dalam Dunia Teknologi Di Indonesia. 1–12. https://doi.org/10.31219/osf.io/pswmu
Pathuddin, P., Linawati, L., & Hamid, A. (2018). PKM Pelatihan Dan Workshop Penyusunan Dan Publikasi Karya Ilmiah Untuk Meningkatkan Kemampuan Profesionalisme Guru SD Di Kecamatan Banawa Selatan. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 2(2), 78. https://doi.org/10.36339/je.v2i2.157
Pendidikan, M., Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 03 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi.
Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2018). Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset. J@ti Undip?: Jurnal Teknik Industri, 13(1), 17. https://doi.org/10.14710/jati.13.1.17-26
Sahidi, T. T. (2018). https://jurnalterindeks.wordpress.com/2018/09/18/perbedaan-antara-jurnal-ilmiah-prosiding-dan-paper-conference/.
Saryoputro, G., Riadi, S., & Ali Sya, A. (2015). Menulis Artikel Untuk Jurnal Ilmiah. Uhamka Press.
Slameto, S. (2016). Penulisan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria?: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 46. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p46-57
Suroso. (2008). Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah Terakreditasi. Diskusi Ilmiah Menuju Penerbitan Publikasi Ilmiah Terakreditasi BPN STPN, Desember, 1–17.
Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. https://doi.org/10.31219/osf.io/ujmte
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Anugerah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.