EFEKTIVITAS KARTU CHEMMATCH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR

Penulis

  • Erlia Yudha Universitas Negeri Surabaya
  • Rusly Hidayah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31629/zarah.v11i2.2217

Kata Kunci:

media pembelajaran, ChemMatch, Efektivitas

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kartu ChemMatch sebagai media pembelajaran pada materi sistem periodik unsur. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap define, design, develop, dan disseminate. Namun dalam penelitian ini hanya pada sampai tahapan develop. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Puri Mojokerto dan diujicobakan kepada 30 peserta didik kelas X IPA menggunakan pretest-posttest desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kartu ChemMatch efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada materi sistem periodik unsur. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil rata-rata n-gain sebesar 0,73 dengan kategori tinggi.

Referensi

Akkuzu, N., & Uyulgan, M. A. (2016). How to Improve Students Comprehension concerning the Major Terms of Functional Groups? In the Experiment of OrCheTaboo Game. International Journal of Higher Education, 5 (2), 196-212.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Attaqiana, M. R., Saptorini, & Binadja, A. (2016). Pengembangan Media Permainan Truth and Dare Bervisi SETS guna Memotivasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10 (2), 1798-1806.

Curran, Lorna. (1994). MetodePembelajaran Make a Match. Jakarta: PustakaBelajar.

Hake, R. (1998). Analyzing Change/Gain Scores. merican Education Research Association’s Devision.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kean, Elizabeth dan Middlecamp, Catherine. (1985). A Survival Manual for General Chemistry (Panduan Belajar Kimia Dasar). Penerjemah: A. Hadyana Pudjaatmaka. Jakarta: Gramedia

Ihsan, F. H. (2005). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Indiatiningsih. (2017). Penggunaan Media Plastisin untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa . Jurnal Zarah, 5 (1), 5-13.

Marliza, R., & Sanjaya, R. E. (2015). Pengaruh Permainan Make a Match Berbasis Metode Chemo-Edutainment terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 2 (2), 117-127.

Parnawi, A. (2019). Psikologi Belajar. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Permendikbud no 22 Tahun 2016.

Sadiman, A. S. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan,dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Thiagarajan, S. S., S, D., & Semmel, M. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indianan University Bloomington.

Wahyuni, E. S., & Hidayah, R. (2016). Pengembangan Permainan Chem Quartet sebagai Media Pembelajaran pada Materi Sistem Periodik Unsur. Unesa Journal of Chemical Education, 5 (1), 83-91.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Yaumi, M. (2017). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran Disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-18

Terbitan

Bagian

Articles