DESAIN DAN UJI COBA E-BOOK DENGAN PENDEKATAN DILEMMAS STORIES PADA MATERI REAKSI REDUKSI OKSIDASI
DOI:
https://doi.org/10.31629/zarah.v8i1.1990Kata Kunci:
Kvisoft Flipbook, Pendekatan Dilemmas Stories, Reaksi Reduksi-Oksidasi, E-BookAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi karena terbatasnya sumber belajar mandiri peserta didik. Untuk itu dalam penelitian ini dirancang desain dan uji coba e-book dengan pendekatan dilemmas stories menggunakan software kvisoft flipbook pada materi reaksi reduksi-oksidasi. Penelitian ini dilakukan di SMA PGRI Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan modifikasi model 4D menjadi 3D dengan tahap Pendefinisian (define), Perancangan (design), dan Pengembangan (development). E-book ini terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh 2 orang dosen dan di uji praktikalitas oleh 2 orang guru dan juga angket respon peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan lembar angket yang dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh persentase penilaian pada validasi media oleh ahli materi dan ahli media sebesar 84.82% dengan kriteria penilaian sangat valid, dan persentase penilaian pada uji praktikalitas peserta didik dan guru sebesar 83.33% dengan kriteria penilaian sangat praktis. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-book dengan pendekatan dilemmas stories pada materi reaksi reduksi-oksidasi dinyatakan valid dan praktis sehingga dapat di uji cobakan selanjutnya, serta dengan menggunakan media ini diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya pada materi reaksi reduksi oksidasi.
Referensi
Astutik T.P., Farianti & Herunata, 2017, Identifikasi Konsep Sukar dan Kesalahan Konsep Reaksi Redoks. Jurnal zarah. 5(1). 22-28.
Chang, R. (2004). Kimia Dasar: Konsep- Konsep Inti. Jakarta: Erlangga
Divayana, D.G.H., P. Wayan A.S., & Agus A, (2018). Pelatihan Pembuatan Buku Digital Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Bagi Para Guru Di SMK TI Udayana. Jurnal Pendidikan. 1(2). 31-44
Elfrida, E. Tritiyatma H., & Yuli, R. (2017), Studi Pendekatan Dilemmas Stories pada Materi Hidrolisis Garam dengan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(2). 91-100.
Hafi N.N., & Supardiyono. (2018). Pengembangan Buku Saku Fisika dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 7(2).306-310
Harianto, A., Suryati & Yusran, K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Andoid untuk Penumbuhan Literasi Sains Siswa pada Materi Reaksi Redoks dan Elektrokimia, Jurnal Kependidikan Kimia, 5(2). 35-47.
Hasbiyati, H. (2017). Penerapan Media E-Book Berekstensi EPUB untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA, Jurnal Pena Sains. 4(1). 16-21
Jannah, N., Noor, F., & Lisa, T. (2017). Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Fenomena Kehidupan Sehari- Hari Tentang Pemisahan Campuran, Jurnal pendidikan dan pembelajaran kimia, .6(1).186-198
Juniar A., dkk. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Berorientasi PBL (Problem Baset Learning), Jurnal Science & Technology (ST), 2(1). 259-263.
Kholifah, S. (2017). Pengembangan E-Book dengan Software Kvisoft Flipbook Maker untuk Pembelajran Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Di STEKOM Semarang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi. 2(2). 70-78
Lestari, L., Heffi, A., & Yosi, L.R. (2018). Validasi dan Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP). 2(2). 170-177.
Mentari, D. (2018). Pengembangan media pembelajaran e-book berdasarkan hasil riset elektroforesis 2-D untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif mahasiswa, journal of science education. 2(2). 131-134
Miterianifa. (2015). Strategi Pembelajaran Kimia. Pekanbaru: Suska Press
Muhaimin, A.B. & Efry,M. (2016). Pengembangan Bahan Ajar e-Book Berbasis Metakognisi Menggunakan 3D Page Flip pada Materi Reaksi Redoks Di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Muaroh Jambi. Jurnal.Indo.Soc. Integ.Chem. 8(1). 32-40.
Mulyaningsih N.N., & Dandan, L.S. (2017). Penerapan Pembelajaran Digital Book dengan Kvisoft Flipbook Maker, Jurnal Pendidikan Fisika. 5(1). 25-32
Mulyatiningsih E. (2014). Metode Penelitian Terapan. Bandung: Alfa Beta
Nugraha D.A., & Wasis. (2014). Pengembangan Media E-Book Interaktif Bilingual Pada Materi Pokok Kalor Untuk SMA Kelas X. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 3(1). 1-7
Rahmawati, Y. (2018). Peranan Transformative Learning dalam Pendidikan Kimia: Pengembangan Karakter, Identitas Budaya, dan Kopetensi Abad Ke- 21, Jurnal riset pendidikan kimia. 8(1). 1-16
Ramayulis. (2015). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia
Salyani, R. (2018). Pengembangan Buku Saku pada Materi Reaksi Reduksi-Oksidasi (Redoks) di MAN Model Banda Aceh. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA. 2(1). 7-14
Suryani, W. & Sukarmin. (2012). Pengembangan E-Book Interaktif pada Materi Pokok Elektrokimia Kelas XII SMA. Journal Of Chemical Education. 1(2). 54-62