PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA SMAN 3 KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.31629/zarah.v9i2.3110Kata Kunci:
aktivitas belajar, hasil belajar, problem based learningAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi kesetimbangan kimia di SMA N 3 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri tiga siklus. Penelitian ini dilakukan di kelas XI MIPA 5. Instrumen yang digunakan adalah instrumen observasi, dan tes kognitif. Berdasarkan hasil pengamatan dari siklus I, siklus II, dan siklus III terjadinya kenaikan persentase aktivitas peserta didik dan ketuntasan peserta didik. Secara berturut-turut persentase aktivitas peserta didik adalah 32,37%, 55,25%, dan 84,76%. Sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik secara berturut-turut adalah 17%, 31,4% dan 82,8%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari persentase aktivitas dan ketuntasan hasil belajar sudah meningkat dan lebih dari 75%.
Referensi
Abanikannda, M. O. (2016). Influence of Problem-Based Learning in Chemistry on Academic Achievement of High School Students in Osun State, Nigeria. International Journal of Education, Learning and Development, 4(3), 55–63. www.eajournals.org
Al-Hariri, M. T., & Al-Hattami, A. A. (2017). Impact of students’ use of technology on their learning achievements in physiology courses at the University of Dammam. Journal of Taibah University Medical Sciences, 12(1), 82–85. https://doi.org/10.1016/j.jtumed.2016.07.004
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2018). Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara.
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19, 3(01), 123–140.
Eliyarti, E., Rahayu, C., & Zakirman, Z. (2020). Tinjauan Kontribusi Google Classroom Dalam Mendukung Perkuliahan Kimia Dasar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 32–39. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24299
Fuadi, A. S., & Muchson, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Masa Pandemi Covid 19 Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Kewirausahaan. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, September, 23–33.
Hendra, T., & Siti Saputri. (2020). Korelasi antara komunikasi dan pendidikan. Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab Dan Dakwah, 2(1), 51–63. https://doi.org/10.32939/ishlah.v2i1.21
Kaharuddin, A. (2019). Effect of Problem Based Learning Model on Mathematical Learning Outcomes of 6th Grade Students of Elementary School Accredited B in Kendari City. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(2), 43–46. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v1i2.14
Kusumah, W., & Dwitagama, D. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Indeks.
Latif, A. (2020). Tantangan Guru dan Masalah Sosial Di Era Digital. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(3), 613–621. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index
Mulyawati, Fitrianawati, M., & Rahya. (2007). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe STAD Pada Siswa Kelas I SD Negeri 1 Syamtalira Bayu. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan Dan Llmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan, 636–647.
Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646
Putri, N. E., Nirwana, H., & Syahniar, S. (2019). Hubungan kondisi lingkungan keluarga dengan hasil belajar siswa sekolah menengah atas. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 3(2), 98. https://doi.org/10.29210/02268jpgi0005
Sardiman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada.
Solikhin, F., Ikhsan, J., & Sugiyarto, K. H. (2019). A need analysis in developing virtual laboratory according to the chemistry teachers. Journal of Physics: Conference Series, 1156. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1156/1/012020
Widayati, A. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, VI(1), 87–93.
Zejnilagić-Hajrić, M., Šabeta, A., & Nuić, I. (2015). The Effects of Problem-Based Learning on Students’ Achievements in Primary School Chemistry. Bulletin of the Chemists and Technologists of Bosnia and Herzegovina, 44(c), 17–22.