Sosialisasi Soal-Soal Asesmen Kompetensi Minimum dengan Menggunakan Aplikasi Quizizz untuk Siswa Paket C Di PKBM Harapan Bangsa

  • Tety Kurmalasari Universitas Maritim Raja Ali Haji
Keywords: pembelajaran, quizizz, warga belajar, pendidikan kesetaraan

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan adalah untuk memberikan pemahaman tentang bentuk-bentuk soal-soal AKM dengan menggunakan media quizizz kepada peserta didik atau warga belajar kelas XII paket C pada PKBM Harapan Bangsa untuk memudahkan dalam menyelesaikan ujian Pendidikan kesetaraan yang berbasis online. Metode yang digunakan dalam sosialisasi ini dengan tiga tahap yaitu  pertama, pengenalan tentang Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan bentuk-bentuk soal AKM, tahap kedua latihan pengenalan soal AKM dengan menggunakan Aplikasi quizizz, peserta atau warga belajar memperaktikkan setiap langkah-langkah dan menyelesaikan soal-soal AKM didalam aplikasi quizizz tersebut. Tahap selanjutnya, pembahasan materi soal AKM  pada mata pelajaran sejarah. Hasil dari pengabdian ini, warga belajar tampak menguasai empat kompetensi AKM yaitu intervensi khusus, dasar, cakap dan mahir sehingga hal ini terlihat dari hasil ujian simulasi tersebut 75% memenuhi standar KKM. Serta dapat disimpulkan peserta didik atau warga belajar telah menguasai soal-soal literasi pada uji coba Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Pendidikan kesetaraan Paket C kelas XII.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. (2021). Pengertian tujuan dan contoh AKM. Retrieved from https://www.searchpengertian.com /2020/12/soal-akm-pengertian-tujuan-dan-contoh.html.

Ady, Saputra. (2020). Telaah bentuk soal akm. Seminar Nasional DPP. Yogyakarta: DPD FTPKN.

Alfari, Shabrina. (2020). Contoh soal AKM Numerasi dan Literasi di Asesmen Nasional 2021 Retrieved from https://www.ruangguru.com/blog/contoh-soal-akm-numerasi-dan-literasi

Asikin, dkk, (2019). Pelatihan pemanfaatan media pembelajaran berbasis virtual reality untuk guru-guru IPA Kota Tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 1(2): 71-76.

Asrijanty. (2020). AKM dan implikasinya pada pembelajaran. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Kemendikbud.

Astriyani, Dkk. (2021). Pemanfaatan aplikasi daring thatquiz.org untuk mengembangkan tes berbasis online pada pembelajaran matematika. Abdimas Pedagogi, 4(1).

Gunawan, dkk. (2017). Sejarah Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kosasih, Nandang. (2013). Pembelajaran quantum dan optimalisasi kecerdasan. Bandung: Alfabeta.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan model pembelajaran daring dalam perkuliahan bahasa indonesia diperguruan tinggi. Indonesia Languege Education and Literature, 3, 102.

Ramli Muhammad. (2012). Media teknologi pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Press.

Sadirman, Lestariningsih. (2017). Sejarah Indonesia kelas 11. Jakarta. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Suryawati, Indah. (2011). Jurnalistik suatu pengantar: teori & praktik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Syafnidawaty. (2020). Apa itu evaluasi. Retrieved from https://raharja.ac.id/2020/11/13/apa-itu-evaluasi.

Published
2022-01-21
How to Cite
Kurmalasari, T. (2022). Sosialisasi Soal-Soal Asesmen Kompetensi Minimum dengan Menggunakan Aplikasi Quizizz untuk Siswa Paket C Di PKBM Harapan Bangsa. Jurnal Anugerah, 3(2), 111-117. https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i2.3813