IMPLEMENTASI E-LKPD LIVEWORKHSEETS BERMUATAN ETNOKIMIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Penulis

  • Fitriyani Ginting Universitas Samudra

Kata Kunci:

Berpikir kritis

Abstrak

dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada materi asam basa dengan menggunakan media aplikasi Liveworksheets dan respons siswa terhadap implementasi E-LKPD Liveworksheets bermuatan etnokimia . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain penelitian nonequivalent control group design menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Langsa sebanyak 2 kelas dengan jumlah 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi media aplikasi Liveworksheets signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Terlihat pada rata-rata n-gain untuk kelas eksperimen (pembelajaran E-LKPD menggunakan Liveworksheets  bermuatan etnokimia) sebesar  0,70 termasuk dalam kategori tinggi, sementara n-gain untuk kelas kontrol (pembelajaran konvensional) sebesar 0,47 termasuk dalam kategori sedang. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji mann whitney menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,003  yang lebih kecil dari 0,05,  yang menunjukkan terdapat perbedaan  signifikan kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil angket respon peserta didik diperoleh persentase rata-rata 84,3% (sangat baik) terhadap implementasi  media pembelajaran E-LKPD Liveworksheets bermuatan etnokimia. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa  E-LKPD menggunakan Liveworksheets  bermuatan etnokimia dapat meningkatkan kemampuan berpikir ktitis siswa dalam materi asam basa

Referensi

Amalia, N. F., & Susilaningsih, E. (2014). Pengembangan instrumen penilaian keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi asam basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2), 1380-1389. https://doi.org/10.15294/jipk.v8i2.4443

Amtonis, J. S. (2022). E-LKPD dan Literasi Lingkungan Pada Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0: Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0, Literasi Lingkungan, E-LKPD, dan Hubungan antara E-LKPD, Literasi Lingkungan pada Pendidikan Revolusi 4.0. Jurnal Koulutus, 5(1), 71-80. https://ejournal.ukk.ac.id/index.php/koulutus/article/view/786

Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi 4c (communication, collaboration, critical thinking dancreative thinking) untukmenyongsong era abad 21. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), i-xiii.

Astini, N. K. S. (2022). Tantangan Implementasi Merdeka Belajar pada Era New Normal Covid-19 dan Era Society 5.0. Jurnal Lampuhyang, 13(1), 164–180. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v13i1.298

Fatimah, F. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Imtaq Pada Materi Pokok Sistem Pertahanan Tubuh Untuk Siswa Kelas XI SMAN Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Habsyi, R., R. M. Saleh, R., & Isman M. Nur. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Guided Dicovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.51574/kognitif.v2i1.385

Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. (2021). Efektifitas LKPD elektronik sebagai media pembelajaran pada masa pandemi covid-19 untuk guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.668

Junita, I. W., & Yuliani, Y. (2022). Pengembangan e-LKPD Berbasis Etnosains untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Pada Materi Transpor Membran. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 356-367. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p356-367

Kahar, M. I., Cika, H., Afni, N., & Wahyuningsih, N. E. (2021). Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 di Masa Pandemi Covid 19. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), 58– 78. https://doi.org/10.24239/moderasi.Vol2.Iss1.40

Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1-12 http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193

Kiswanto, R. A., Wardani, S., Sudarmin, M. S., & Nurhayati, S. (2024). Pengembangan E-LKPD Bermuatan STEM Terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Koloid. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 2(1), 10-23. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i1.305

Maisyarafina. (2023). Pengembangan E-LKPD Bermuatan Etnokimia Menggunakan Liveworksheets Pada Materi Asam dan Basa di Kelas XI SMA. Skripsi.

Margaretha, L. (2024). Pengembangan E-LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi fungsi eksponen (Doctoral dissertation, Pendidikan Matematika).

Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019, October). Problem based learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 1(924-932).

Melania, I., Pantjawati, A. B., & Mulyanti, B. (2021). Development of Student Worksheet for Infrared Technology Material Using Project Based Learning and Science Technology EngineeringMathematics Learning Model. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 520(Tvet 2020), 240–243 http://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.210203.125

Nada, Q., Zaini, M., Ajizah, A. (2022). Implementasi e-LKPD liveworksheets archaebacteria dan eubacteria: Pengaruhnya terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X MIPA. Practice of the Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 1(2), 88-96. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v1i2.2

Nissa, I. C., Rika, B., Febrilia, A., & Astutik, F. (2021). Live worksheets matematika: dalam perspektif siswa menurut model motivasi ARCS. Semi-nar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (6th SENATIK), 266–273.

Prihandono, T., Supriyono, A., Meilina, I. L., & Ernasari, E. (2023). Penerapan E-LKPD Interaktif Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheets untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pembelajaran Fisika, 12(3), 114-126. https://doi.org/10.19184/jpf.v12i3.43462

Saputri, A. E., & Susilowibowo, J. (2020). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Manufaktur. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(2), 154–162. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i2.26269

Supariyadi, T., Mahfud, I., & Aguss, R. M. (2022). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi Belajar Penjas Tahun 2021. J. Arts Educ, 2(2), 60-71. https://doi.org/10.33365/jae.v2i2.109

Widodo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 189- 204

Diterbitkan

2025-09-14

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

IMPLEMENTASI E-LKPD LIVEWORKHSEETS BERMUATAN ETNOKIMIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. (2025). Jurnal Zarah, 13(2), 92-99. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/zarah/article/view/7604