Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Guru Sekolah Menengah di Kefamenanu, Nusa Tenggara Timur
DOI:
https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i1.4923Keywords:
artikel ilmiah, guru, pelatihan, pendampinganAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah guru dapat membuat artikel ilmiah dan mengetahui respon guru dalam pelaksanaan kegiatan. Sasaran PKM 15 guru Matematika dan IPA di Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) yang sudah memiliki draft artikel, sedang menjalani penelitian, dan memiliki ide penelitian namun tidak mampu mengeksekusinya. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengakomodir kebutuhan guru agar didampingi menghasilkan karya tulis. Metode dalam PKM ini adalah pendampingan pelatihan. Guru-guru dibagi ke dalam masing-masing bidang studi dan dimentori oleh satu Dosen sesuai bidang studi. Materi pelaksanaan dibuat dalam dua pertemuan: pelatihan tatap muka dan pendampingan online. Hasil dari pelatihan adalah semua guru dapat merumuskan ide penelitian ke dalam template yang disediakan. Hasil dari pendampingan adalah semua guru sudah memiliki draft penelitian dan satu guru IPA sudah membentuk draft penelitian ke dalam artikel ilmiah dan siap di-submit ke jurnal online. Respon peserta berdasarkan kuesioner yang diberikan adalah untuk aspek pelaksanaan pelatihan: 71,5% peserta puas, aspek narasumber: 57,625% peserta puas serta aspek fasilitas/benefit yang didapat: 67% peserta sangat puas. Hasil menunjukan peserta memiliki motivasi positif terhadap kegiatan pelatihan dan pendampingan ini terutama terhadap proses dan manfaat yang didapat selama kegiatan sehingga kegiatan ini diharapkan menjadi suatu kegiatan yang regular dilakukan.
Downloads
References
Aisyah, E. N., & Mahanani, P. (2017). Pelatihan menulisan artikel ilmiah bagi guru sekolah dasar dan taman kanak-kanak Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 1(1), 22–26.
Asmarani, A., Sukarno, & Widdah, M. El. (2021). The relationship of professional competence with teacher work productivity in Madrasah Aliyah. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 220–235. https://doi.org/10.31538/ndh.v6i2.1365
Dharmayasa, I. P. A., Prayudi, M. A., & Santi, N. W. A. (2021). Pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi guru SMA Negeri 1 Ubud. Proceeding Senadimas Undiksha, 1046–1050.
Dwijayanti, R., Marlena, N., & Patrikha, F. D. (2017). Pelatihan penulisan Karya Tulis (KTI) bagi guru-guru SMK di Kabupaten Jombang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 249–266. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.2.07
Ekawarna, Salam, M., & Anra, Y. (2021). Memilih masalah untuk penelitian tindakan kelas: Bahan kajian untuk pelatihan guru menyusun laporan hasil PTK. Jurnal Karya Abadi, 5(1), 52–62.
Ekosiswoyo, R. (2007). Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif kunci pencapaian kualitas pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 76–82.
Hobson, A. J., Ashby, P., Malderez, A., & Tomlinson, P. D. (2009). Mentoring beginning teachers: What we know and what we don’t. Teaching and Teacher Education, 25(1), 207–216. https://doi.org/10.1016/j.tate.2008.09.001
Marlena, N., Dwijayanti, R., & Patrikha, F. D. (2017). Pelatihan penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) bagi guru SMA swasta di SIDOARJO. 2(2), 45–50.
Mukhlis, A. M. A., Dewi, A. C., & Abdal, N. M. (2021). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah sebagai implementasi pengembangan kompetensi profesi guru. Jurnal Dedikasi, 23(1), 10–15.
Nanda, I., Sayfullah, H., Pohan, R., Suci Windariyah, D., Mulasi, S., Warlizasusi, J., Uron Hurit, R., Arianto, D., Wahab, A., Nur Aini, A., Dewa Gede Alit Rai Bawa, I., & Hadi Prasetyo, A. (2021). Penelitian tindakan kelas untuk guru inspiratif. https://penerbitadab.id
Nani, K. la, Hairun, Y., & Hamid, I. (2017). Profil dan kompetensi guru matematika Kota Ternate dalam penulisan karya ilmiah. Jurnal Penelitian Humano, 8(2), 168–184.
Setiawan, A., Mujianto, G., Ahsanul, D., & Am, I. (2022). Pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah guru SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen, Kabupaten Malang. In Jurnal Abdimas Bela Negara, 3(1).
Suhaida, D., Lahir, M., & Dediansyah, A. (2019). Persepsi guru terhadap pelatihan karya tulis ilmiah di Kabupaten Sekadau. Jurnal Pendidikan, 17(1).
Suparni, S., & Octaviani, W. (2022). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru matematika Madrasah Tsanawiyah di wilayah DI Yogyakarta. Jurnal Anugerah, 4(1), 59–65. https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i1.4312
Supriyanto, A. (2020). The effect of training scientific writing on the improvement of teachers’ understanding in articles. 1st International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2020), 406–415.
Syahruddin, Ernawati, A., Anuar Abdul Rahman, M. B., & Johari Sihes, A. B. (2013). The role of teachers’ professional competence in implementing school based management: Study analisys at secondary school in Parepare City of South Sulawesi Province-Indonesia. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 2(3), 143–148.
Taniredja, T., & Abduh, M. (2016). Pedagogical, personality, social and professional competence in correlation with teachers’ performance (Correlational study of junior high school teacher at SMPN 3 Purwokerto). The 2nd International Conference on Science, Technology, and Humanity, 264–272.
Widiana, I. W., Tristiantari, N. K. D., Rediani, N. N., Yudiana, K. E., & Sari, N. M. D. V. S. (2022). Pelatihan penulisan dan publikasi artikel ilmiah bagi guru-guru sekolah dasar. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 140–149. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.52117
Yasir, M. (2020). Profil artikel ilmiah hasil pelatihan penulisan karya tulis ilmiah guru biologi SMA Se-Kab. Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(1), 1–5. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i1.6849
Zetriuslita, & Ariawan, R. (2021). Analisis permasalahan guru dalam menghasilkan karya tulis ilmiah penelitian tindakan kelas (Studi kasus pada pelatihan guru-guru SMAN 1 Mandau Duri Bengkalis). Community Education Engagement Journal, 3(1), 17–29.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Anugerah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.