PENERAPAN PMR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31629/kiprah.v5i2.283

Keywords:

ï‚·kemandirian belajar, matematika, pendidikan matematika realistik, PMRI

Abstract

Kemandirian belajar siswa dalam matematika merupakan faktor yang turut menentukan keberhasilan belajar. Oleh sebab itu, kemandirian belajar ini perlu dikembangkan pada siswa. Pentingnya kemandirian belajar ini, sayangnya tidak seiring dengan penguasaan skill ini pada siswa. Karena  itu, perlu adanya upaya untuk menerapkan suatu pendekatan pembelajaran yang diperkirakan dapat memicu peningkatan kemandirian belajar siswa dalam matematika. Penelitian ini menerapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) sebagai alternatif pendekatan pembelajaran yang diperkirakan dapat memicu peningkatan kompetensi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi penerapan PMR terhadap peningkatan Kemandirian Belajar Siswa dalam matematika (KBS), ditinjau dari keseluruhan dan  level sekolah (tinggi, sedang, rendah).  Penelitian ini menerapkan desain kuasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari 239 orang siswa kelas VII pada tiga SMP Negeri di Kota Bandung, masing-masing mewakili sekolah level tinggi, sedang, dan rendah. Hipotesis penelitian diuji pada taraf signifikansi 5%, menggunakan Uji-t Berpasangan, Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon, Uji-t Independen, Uji Mann-Whitney, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat peningkatan yang signifikan pada KBS bagi siswa  yang belajar matematika melalui pendekatan PMR, ditinjau dari keseluruhan, dan pada sekolah level rendah, sedangkan bagi siswa yang belajar matematika melalui pendekatan PB, tidak mengalami peningkatan KBS secara signifikan, baik ditinjau dari keseluruhan maupun berdasarkan level sekolah; (2) terdapat perbedaan peningkatan KBS antara siswa  yang belajar matematika melalui pendekatan PMR dan PB, namun perbedaan tersebut kecil sehingga tidak signifikan. Ditinjau dari peningkatan pada aspek-aspek KBS, terdapat perbedaan yang signifikan pada aspek strategi kognitif antara siswa  yang belajar matematika melalui pendekatan PMR dan PB.

Published

2017-12-31