PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM LARUTAN ASAM BASA BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERORIENTASI GREEN CHEMISTRY

Penulis

  • Asfiyatus Sundusiyah UIN Walisongo
  • Sri Mulyanti UIN Walisongo
  • Wiwik Kartika Sari UIN Walisongo

DOI:

https://doi.org/10.31629/zarah.v11i1.4961

Kata Kunci:

asam basa, green chemistry, petunjuk praktikum, problem based learning (PBL)

Abstrak

Penelitian pengembangan ini didasarkan pada petunjuk praktikum yang dimanfaatkan dalam penunjuang aktivitas praktikum kimia di MA Negeri Demak masih berupa lembar kerja, belum berbasis pemecahan masalah, serta belum menerapkan prinsip green chemistry. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kualitas serta kevalidan dan menghasilkan produk dalam bentuk petunjuk praktikum berbasis problem based learning (PBL) terkait green chemistry pada materi asam basa kelas XI. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D yang meliputi beberapa fase meliputi fase Define, Design, Develop dan Diffusion, dengan topik penelitian kecil 9 peserta didik.  Ciri khas dari buku pedoman pelatihan hasil pengembangan adalah media cetak yang berbasis masalah dan green chemistry. Kualitas panduan praktikum dinilai oleh validator ahli dan respon peserta didik. Hasil uji validasi panduan praktikum ahli materi dan media mendapat kategori sangat valid dengan nilai validitas 0,95 dan 0,94. Dengan jawaban peserta didik terhadap petunjuk praktikum, hasil tes mendapat kategori sangat baik (SB) dengan persentase 89%. Pedoman praktik berbasis PBL untuk materi asam-basa fokus kimia hijau, yang dikembangkan dari data validasi ahli dan tanggapan peserta didik, merupakan bahan ajar yang sesuai dan memerlukan pengujian lebih lanjut di ruang kelas besar untuk menentukan keefektifan pembelajaran.

Referensi

Agustina, R. S., Ansori, I., & Yani, A. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xi-Ipa3 Sman 1 Rejang Lebong. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 80-85.

Amala, F., & Habiddin, H. (2022). Pemahaman Konsep Dalam Topik Sifat Asam Basa Larutan Garam: Studi Pada Siswa Sma Di Blitar. Jurnal Zarah, 10(2), 91–100. https://doi.org/10.31629/zarah.v10i2.4321

Azwar, S. 2017. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gunter, T. Akkuzu, N. & Alpat, S. 2017. Understanding ‘Green Chemistry’ and ‘Sustainability’: an Example of Problem-Based Learning (PBL). Journal: Research in Science & Technological Education. 35(4), 500-520.

Lestari, A., Lestari, I., Tanjungpura, U., & Hadari Nawawi Pontianak, J. H. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Asam Dan Basa Development of Student Work Sheets Based on Discovery Learning on Acid and Basic Materials. Jurnal Zarah, 9(2), 117–124.

Listyarini, R. V. F. D. N Pamenang. dkk. 2019. The Integration of Green Chemistry Principles into Small Scale Chemistry Practicum for Senior High School Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(3), 371–378.

Maulana, M. P., Solikhin, F., & Dewi, K. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia Sman 3 Kota Bengkulu. Jurnal Zarah, 9(2), 75–82. https://doi.org/10.31629/zarah.v9i2.3110

Mulyanti, S., & Kadarohman, A. (2021, March). Students attitude towards green chemistry and its application. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012181). IOP Publishing.

Nurbaity, N. (2011). Pendekatan Green Chemistry Suatu Inovasi Dalam Pembelajaran Kimia Berwawasan Lingkungan. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 1(1), 13-21.

Rahmadansah, R., Haryanto, H., Sanova, A., Asrial, A., Yusnidar, Y., & Raidil, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Tai Berbantuan E-Lkpd Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Asam Basa. Jurnal Zarah, 10(1), 38–46. https://doi.org/10.31629/zarah.v10i1.4252

Rizkiana, Nurutami. 2016. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Minat Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran Di Kelas X Administrasi Perkantoran Smk Pasundan 3 Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia. repository.upi.edu.

Rosita, A., & Marwoto, P. 2014. Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning Berorientasi Green Chemistry Materi Hidrolisis Garam untuk Mengembangkan Soft Skill Konservasi Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 134-139.

Sanova, A., Afrida, Abu Bakar, & HR Yuniarccih. (2021). Pendekatan Etnosains Melalui Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Kimia Materi Larutan Penyangga. Jurnal Zarah, 9(2), 105–110. http://ojs.umrah.ac.id/index.php/zarah/article/view/3814

Tesfamariam, G., Lykknes, A., & Kvittingen, L. 2014. Small-scale chemistry for a hands-on approach to chemistry practical work in secondary schools: Experiences from Ethiopia. African Journal of Chemical Education, 4(3), 48-94.

Wahyuramdani, S. (2018). Pengaruh Modul Praktikum Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma (Doctoral Dissertation, Universitas Mataram).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-25

Terbitan

Bagian

Articles