Pelatihan Pengembangan Kegiatan Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi Bagi Guru SMA Angkasa Adisutjipto

  • Rindu Alriavindra Funny Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto
Keywords: blended learning, Geogebra, rencana pelaksanaan pembelajaran

Abstract

Maraknya siswa menggunakan smartphone di SMA Angkasa Adisutjipto menjadi gangguan utama dalam proses belajar mengajar dikelas. Siswa tidak mendengarkan penjelasan dari guru dan lebih asyik mengecek media sosial atau bahkan bermain game. Hal ini mengakibatkan diberlakukannya aturan untuk menitipkan smartphone kepada Guru Piket setiap hari di beberapa sekolah. Aturan ini menjadi sebuah dilema bagi pihak sekolah terkait kebutuhan dan kebebasan siswa untuk berkomunikasi sehingga butuh suatu alternatif yang dapat menjembatani kebebasan siswa dalam berkomunikasi dan penggunaan smartphone dalam proses pembelajaran dikelas. Oleh karena itu produk dari pengabdian masyarakat ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan media pembelajaran berbasis teknologi yaitu aplikasi Geogebra.Tahapan yang dilakukan meliputipengenalan aplikasi-aplikasi dalam matematika, pelatihan dan pendampingan penyusunan RPP berbasis teknologi kepada guru-guru SMA Angkasa Adisutjipto, dan uji coba RPP kepada siswa.Hasil kegiatan pengabdian masyakarat ini gurumemperoleh pengetahuan tentang aplikasi Geogebra, mampu menggunakan aplikasi Geogebra, mampu menyusun rencana pembelajaran (RPP) dengan menggunakan aplikasi Geogebra serta dapat menerapkannyasebagai bentuk blended learning dalam proses pembelajaran dikelas. Selain itu, kinerja siswa pada saat pelaksanaan pembelajaran sesuai RPP sangat memuaskkan. Para siswa sangat cepat beradaptasi dengan fitur-fitur yang ada pada aplikasi Geogebra pada smartphonemasing-masing.Siswajuga jadi antusias selama pembelajaran dan pada proses diskusi.

References

Agung, S. (2018). Pemanfaatan aplikasi eogebra dalam pembelajaran matematika SMP. Seminar Nasional, 03, 312–322.

Asngari, D. R. (2015). Penggunaan geogebra dalam pembelajaran geometri. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 299–302.

Faizah, H., & Astutik, E. P. (2017). Efektivitas lembar kerja siswa (lks) berbantuan software geogebra pada materi program linier. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 103–110. jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc

Funny, R. A. (2019). Prompting the use of online application on smartphone (integral calculator) in learning integration techniques. Journal of Physics: Conference Series, 1200(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1200/1/012017

Hanafi, M., Wulandari, K. N., & Wulansari, R. (2017). Transformasi geometri rotasi berbantuan software geogebra. Fibonacci Jurnal Pendidikan Matematika Dan MAtematika, 3(2), 93–102.

Hidayatullah, Muh Tamimuddin & Karim, A. (2015). Pemanfaatan aplikasi geogebra untuk pembelajaran matematika dasar. Open Journal of Orthopedics, 238.

Oktaviani, D. N., & Sholikhakh, R. A. (2018). Implementasi blended learning pada mata kuliah geometri transformasi.Procediamath, 1–10. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/semnasmat/article/view/3258

Syahbana, A. (20 C.E.). Belajar Menguasai GeoGebra (Program Aplikasi Pembelajaran Matematika).

Tindell, Deborah R; Bohlander, R. W. (2012). The use and abuse of cell phones and text messaging in the classroom: A survey of college students. College Teaching, 60(1), 1–9. https://www.tandfonline.com/action/showCitFormats?doi=10.1080%2F87567555.2011.604802

Utami, A. N. (2019). Dampak negatif adiksi penggunaan smartphone terhadap aspek-aspek akademik personal remaja. Perspektif Ilmu Pendidikan, 33(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/pip.331.1

Published
2020-11-30