Peningkatan High Order Thinking Skill Siswa Melalui Pendampingan Computational Thinking

Authors

  • Ferdi Chahyadi Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Martaleli Bettiza Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Nola Ritha Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Muhamad Radzi Rathomi Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Nurul Hayaty Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i1.3344

Keywords:

High Order Thinking Skill (HOTS), berpikir komputasional, tantangan Bebras

Abstract

Persaingan global yang dihadapi saat ini, menuntut adanya perubahan di dalam pembelajaran agar kecakapan dan keterampilan anak didik semakin berkembang. Kemampuan literasi matematika menjadi salah satu yang harus dimiliki para siswa dalam menghadapi tantangan global tersebut. Kegiatan pelatihan dan pendampingan Computational Thinking dengan menerapkan High Order Thinking Skill (HOTS) yang dilakukan diharapkan dapat menambah wawasan siswa terhadap pemahaman dalam melakukan problem solving. Serta, menumbuhkan kreativitas siswa, budaya informasi, algoritma dan berpikir komputasional dalam menyelesaikan suatu permasalahan dalam bentuk tantangan yang dikenal dengan nama Bebras Challenge. Dalam tahapan pelaksanaannya dilakukan tahapan-tahapan yakni pre-test, pelatihan & pendampingan, serta post-test. Pre-test terhadap 15 siswa menunjukkan rerata siswa dalam menjawab soal secara benar adalah sebanyak 60%. Pelatihan-dan pendampingan dilakukan melalui aplikasi daring. Pertemuan dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan. Sedangkan hasil dari post-test mengalami peningkatan yakni menjadi 78%. Hal ini menunjukkan tingkat keberhasilan siswa dalam memecahkan persoalan mengalami peningkatan yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfina, A. (2017). Berpikir komputasional siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aritmetika sosial ditinjau dari gender, Simki-Techsain, 1(4).

Dinni, H.N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skill) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, Seminar Nasional Matematika, 4(1)

Ichsan, I.Z., Iriani, E., Hermawati, F.M. (2018). Peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills) pada siswa sekolah dasar melalui video berbasis kasus pencemaran lingkungan. Edubiotik, 3(2), 12-18.

Kristanto, P.D., dan Setiawan, P.G.F. (2020). Pengembangan soal hots (higher order thinking skills) terkait dengan konteks pedesaan. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 370-376.

Kemendikbud. (2017). Modul penyusunan soal higher order thinking skill (hots). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Zaharin, N.L., Sharif, S., Mariappan, M. (2018). Computaional thinking: a strategy for developing poblem solving skills and higher order thinking skills. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(10).

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Chahyadi, F., Bettiza, M., Ritha, N., Radzi Rathomi, M., & Hayaty, N. (2021). Peningkatan High Order Thinking Skill Siswa Melalui Pendampingan Computational Thinking. Jurnal Anugerah, 3(1), 25–36. https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i1.3344