Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile Learning Pada Kelompok Guru Bahasa Indonesia Se-Bengkulu Tengah

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i2.4921

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif, Mobile Learning

Abstract

Tujuan kegiatan PPM ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru mengenai pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning berbantuan aplikasi canva. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini adalah pelatihan dengan presentasi narasumber, tanya jawab, serta praktik pembuatan media pembelajaran. Instrumen yang digunakan pada pengabdian ini adalah angket dimana terdapat angket awal dan akhir untuk mengetahui tingkat pengetahuan guru atas materi yang disampaikan oleh tim pelaksana pengabdian, selain itu juga terdapat indikator keberhasilan dimana pengabdian dikatakan berhasil apabila total skor peserta adalah  >70 poin. Hasil dari pelaksanaan pengabdian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan peserta pelatihan berdasarkan angket awal dan akhir yang tim sebarkan. Pengetahuan yang dimaksud berkaitan dengan proses pembuatan media pembelajaran berbasis mobile learning. Skor akhir yang diperoleh dari keseluruhan indikator adalah sebesar 80 poin artinya skor tersebut telah melampaui melampaui skor minimal. Dengan kata lain pelaksanaan pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasisi mobile learning telah berhasil dilakukan. Selanjutnya para peserta pengabdian diharapkan dapat menyebarkan pengetahuan yang didapatkan mengenai pembuatan media pembelajaran berbasis mobile learning kepada para guru lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bustan. (2020). Penggunaan video tutorial dalam meningkatkan hasil belajar praktik ibadah salat pada peserta didik SDN palita patampanua Kabupaten Pinrang (classroom action research).

Enayati, F., & Gilakjani, A. P. (2020). The impact of Computer Assisted Language Learning (CALL) on improving intermediate EFL learners’ vocabulary learning. International Journal of Language Education, 4(1), 96–112. https://doi.org/10.26858/ijole.v4i2.10560

Hansson, L., Leden, L., & Thulin, S. (2020). Book talks as an approach to nature of science teaching in early childhood education. International Journal of Science Education, 42(12), 2095–2111. https://doi.org/10.1080/09500693.2020.1812011

Haslinda. (2017). Pengembangan bahan ajar kajian apresiasi prosa fiksi berbasis kearifan lokal terintegrasi mobile learning Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar 47–65.

Hastings, N. B., & Tracey, M. W. (2005). Does media affect learning: where are we now? TechTrends, 49(2), 28–30. https://doi.org/10.1007/bf02773968

Kumar, S. (2013). M-learning: a new learning paradigm. International Journal on New Trends in Education and Their Implications (IJONTE), 4(4), 214.

Maftakhun. (2022). Pengembangan media pembelajaran teka teki silang berbasis android pada mata pelajaran bahasa indonesia. Students’ Difficulties at Elementary School in Increasing Literacy Ability, 4(1), 1–12.

Nugraha, D. A., & Sudiyono, S. (2018). Pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran interaktif menggunakan autoplay media studio bagi guru-guru SDN merjosari 1. Jurnal Terapan Abdimas, 3(2), 182. https://doi.org/10.25273/jta.v3i2.2811

Reiser, R. V., & Dempsey, J. V. (2002). Trends and issues in instructional design and technology. Educational Technology Research and Development, 50(4), 67–71. https://doi.org/10.1007/bf02504986

Sulfemi, W. B. (2018). Manajemen kurikulum di sekolah. STKIP Muhammadiyah Bogor, 3.

Wiyanti, E., Solihatun, S., & Dinihari, Y. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis android sebagai sarana pembelajaran jarak jauh. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 7. https://doi.org/10.25077/logista.5.1.7-14.2021

Wulandari, A. (2021). Analisis media pembelajaran berbasis audio visual dalam motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas III minu sumedang sari. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiyah. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Wulandari, D. A., Wibawanto, H., Suryanto, A., & Murnomo, A. (2019). Pengembangan mobile learning berbasis android pada mata pelajaran rekayasa perangkat lunak di SMK sultan trenggono kota semarang. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(5), 577. https://doi.org/10.25126/jtiik.201965994

Yaumi, M. (2017). Media Pembelajaran, pengertian, Fungsi dan Tujuan. Repositori.Uin-Alauddin, 4, 9–15.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Fina Hiasa, Wisman, W., & Rahayu, N. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile Learning Pada Kelompok Guru Bahasa Indonesia Se-Bengkulu Tengah . Jurnal Anugerah, 4(2), 169–178. https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i2.4921