EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL BELAJAR LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN MEDIA AJAR CHEMDRAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GUGUS FUNGSI
DOI:
https://doi.org/10.31629/zarah.v10i2.4488Keywords:
Aplikasi belajar Chemdraw, model belajar Learning cycle 5E, materi ajar gugus fungsiAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya dominasi penggunaan metode ceramah, tanpa bantuan media pembelajaran terkhusus pada pembelajaran kimia organik di SMA Negeri 4 Kisaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Learning cycle 5E berbantuan media Chemdraw dan model Learning cycle 5E berbantuan media PPT pada materi turunan senyawa hidrokarbon dan gugus fungsi di kelas XII, serta menguji efektivitas media Chemdraw apabila di perbantukan dengan model Learning cycle 5E. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Learning cycle 5E berbantuan media Chemdraw dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Learning cycle 5E berbantuan media PPT pada materi senyawa turunan hidrokarbon dan gugus fungsi. Hal ini dilihat dari hasil uji mann whitney dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,001<0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Serta perolehan nilai posttest dari kelas eksperimen sebesar 86,6, lebih unggul dibandingkan kelas kontrol dengan perolehan nilai posttest sebesar 80,2. Media Chemdraw termasuk media yang cukup efektif diperbantukan dengan model belajar Learning cycle 5E dengan nilai N-gain Score sebesar 0,538 yang termasukdalam kategori sedang.
References
Apriliyanti, E. I. (2015). Perbedaan Hasil Belajar Larutan Penyangga Siswa Kelas XI MAN Malang 1 antara Siswa yang Diajar Menggunakan Model Learning cycle 5E dengan yang Diajar Menggunakan Learning cycle 5E Berbantuan Media Animasi. Tesis. Universitas Negeri Malang.
Fitriani, A., Danial, M., dan Wijaya, M. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Pada Model Discovery Learning Terhadap Hasil Bealajar Kimia Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Bungoro (Studi Pada Materi Pokok Ikatan Kimia). Jurnal Chemica. 15(2), 114-122.
Hayati, S., Budi, A.S., dan Handoko, E. (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seinar Nasional Fisika (E-Journal),4,SNF2015-II.Retrieved from Https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/4810
Maryadi. (2020). Membandingkan Hasil Uji Statistik Parametrik Dan Nonparametrik (Studi Kasus:Pelaksanaan Kebijakan Pengendalian Dana IDLE Pemerintahan Daerah). Journal Of Applied Managerial Accounting. 4(1), 142-149.
Ningsih, F. L. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Dengan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kerjasama Siswa Pada Materi Stoikiometri Di Sma Negeri 1 Tanjung Pura. Tesis. Universitas Negeri Medan.
Noor, J. (2011). Metodelogi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi Dan Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: Kencana.
Nuranisa., I. Y., Iriani, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Chemsketch Dengan Metode Resitasi Terhadap Hail Belajar Pada Materi Hidrokarbon. JCEA. 4(1), 24-33.
Rahmah, O. M. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa (Eksperimen Pada Sekolah Menegah Atas Negeri Di Kabupaten Tangerang). Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIA. 2(1), 39-49.
Rezeki, D. P., Hasan, M., dan Haji, A. G. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Learning cycle 5E Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Sikap Peserta Didik SMAN 1 Krueng Barona Jaya. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 13(1), 19-26.
Saputri,A. D., Medriati, R., dan Rohadi, N. (2018). Penerapan Model Learning Cycle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Usaha Dan Energi Di Kelas X MIA 3 MAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika. 1(1), 7-12.
Silitonga, P.M. (2014). Statistik Dan Aplikasi Dalam Penelitian. Medan : FMIPA UNIMED.
Stephanie Lahallo, C. A., Cahyawan Wiranatha, A. A. Kt. Agung., dan Arya Sasmit, I. G. M. (2016). Media Pembelajaran Molymod Senyawa Hidrokarbon Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. MERPATI. 4(2), 123-134.
Suhanda., dan Suryanto, S. (2020). Peningkatan Pemahaman Siswa Pada Konsep Senyawa Turunan Alkana Melalui Learning cycle 5E Berbantuan Peta Konsep. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 14(2), 2652 – 2664.
Suranto., dan Apriliani, Defi. (2011). Analisis Perbedaan Mental Wirausaha Mahasiswa Dengan Non Parametrik. Jurnal Ilmiah Teknik Industri. 10(1), 35-41.
Utami, H.H., Sulfikar., dan Anwar, M. (2017). Pengaruh Chemsketch Dalam Penulisan Struktur Kimia Pada Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa (Materi Pokok Ikatan Kimia). Jurnal Penelitian Pendidikan Insani. 20(2), 96-100.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Zarah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.