Pendampingan Belajar untuk Mengatasi Kesulitan Belajar dan Pengerjaan Tugas pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMP di Desa Sidodadi, Kecamatan Ngantang

Authors

  • Bintang Muhammad Sahara Efendi Universitas Negeri Malang
  • Dwi Putri Ayu Universitas Negeri Malang
  • Ade Ana Kartikasari Universitas Negeri Malang
  • Emillatul Majidah Universitas Negeri Malang
  • Intan Aqila Putri Universitas Negeri Malang
  • Ilmia Pratiwi Universitas Negeri Malang
  • Leli Laraswati Universitas Negeri Malang
  • Leni Fitrianingsih Universitas Negeri Malang
  • Alsadaqta Ngelo Universitas Negeri Malang
  • Neni Wahyuningtyas Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i2.5051

Keywords:

covid-19, pendampingan belajar, kesulitan belajar

Abstract

Terjadinya pandemi Covid-19 telah membatasi ruang gerak pada setiap aspek kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Akibatnya, pemerintah membuat kebijakan yang mengharuskan siswa melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring. Seiring dengan adanya kebijakan tersebut, muncul berbagai kendala yang dihadapi oleh siswa seperti kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru. Permasalahan serupa juga dirasakan oleh siswa SMP di Desa Sidodadi, Kecamatan Ngantang. Berdasarkan latar belakang permasalahan, peneliti berupaya untuk mengatasi kesulitan belajar pada berbagai mata pelajaran siswa SMP di Desa Sidodadi, Kecamatan Ngantang dengan menumbuhkan kembali semangat belajar dan membantu peserta didik mengerjakan tugas yang sulit dipahami dengan melaksanakan pendampingan belajar daring. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan teknik random sampling dengan populasinya adalah siswa SMP di Desa Sidodadi. Hasil pengumpulan data menyatakan bahwa semua populasi yang diteliti merasa kesulitan belajar dan mengerjakan tugas selama pandemi. Adapun tahap-tahap yang dilaksanakan dalam pengabdian ini yaitu: (1) analisis situasi; (2) perizinan; (3) persiapan kebutuhan; (4) pelaksanaan kegiatan; dan (5) evaluasi. Pendampingan belajar daring pada masa pandemi Covid-19 dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengatasi kesulitan belajar siswa SMP di Desa Sidodadi, Kecamatan Ngantang. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kesulitan siswa dalam belajar pada masa pandemi Covid-19 dapat teratasi setelah mengikuti kegiatan pendampingan belajar. Hal ini dapat dibuktikan dengan terjadinya peningkatan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basilaia, G. and Kvavadze, D., 2020. Transition to online education in schools during a SARS-CoV-2 coronavirus (COVID-19) pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4).

Epstein, J.L. and Becker, H.J., 1982. Teachers’ reported practices of parent involvement: Problems and possibilities. The Elementary School Journal, 83(2), pp.103–133.

Firman, F. and Rahayu, S., 2020. Pembelajaran online di tengah pandemi covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), pp.81–89.

Gikas, J. and Grant, M.M., 2013. Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. The Internet and Higher Education, 19, pp.18–26.

Habibi, A., 2020. Normal baru pasca covid-19. ADALAH: Buletin Hukum & Keadilan, 4(1), pp.197–204.

Kusuma, J.W. and Hamidah, H., 2020. Perbandingan hasil belajar matematika dengan penggunaan platform whatsapp group dan webinar zoom dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemik covid 19. JIPMat: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), pp.97–106.

Nuryatin, S., 2020. Adaptasi metode pembelajaran melalui e-learning untuk menghadapi era new normal. pp.1–8.

Purwanto, A.E., Susanti, N. and Hendri, M., 2016. Studi perbandingan hasil belajar siswa menggunakan media phet simulations dengan alat peraga pada pokok bahasan listrik magnet di kelas IX SMPN 12 Kabupaten Tebo. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1).

Siahaan, M., 2020. Dampak pandemi covid-19 terhadap dunia pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 20(2).

Sun, L., Tang, Y. and Zuo, W., 2020. Coronavirus pushes education online. Nature Materials, 19(6), pp.687–687.

Susanti, D.I. and Prameswari, J.Y., 2020. Adaptasi blended learning di masa pandemi covid-19 untuk pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar. Lingua Susastra, 1(2), pp.50–61.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Efendi, B. M. S., Ayu, D. P., Kartikasari, A. A., Majidah, E., Putri, I. A., Pratiwi, I., Laraswati, L., Fitrianingsih, L., Ngelo, A., & Wahyuningtyas, N. (2022). Pendampingan Belajar untuk Mengatasi Kesulitan Belajar dan Pengerjaan Tugas pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMP di Desa Sidodadi, Kecamatan Ngantang. Jurnal Anugerah, 4(2), 211–220. https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i2.5051