PEMAHAMAN KONSEP DALAM TOPIK SIFAT ASAM BASA LARUTAN GARAM: STUDI PADA SISWA SMA DI BLITAR

Penulis

  • Faridah Amala Universitas Negeri Malang
  • Habiddin Habiddin Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31629/zarah.v10i2.4321

Kata Kunci:

pemahaman konsep, miskonsepsi, sifat asam basa larutan garam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pemahaman konsep dan miskonsepsi siswa pada topik sifat asam basa larutan garam di Kota Blitar. Penelitian ini dilakukan di 2 SMA Negeri di Blitar menggunakan instrumen soal four-tier yang terdiri dari 26 butir soal yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 43,95% siswa memiliki pemahaman konsep yang kuat pada topik sifat asam basa larutan garam. Sejumlah siswa juga masih mengalami miskonsepsi pada subtopik jenis garam yang mengalami hidrolisis, sifat larutan garam, dan gambar mikroskopik larutan garam. Kesalahan siswa dalam menentukan sifat garam disebabkan oleh kesulitan dalam menentukan sifat komponen penyusun garam.

Referensi

Chang, R. (2010). Chemistry (10th ed). McGraw-Hill.

Damayanti, K., & Susilogati, S. (2021). Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Hidrolisis Garam dalam Pembelajaran dengan Model Guided Inquiry. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia15(1), 2731 –2744. https://doi.org/10.15294/jipk.v15i1.22534

Febriani, G., Marfu’ah, S., & Joharmawan, R. (2018). Identifikasi Konsep Sukar, Kesalahan Konsep, dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Hidrolisis Garam Siswa Salah Satu Sma Blitar. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 3(2), 35–43. https://doi.org/10.17977/um026v3i22018p035

Gurel, D. K., Eryilmaz, A., & McDermott, L. C. (2015). A Review and Comparison of Diagnostic Instruments to Identify Students' Misconceptions in Science. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 11(5), 989–1008. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1369a

Gurmu, A. L. (2016). Early Chemistry Misconceptions: Status and Implication on Quality of Primary Education in Ethiopia. International Journal of Advanced Research in Chemical Science, 3(10), 36–43. https://doi.org/10.20431/2349-0403.0310004

Habiddin, H., Akbar, D. F. K., Husniah, I., & Luna, P. (2022). Descubriendo la comprensión de los estudiantes: Evidencia para la enseñanza de las propiedades ácido-base de la solución salina. Educación Química, 33(1), 64–76. https://doi.org/10.22201/FQ.18708404E.2022.1.79488

Habiddin, H., Akbar, D. F. K., Aziz, A. N., Hasan, H., & Mustapa, K. (2021). Developing a multi-tier instrument for chemistry teaching: A challenging exercise. AIP Conference Proceedings, 2330(1), 20001. https://doi.org/10.1063/5.0043285

Habiddin, H., & Nofinadya, S. A. (2021). The Multi-Tier Instrument in the Area of Chemistry and Science. In Insights Into Global Engineering Education After the Birth of Industry 5.0 (pp. 1–17). IntechOpen. https://doi.org/10.5772/intechopen.100098

Habiddin, H., Ameliana, D. N., & Su’aidy, M. (2020). Development of a Four-Tier Instrument of Acid-Base Properties of Salt Solution. JCER (Journal of Chemistry Education Research), 4(1), 51–57. https://doi.org/10.26740/jcer.v4n1.p51-57

Habiddin, H., & Page, E. M. (2019). Development and Validation of a Four-Tier Diagnostic Instrument for Chemical Kinetics (FTDICK). Indonesian Journal of Chemistry, 19(3), 720. https://doi.org/10.22146/ijc.39218

Habiddin, H., Atikah, A., Husniah, I., Haetami, A., & Maysara, M. (2021). Building scientific explanation: A study of acid-base properties of salt solution. AIP Conference Proceedings, 2330(1), 20047. https://doi.org/10.1063/5.0043215

Hidayah, U. L., & Supardi, K. I. (2018). Penggunaan Instrumen Lembar Wawancara Pendukung Tes Diagnostik Pendeteksi Miskonsepsi Untuk Analisis Pemahaman Konsep Buffer-Hidrolisis. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 12(1), 2705 –2785. https://doi.org/10.15294/jipk.v12i1.13299

Husniah, I., Sua'idy, M., Habiddin, H., & Nuryono. (2019). Validating a four-tier instrument to investigate students' conception of salt hydrolysis. Journal of Disruptive Learning Innovation (JODLI), 1(1), 6. http://dx.doi.org/10.17977/um072v1i12019p1-6

Irawati, R. K. (2019). Pengaruh Pemahaman Konsep Asam Basa terhadap Konsep Hidrolisis Garam Mata Pelajaran Kimia SMA Kelas XI. THABIEA : Journal of Natural Science Teaching, 2(1), 1. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i1.4090

Kaniawati, I., Fratiwi, N. J., Danawan, A., Suyana, I., & Suhendi, E. (2019). Analyzing Students' Misconceptions about Newton's Laws through Four-Tier Newtonian Test (FTNT). Journal of Turkish Science Education., 16(1), 110–122. https://doi.org/10.12973/tused.10269a)

Maratusholihah, N. F., Rahayu, S., & Fajaroh, F. (2017). Analisis Miskonsepsi Siswa SMA Pada Materi Hidrolisis Garam Dan Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(7), 919–926. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9645

Mujiwati. (2014). Identifikasi Pemahaman Konsep Materi Hidrolisis Garam Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Mejayan Kabupaten Madiun Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi Tidak Diterbtkan, Jurusan Kimia Universitas Negeri Malang, Malang.

Nabilah, N., Andayani, Y., & Laksmiwati, D. (2013). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Mataram Menggunakan One Tier Dan Two Tier Test Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. JURNAL PIJAR MIPA, 8(2). https://doi.org/10.29303/jpm.v8i2.80

Orwat, K., Bernard, P., & Mikulli, A.-M. (2017). Alternative Conceptions of Common Salt Hydrolysis Among Upper-Secondaryschool Students. Journal of Baltic Science Education, 16(1). 10.33225/jbse/17.16.64

Prianti, T., Susanti VH, E., & Indriyanti, N. Y. (2020). Misconceptions of High School Students in Salt Hydrolysis Topic Using a Three-Tier Diagnostic Test (TTDT). JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 5(1), 32. https://doi.org/10.20961/jkpk.v5i1.34502

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-07

Terbitan

Bagian

Articles