Gerakan Kampung Literasi: Solusi Alternatif Membantu Siswa Belajar di Masa Pandemi COVID-19

  • Hermina Disnawati Universitas Timor
  • Yohanis Ndapa Deda Universitas Timor
Keywords: gerakan kampung literasi, calistung, belajar dari rumah

Abstract

Penerapan sistem belajar dari rumah selama masa pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia telah memunculkan berbagai masalah. Siswa yang tinggal di daerah terpencil mengalami kendala terkait fasilitas pendukung pembelajaran BDR antara lain tidak memiliki smartphone dan lemahnya pendampingan orang tua. Gerakan Kampung Literasi (GKL) ini bertujuan untuk membantu siswa untuk tetap aktif belajar dan meningkatkan kemampuan literasi dasar yang mencakup literasi baca, tulis, dan hitung. GKL ini melibatkan 56 orang siswa sekolah dasar yang ada di Desa Subun Tualele Kecamatan Insana Barat Kabupaten Timor Tengah Utara. Tahapan kegiatan meliputi persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil kegiatan GKL menunjukkan bahwa siswa terbantu dalam meningkatkan kemampuan literasi dasar membaca menulis dan berhitung selama masa BDR.  Sebanyak 21 dari 25 orang siswa kelas rendah sudah mampu mengenal huruf dan angka dengan baik, menghitung jumlah objek dan menuliskan simbolnya dan 18 dari 25 siswa sudah mampu menyebut huruf A-Z dan menuliskannya dengan baik. Bagi siswa kelas tinggi, melalui media tangram yang digunakan, siswa sudah mampu memberi nama dan menyebut nama bangun datar dengan benar, membedakan jenis-jenis bangun datar dan membentuk karakter tertentu seperti rumah, lilin dan manusia.  Efektivitas pelaksanaan proses kegiatan literasi termasuk dalam kategori tinggi, mendapat skor 24.2 dari skor total 28.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. (2020). Belajar Matematika di Era COVID-19. 1–2. https://doi.org/10.31219/osf.io/nrbu7

Arifa, F. N. (2020). Tantangan pelaksanaan kebijakan belajar dari rumah dalam masa darurat COVID-19. Info Singkat: Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, 7(1), 13–18.

Astuti, I. Y., & Harun, H. (2020). Tantangan guru dan orang tua dalam kegiatan belajar dari rumah anak usia dini pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1454–1463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.808

Deda, N., & Disnawati, H. (2019). Workshop media alat peraga matematika “luas bangun datar†untuk meningkatkan kreatifitas guru dan siswa sekolah dasar. 8(1), 67–72.

Dirjen PAUD dan Dikmas. (2017). Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. 1–14.

Disnawati, H. (2018). Literasi mahasiswa: analisis kemampuan matematika calon guru di wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste. Knpmp Iii, 773–779. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/10274

Doloksaribu, E.J. R. (2020). Pembelajaran Era COVID 19. Retrieved from https://lpmpntt.kemendikbud.go. id.

Fitri, D. A. A. (2018). Meningkatkan kemampuan menulis dengan metode drill bagi siswa yang terindikasi berkesulitan belajar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 60-63.

Jatiningsih, O., Habibah, S. M., Wijaya, R., & Sari, M. M. K. (2021). Peran orang tua dalam pemenuhan hak pendidikan anak pada masa belajar dari rumah. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(1), 147. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i1.29943

Jayaningrum, M., Djumahana, N., & Mulyasari, E. (2019). Penerapan metode drill untuk meningkatkan kemampuan menulis ejaan bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 14-25.

Kemendikbud. (2017). Panduan pengembangan kampung literasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia.

Kusumawati, E., & Irwanto, R. A. (2016). Penerapan metode pembelajaran drill untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 49–57. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2289

Lamusu, S. A. (2020). Meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa program studi PG-PAUD melalui pendekatan saintifik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 360. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.609

Pandapotan,S., Pakpahan.SP., Syahril & Hendrick,A (2020). Pengembangan model kampung literasi untuk meningkatkan motivasi pendidikan dan minat membaca masyarakat Desa Kolam Kabupaten Deli Serdang. Pelita Masyarakat: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2),110-126. doi: https://doi.org/10.31289/pelitamasyarakat.v1i2.3575

Selvianiresa. (2017). Bahan ajar kelas 2 tema 1 : hidup rukun sub tema 1 : hidup rukun dirumah.

Setiawati, A. (2021). Primary : Jurnal pendidikan guru sekolah dasar volume 10 nomor 3 juni 2021 the effect of mind mapping to improve the ability to do the operation of summing downward rows of dyscalculia students efektivitas metode mind mapping dalam meningkatkan primary : . 10(3), 494–500.

Sidik, G. S., Maftuh, A., & Salimi, M. (2021). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2179–2190. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1137

Suciati, Pijar. (2021). School from home (sfh): perjuangan para orang tua siswa usia dini di masa pandemi COVID-19. Jurnal Sosial Humanioran dan Terapan, 3(2), 7-16.

Published
2022-01-21
How to Cite
Disnawati, H., & Ndapa Deda, Y. (2022). Gerakan Kampung Literasi: Solusi Alternatif Membantu Siswa Belajar di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Anugerah, 3(2), 99-109. https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i2.3895