Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality untuk Guru-Guru IPA Kota Tanjungpinang

  • Nurul Asikin Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Nevrita Nevrita Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Okta Alpindo Universitas Maritim Raja Ali Haji
Keywords: media pembelajaran, virtual reality

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk: (1) memberikan pengenalan kepada guru-guru IPA SMP Kota Tanjungpinang mengenai media pembelajaran Virtual Reality sebagai alternative media pembelajaran berbasis IT, dan (2) melatih guru-guru IPA SMP Kota Tanjungpinang untuk mampu memanfaatkan media pembelajaran berbasis Virtual Reality. Kegiatan dilakukan dengan metode pelatihan yang dilakukan selama 3 tahap, tahap pertama pelatihan terkait pengenalan macam-macam media pembelajaran yang digunakan sesuai dengan perkembangan Revolusi Industri 4.0 salah satu media yang digunakan adalah media pembelajaran berbasis Virtual Reality. Pelatihan tahap 2 dengan materi tentang pelatihan penggunaan media pembelajaran berbasis Virtual Reality dalam pembelajaran serta tahap ketiga melakukan evaluasi dan pemantapan. Kegiatan pelatihan yang dilakukan mendapat respon positif dari guru-guru ditunjukkan dengan antusiasme peserta selama kegiatan serta sikap positif untuk mengaplikasikan media pembelajaran berbasis Virtual Reality dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan perkembangan teknologi informasi di era Revolusi Industri 4.0.

References

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asikin, N., Daningsih, E. (2018). Development audio-visual learning media of hydroponic system on biotechnology topic for senior high schools. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 174. Atlantis Press. doi:10.2991/ice-17.2018.44.

Asyhar, Rayanda. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional [Depdiknas]. (2003). Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan augmented reality sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13(2), 174-182.

Pranata, M. A., Santyadiputra, G. S., Sindu, I. G. (2017). Rancangan game balinese fruit shooter berbasis virtual reality sebagai media pembelajaran. Janapati: Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 6(3), 256-270.

Saputro, R. E., Saputra, D. I. S. (2014). Pengembangan media pembelajaran mengenal organ pencernaan manusia menggunakan teknologi augmented reality. Jurnal Buana Informatika, 6(2), 153-162.

Sunarni, T., Budiarto, D. (2014). Persepsi efektivitas pengajaran bermedia virtual reality (vr). Prosiding Semantik, 179-184. ISBN: 979-26-0276-3.

Published
2019-12-30