Sosialisasi Pengaruh Pendidikan Keluarga bagi Pembentukan Karakter Anak
DOI:
https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i2.4457Keywords:
karakter anak, pendidikan keluarga, pola asuhAbstract
Pada dasarnya perkembangan karakter anak sangat dipengaruhi oleh pola asuh orang tua atau seorang ibu yang merupakan contoh utama atau role model terhadap anaknya. Di Sei Jang laut terdapat banyak orang tua masih menggunakan pola asuh tradisional dalam mendidik anak, di mana anak melakukan kesalahan anak yaitu dengan dipukul atau dimarahi dengan kata-kata kasar dan nada suara yang tinggi sehingga orang tua perlu memahami tahap perkembangan fisik maupun perkembangan kognitif pada anak. Dengan adanya sosialisasi orang tua merupakan contoh utama dalam keluarga sehingga pola asuh yang baik dapat menanamkan dan membudayakan karakter anak sejak dini agar diperoleh karakter yang baik dan berkualitas serta dapat mewujudkan bangsa yang bermoral tinggi bagi generasi penerus bangsa. Tujuan dari pengabdian di Sei Jang, RT.001/RW.001 Kota Tanjungpinang yaitu mengupayakan dan memotivasi kesadaran orang tua untuk mengarahkan, mengontrol dan membimbing anak-anaknya agar dapat menghadapi tantangan kehidupan ke depan dan penentu masa depan serta memberikan semangat dan pencerahan rohani kepada orang tua dan keluarga. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu sosialisasi dengan metode ceramah, yaitu tentang pola asuh anak sesuai dengan syair Raja Ali Haji dan sesuai Alquran, pada hari selanjutnya pengisian angket tentang pola asuh anak dalam kehidupan sehari-hari. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi lapangan dan pengisian angket / kuesioner kepada responden yang berjumlah 19 orang. Dari hasil pengabdian ini, terdapat lebih banyak pola asuh otoriter yang dilakukan masyarakat Sei Jang sehingga dengan adanya sosialisasi ini masyarakat Menambah ilmu bagi keluarga yang mengikuti acara ini terutama pola asuh yang benar dan Meningkatkan kembali peranan keluarga sebagai pendidik pertama terhadap anak-anak, memperkuat karakter anak serta memberikan contoh teladan dan figur.
Downloads
References
Adit, Albertus. (2021). Pola asuh orang tua yang baik pada anak. https://edukasi.kompas.com/read/2021/11/21/172941871/9-pola-asuh-orangtua-yang-baik-pada-anak?page=all/diakses 20/5/2022, pukul 10.00
Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102-122.
Hasbullah, (2012). Takammul. Banda Aceh: Pusat Studi Wanita.
Lubis, Z., Ariani, E., & Segala, S. M. (2021). Pendidikan Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Anak. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 92-106.
Mansur, (2005). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Maswardi M.Amin, (2011).Pendidikan Karakter Anak Bangsa. Jakarta: Bandouse Media.
M. Syahran Jailani, (2020).Teori Pendidikan Keluarga Dan Tanggung Jawab Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jambi. IAIN STS. Araiku, J., Sidabutar, R., Mairing, J. P. (2019). Gender differences in mathematics ability of Junior High School students based on Bloom’s Taxonomy. Jurnal Gantang, 4(1),15-25.
Susanti, E. K. (2018). Pola Pengasuhan Anak Dalam Pembentukan Kepribadian Di Rumah Kreasi Edukasi Way Halim Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Wahy, H. (2012). Keluarga sebagai basis pendidikan pertama dan utama. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 12(2).
Zeuny, F. (2019). Peran Keluarga dalam Pendidikan nilai dan karakter. https://pauddikmasdiy.kemdikbud.go.id/artikel/peran-keluarga-dalam-pendidikan-nilai-dan-karakter/ diakses 24/5/2022, pukul 15.00.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Anugerah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.