IMPLEMENTASI E-LKPD LIVEWORKHSEETS BERMUATAN ETNOKIMIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Keywords:
Berpikir kritisAbstract
dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada materi asam basa dengan menggunakan media aplikasi Liveworksheets dan respons siswa terhadap implementasi E-LKPD Liveworksheets bermuatan etnokimia . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain penelitian nonequivalent control group design menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Langsa sebanyak 2 kelas dengan jumlah 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi media aplikasi Liveworksheets signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Terlihat pada rata-rata n-gain untuk kelas eksperimen (pembelajaran E-LKPD menggunakan Liveworksheets bermuatan etnokimia) sebesar 0,70 termasuk dalam kategori tinggi, sementara n-gain untuk kelas kontrol (pembelajaran konvensional) sebesar 0,47 termasuk dalam kategori sedang. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji mann whitney menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,003 yang lebih kecil dari 0,05, yang menunjukkan terdapat perbedaan signifikan kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil angket respon peserta didik diperoleh persentase rata-rata 84,3% (sangat baik) terhadap implementasi media pembelajaran E-LKPD Liveworksheets bermuatan etnokimia. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD menggunakan Liveworksheets bermuatan etnokimia dapat meningkatkan kemampuan berpikir ktitis siswa dalam materi asam basa
References
Amalia, N. F., & Susilaningsih, E. (2014). Pengembangan instrumen penilaian keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi asam basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2), 1380-1389. https://doi.org/10.15294/jipk.v8i2.4443
Amtonis, J. S. (2022). E-LKPD dan Literasi Lingkungan Pada Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0: Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0, Literasi Lingkungan, E-LKPD, dan Hubungan antara E-LKPD, Literasi Lingkungan pada Pendidikan Revolusi 4.0. Jurnal Koulutus, 5(1), 71-80. https://ejournal.ukk.ac.id/index.php/koulutus/article/view/786
Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi 4c (communication, collaboration, critical thinking dancreative thinking) untukmenyongsong era abad 21. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), i-xiii.
Astini, N. K. S. (2022). Tantangan Implementasi Merdeka Belajar pada Era New Normal Covid-19 dan Era Society 5.0. Jurnal Lampuhyang, 13(1), 164–180. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v13i1.298
Fatimah, F. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Imtaq Pada Materi Pokok Sistem Pertahanan Tubuh Untuk Siswa Kelas XI SMAN Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Habsyi, R., R. M. Saleh, R., & Isman M. Nur. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Guided Dicovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.51574/kognitif.v2i1.385
Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. (2021). Efektifitas LKPD elektronik sebagai media pembelajaran pada masa pandemi covid-19 untuk guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.668
Junita, I. W., & Yuliani, Y. (2022). Pengembangan e-LKPD Berbasis Etnosains untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Pada Materi Transpor Membran. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 356-367. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p356-367
Kahar, M. I., Cika, H., Afni, N., & Wahyuningsih, N. E. (2021). Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 di Masa Pandemi Covid 19. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), 58– 78. https://doi.org/10.24239/moderasi.Vol2.Iss1.40
Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1-12 http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193
Kiswanto, R. A., Wardani, S., Sudarmin, M. S., & Nurhayati, S. (2024). Pengembangan E-LKPD Bermuatan STEM Terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Koloid. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 2(1), 10-23. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i1.305
Maisyarafina. (2023). Pengembangan E-LKPD Bermuatan Etnokimia Menggunakan Liveworksheets Pada Materi Asam dan Basa di Kelas XI SMA. Skripsi.
Margaretha, L. (2024). Pengembangan E-LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi fungsi eksponen (Doctoral dissertation, Pendidikan Matematika).
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019, October). Problem based learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 1(924-932).
Melania, I., Pantjawati, A. B., & Mulyanti, B. (2021). Development of Student Worksheet for Infrared Technology Material Using Project Based Learning and Science Technology EngineeringMathematics Learning Model. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 520(Tvet 2020), 240–243 http://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.210203.125
Nada, Q., Zaini, M., Ajizah, A. (2022). Implementasi e-LKPD liveworksheets archaebacteria dan eubacteria: Pengaruhnya terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X MIPA. Practice of the Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 1(2), 88-96. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v1i2.2
Nissa, I. C., Rika, B., Febrilia, A., & Astutik, F. (2021). Live worksheets matematika: dalam perspektif siswa menurut model motivasi ARCS. Semi-nar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (6th SENATIK), 266–273.
Prihandono, T., Supriyono, A., Meilina, I. L., & Ernasari, E. (2023). Penerapan E-LKPD Interaktif Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheets untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pembelajaran Fisika, 12(3), 114-126. https://doi.org/10.19184/jpf.v12i3.43462
Saputri, A. E., & Susilowibowo, J. (2020). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Manufaktur. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(2), 154–162. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i2.26269
Supariyadi, T., Mahfud, I., & Aguss, R. M. (2022). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi Belajar Penjas Tahun 2021. J. Arts Educ, 2(2), 60-71. https://doi.org/10.33365/jae.v2i2.109
Widodo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 189- 204
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Zarah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.