STUDI KUALITATIF PERKULIAHAN DARING MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL PjBL BERBASIS MOODLE PADA MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Banu Kisworo Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Mutiara Dwi Cahyani Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Dewiantika Azizah Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31629/zarah.v9i1.2463

Kata Kunci:

Moodle, Pandemi Covid-19, Project Based Learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan perkuliahan media pembelajaran kimia (MPK) berbasis moodle dengan menggunakan model PjBL di rumah selama masa wabah pandemic Covid-19 melanda di Indonesia dan respon mahasiswa terhadap pelaksanaan perkuliahanannya. Partisipan dalam penelitian ini sebanyak 18 mahasiswa program studi pendidikan kimia di Universitas Muhammadiyah Cirebon. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner terbuka online dalam format google form dan diisi secara online oleh mahasiswa. Analisis data dilakukan dengan analisis isi (content analysis). Dua tema yang muncul dalam data adalah pelaksanaan dan respon perkuliahan media pembelajaran kimia berbasis moodle menggunakan model pembelajaran PjBL. Hasil penelitian ini menunjukkan Perkuliahan media pembelajaran kimia berbasis moodle dengan menggunakan model PjBL efektif untuk penguasan konsep  dan mahasiswa merespon secara positif sebagai model pembelajaran di rumah. Kesimpulan dalam penelitian ini model PjBL berbasis moodle sangat sesuai diterapkan pada perkuliahan Media Pembelajaran Kimia dengan sistem online selama masa pandemic Covid-19, karena dapat menguatkan kemampuan mahasiswa dalam berpikir kritis, analitis, kreatif dan produktif.

Referensi

Arisudawan, K., Santyadiputra, G. S., ST, M. C., & Sindu, I. G. P. (2017). Pengembangan e-modul Mata Pelajaran Rancang Bangun Jaringan Berbasis Project Based Learning Kelas XI di SMK Negeri 3 Singaraja. Karmapati (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 6(3), 374-385.

Chiang, CL.,Lee, H. 2016. The Effect of Project Based Learning on Learning Motivation and Problem-Solving Ability of Vocational High School Students. International Journal of Information and Education Technology. Vol. 6 (9). DOI: 10.7763/IJIET.2016.V6.779

Mergendoller JR, Markham T, Ravitz J, and Lahmer J. 2006. Pervasive Management of Project Based Learning: Teacher as Guided and Facilitators. Editor : Evertson CM dan Weinstein CS, Handbook of Classroom Management Research, Practice dan Contemporary Issues. Newe Jersey : Lawrence Erlbaum Associates Inc.

Mwalumbwe, I ., Mtebe, JS. 2017. Using Learning Analytics To Predict Students’performance Inmoodle Learning Management System:Acase Of Mbeya University Of Science And Technology. The Electronic Journal Of Information Systems In Developing Countries. 79(1),1-13

Pratama, H., & Prastyaningrum, I. (2016). Pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan media pembelajaran pembangkit listrik tenaga mikrohidro terhadap kemampuan berpikir kritis. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 6(2), 44-50.

Retno., A.Martoprawiro, Muhammad. (2017). Peran Moodle Dalam Meningkatkan Penguasan Konsep Dan Praktikum Kimia. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan. 23(1), 23-28.

Siddiq,F., Gochyyev, P., Wilson, M. 2017. Learning in Digital Networks – ICT literacy: A novel assessment of students' 21st century skills. Computers & Education. Volume 109, P. 11-37.

Sudianto., Dwijanto., N.R. Dewi. 2019. Students’ Creative Thinking Abilities and Self-Regulated Learning on Projject-Based Learning with LMS Moodle. Unnes Journal of Matemathics Education Research. 8(1),10-17

Susilo, G., & Pancarani, N. (2020). Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Mata Kuliah Kalkulus Lanjut Era Pandemi Covid-19. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 37-48.

Titu, Maria Anita. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Materi Konsep Masalah Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional.9 Mei 2015.

Novitasary, V., Cahyani, D., & Mulyani, A. (2018). Penggunaan Homework Berbasis Home Science Process Skill (HSPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan Kelas VII di SMPN 1 Dukupuntang. Jurnal Ilmu Alam Indonesia, 1(1), 14-25.

Yeou, M. (2016). An investigation of students’ acceptance of Moodle in a blended learning setting using technology acceptance model. Journal of Educational Technology Systems, 44(3), 300-318.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-23

Terbitan

Bagian

Articles