PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER TEST PADA KONSEP ATOM, ION, DAN MOLEKUL
DOI:
https://doi.org/10.31629/zarah.v8i1.1349Kata Kunci:
abstrak, konsep dasar, miskonsepsi, three tier testAbstrak
Atom, ion, dan molekul merupakan salah satu konsep dasar kimia yang bersifat abstrak dan saling berkaitan dengan konsep lainnya, serta menitikberatkan pada definisi konsep dan perhitungan. Hal tersebut menimbulkan adanya miskonsepsi. Peserta didik yang mengalami miskonsepsi pada konsep tersebut, maka akan kesulitan memahami konsep selanjutnya seperti persamaan reaksi, tata nama senyawa, stoikiometri, serta ikatan kimia. Miskonsepsi perlu diatasi agar pengajar dapat menghindari kesalahan pada proses pembelajaran yang menekankan pada konsep yang dianggap sulit. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan instrumen untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik. Instrumen three tier test dinyatakan valid dan reliabel, serta dapat mengetahui tingkat konsepsi peserta didik. Hasil uji CVR melebihi 0,49 dan nilai cronbach’s alpha 0,842. Tingkat konsepsi peserta didik yaitu 43,72% memahami konsep, 13,32% kurang memahami, 8,92% miskonsepsi negatif, 12,70% miskonsepsi positif, dan 17,93% miskonsepsi.
Referensi
Ardiansah. (2014). Miskonsepsi Guru SMA Negeri Pada Materi Ikatan Kimia Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Untan, 1-18.
Ardiansah. (2016). Identifikasi Konsep Alternatif Pada Guru Kimia, Sebuah Kajian Literatur. Seminar Nasional Pendidikan Sains (pp. 49-54). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: PT. Bumi Akasara.
Brady, J. E. (1999). Kimia Universitas Asas dan Struktur. Jakarta: Binarupa Aksara
Chandrasegaran, A., Treagust, D.F., & Mocerino, M. (2007). The development of a two-tier multiple-choice diagnostic instrument for evaluating secondary school students’ ability to describe and explain chemical reactions using multiple levels of representation. Educational research , 293-307.
Hakim, et al. (2012). Student Concept Understanding of Natural Products Chemistry in Primary and Secondary Metabolites Using the Data Collecting Technique of Modified CRI. International Online Journal of Education Sciences, 544-553.
Kaltakci, D. (2007). Identification of Pre-Service Physics Teachers’ Misconceptions on Gravity Concept: A Study with a 3-Tier Misconception Test. Proceedings of American Institute of Physics
Kamilah, D. S. (2011). Pengembangan Three-Tier Test Digital Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Pada Konsep Fluida Statis. EDUSAINS, 212-220.
Kirbulut. (2014). Using Three Tier Diagnostic Test to Assess Students Misconceptions of States of Matter. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education.
Lawshe. (1975). A Quantitative Approach to Content Validity. Personnel Psychology. 563-575.
MilenkovicÃŒÂÂ, D. D. (2016). Development of a Three-Tier Test as a Valid Diagnostic Tool for Identiï¬ÂÂcation of Misconceptions Related to Carbohydrates . Journal Of Chemical Education, 1514−1520.
Mubarak, S. (2016). Pengembangan Tes Diagnostik Three Tier Multiple Choice untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Kelas XI. Journal of Innovative Science Education, 101-110.
Mustaqim, T. A. (2014). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dengan Menggunakan Metode Certainty of Respon Index (CRI) Pada Konsep Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan. EDUSAINS, 146 - 152 .
Pesman, H. (2010). Development of a Three-Tier Test to Assess Misconceptions About Simple Electric Circuits. The Journal of Educational Research.
Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo.
Winarni, S., & Syahrial. (2016). Miskonsepsi Kimia yang Disebabkan Pernyataan Nonproposisi. Jurnal Pendidikan Sains , 122-129.
Wisudawati, A. W. (2015). Pengembangan Instrumen Three Tier Test Untuk Mengidentifikasi Representasi Tingkat Mikroskopis Perubahan Wujud Air Sebagai Alternatif Assesment Integrasi Islam Sains. Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia VII (pp. 1-13). Surakarta: Prodi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan MIPA FKIP UNS.