PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MELALUI KEGIATAN FUN CHEMISTRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DI SMK
DOI:
https://doi.org/10.31629/zarah.v9i1.2461Kata Kunci:
Fun chemistry, keterampilan proses sains, pembelajaran berbasis proyekAbstrak
Model pembelajaran berbasis proyek yang menjadikan peserta didik sebagai pusat pembelajaran sangat diperlukan dalam pembelajaran kimia, sehingga peserta didik menjadi lebih aktif dan berdampak pada peningkatan keterampilan proses sains. Model Pembelajaran berbasis proyek melalui kegiatan fun chemistry diharapkan dapat membuat pembelajaran kimia menjadi lebih menyenangkan, kemudian peserta didik menjadi lebih aktif, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar dan keterampilan proses sains. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMK Analis Kimia YPPT Majalengka 2017/2018. Langkah-langkah yang dilaksanakan dalam model PjBL meliputi penentuan pertanyaan, perancangan proyek, penyusunan jadwal, monitor setiap kemajuan proyek, presentasi hasil dan penilaian serta evaluasi. Penguasaan konsep materi yang menghasilkan prestasi peserta didik diukur melalui teknik One Group Pretest and Postest Design, kemudian tingkat efektivitas pembelajaran diamati pada tiap tahap pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek sesuai dengan sintaksnya dan aspek kinerja digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik sebesar 40,7% dan meningkatkan kinerja peserta didik pada setiap tahapan proses sains yang dilakukan.
Referensi
Ardianti, S.D, Wanabuliandari, S. dan Rahardjo S. (2017). Peningkatan Perilaku Peduli Lingkungan dan Tanggung Jawab Siswa melalui Model EJAS dengan Pendekatan Science Edutainment. Jurnal Pendidikan Dasar. 4(1), 1-7.
Azhari (2013). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematik Siswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Banyuasin III. Jurnal Pendidikan Matematika. 7(2), 1-11
Daryanto (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media
Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Fiksl, M., Flogie, A., dan Aberšek, B. (2017). Innovative teaching/learning methods to improve science, technology and engineering classroom climate and interest. Journal of Baltic Science Education, 16(6), 1009-1019.
Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Mutakinati, L., Anwari, I., dan Yoshisuke K. (2018). Analysis of Student’s Critical Thinking Skill of Middle School Through STEM Education Project-Based Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 7(1), 54-65.
Nurogo, L.J. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMK Muhammadiyah Prambanan. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta:Yogyakarta.
Priatna, I.K., Putrama, I.M., dan Divayana, D.G.H. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi Untuk Siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual Di SMA Negeri 1 Sukasada, Jurnal Nasional Teknik Informatika (JANAPATI). 6(1), 70-78.
Shofatun, A., Ibrahim M., dan Wasis. (2016). Pembelajaran IPA Terpadu Melalui PjBL Dalam Melatihkan Academic dan Social Skill Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 6(1), 1150-1158.
Siwa, I. B., dan Muderawan, I. W. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pembelajaran Kimia Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. 3, 1-13.
Suhanda dan Sugeng, S. (2018). Penerapan Pembelajaran Kimia Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Purworejo. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 12(2), 2137-2148.
Susanti (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Sikap Ilmiah Siswa Pada Materi Nutrisi. Jurnal Pengajaran MIPA, 18(1), 36-42.
Trifilova, A., Bessant, J., dan Alexander, A. (2016). Innovating innovation management teaching. Proceeding of The XXVII ISPIM Innovation Conference, Porto, Portugal.