MENINGKATKAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DENGAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI TERMOKIMIA DI KELAS XI IPA SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 2 TANJUNGPINANG

Penulis

  • Safrawita Chaidir SMAN 2 Tanjungpinang

DOI:

https://doi.org/10.31629/zarah.v9i1.2600

Kata Kunci:

google classroom, hasil belajar, termokimia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran online dengan menggunakan materi termokimia di Google Classroom. Penelitian dilaksanakan di SMAN 2 Tanjungpinang selama satu semester tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 sebanyak 38 siswa, dan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan selama dua siklus. Memperoleh data penelitian berdasarkan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan Google Classroom untuk pembelajaran online dapat meningkatkan efek belajar siswa. Pada tahap pertama prestasi belajar siswa mencapai 42,1% dan tahap kedua mencapai 89,4%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa penggunaan Google Classrom dalam pembelajaran online dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Referensi

Aziza, F. N., & Yunus, M. (2020). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Pada MasaStudy From Home Selama Pandemi Covid 19. Konferensi Nasional Pendidikan, 19–21.

Baser, A., & Rizal, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Google Classroom terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK di Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 2 Solok. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1).

Cintamulya, I. (2012). Peranan Pendidikan Dalam Mempersiapkan Sumber Daya di Era Informasi dan Pengetahuan. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 90–101.

Harefa, N., Tafonao, G. S., & Hidar, S. (2020). Analisis Minat Belajar Kimia Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 81–86.

Hatimah, I. (2016). Keterlibatan Keluarga Dalam Kegiatan Di Sekolah Dalam Perspektif Kemitraan. Pedagogia, 14(2), 290–297. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v14i2.3878

Hemayanti, L., Muderawan, W., & Selamat, N. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas XI MIA Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1).

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Muhasim. (2017). Pengaruh Tehnologi Digital terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Palapa, 5(2), 53–77. https://doi.org/10.36088/palapa.v5i2.46

Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50–59.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

R Zain, Ahmad A, N. S. (2015). Implementasi Standar Mutu dan Penjaminan Mutu e-Learning di Perguruan Tinggi. Universitas Janabadra.

Rajab, A., Masruhim, M. A., & Widiyowati, I. I. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa SMA Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together dengan Bantuan Media Papan Tempel Pada Pokok Bahasan Tata Nama Senyawa. 1(1), 39–44.

Wiyantiningsih, M. (2017). Peningkatan Mutu Pendidikan untuk Meningkatkan Daya Saing. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Zaharah, & Susilowati, A. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Modul Elektronik di Era Revolusi Industri 4.0. BIODIK. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22437/bio.v6i2.8950

Zubaedi. (2015). Desain Pendidikan Karakter (C. Design (ed.); 4th ed.). Jakarta: Kencana.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-23

Terbitan

Bagian

Articles