Identifikasi Konsep Sukar dan Kesalahan Konsep Reaksi Redoks
DOI:
https://doi.org/10.31629/zarah.v5i1.155Abstrak
Tujuan pembelajaran kimia adalah siswa dapat memahami konsep kimia. Reaksi redoks merupakan salah satu konsep kimia bersifat abstrak dan berjenjang yang diperlukan dalam mempelajari konsep lebih kompleks. Kesukaran siswa dalam mempelajari konsep dapat menimbulkan konsep sukar dan kesalahan konsep. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi: konsep sukar dan kesalahan konsep yang dialami siswa. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah tes diagnostik sebanyak 14 butir soal tes pilihan ganda, 5 pilihan jawaban disertai alasan jawaban, dan diperkuat hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Konsep sukar adalah (a) reaksi oksidasi berdasarkan penggabungan dan pelepasan oksigen; (b) reaksi reduksi berdasarkan transfer elektron; (c) oksidator; (d) reduktor; dan (e) bilangan oksidasi, dan (2) Jenis kesalahan konsep yang dialami siswa adalah siswa menganggap: (a) oksidator mengalami peningkatan bilangan oksidasi; (b) reduktor adalah zat yang mengalami reaksi reduksi; (c) bilangan oksidasi ion monoatomik tidak sama dengan muatan ionnya dan angka indeks menunjukkan bilangan oksidasi; dan (d) reaksi redoks apabila terjadi perubahan muatan pada ion poliatomik menjadi senyawa.
Kata kunci: konsep sukar, kesalahan konsep, reaksi redoks