PENGEMBANGAN E-MODUL TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS SETS PADA MATERI SISTEM KOLOID
DOI:
https://doi.org/10.31629/zarah.v10i2.4477Keywords:
e-modul, pendekatan SETS, pendidikan karakter, sistem koloidAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya penggunaan bahan ajar dalam proses pembelajaran serta kurangnya perhatian peserta didik terhadap lingkungan dan sesama. Kemampuan peserta didik dalam menghubungkan materi dengan teknologi, lingkungan, dan masyarakat juga menjadi tuntutan dalam pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas, dan respon peserta didik terhadap e-modul pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Labuhan Deli. Populasi dalam penelitian ini adalah guru, peserta didik dan dosen. Sampel dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling sebanyak satu kelas yakni kelas XI MIPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan dinyatakan valid oleh validator ahli dengan kriteria “Sangat Layakâ€Â. Kemudian, berdasarkan hasil pengolahan angket respon siswa, diperoleh bahwa e-modul termasuk kedalam kriteria “Sangat Baikâ€Â.
References
Apriliyah., dan Wahjudi, E. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Interaktif pada Materi Jurnal Khusus Kelas X Akuntansi di SMK Negeri Mojoagung. 1-7.
Arikunto, S. (2007). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Gramedia.
Depdiknas. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang.
Efriani, NPD., Parmiti, DP., dan Pudjawan, K. 2016. Pengembangan Modul MIPA Berorientasi Pendidikan Karakter Pelajaran MIPA Kelas VII Semester Genap di SMPN 1 Negara. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 35-45.
Hasanah, F. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Science, Environment, Technology, and Society (SETS) pada Materi Pokok Hidrokarbon dan Minyak Bumi dengan Metode 4S TMD. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia.
Herdiansyah, H. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Herdianti, F. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Science, Technology, Environment, Society (SETS) untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Pijar, 16(1), 68-74.
Idrus, L. 2019. Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920-935. Maimunah. 2016. Penggunaan Model Pembelajaran Science Environment Technology and Society (SETS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah. Jurnal Formatif, 6(2), 134-140.
Magdalena, I., dkk. 2020. Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 311-326.
Ningsih, I. 2020. Desain Modul Pembelajaran Kimia Terintegrasi Pendidikan Karakter Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, Society) pada Materi Hidrolisis Garam. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Rahmah, SZ., Mulyani, S., dan Masyikuri. 2017. Pengembangan Modul Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, Society) Terintegrasi Nilai Islam di SMAI Surabaya pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Pendidikan. 2(1), 57-62.
Riduwan., dan Sunarto. (2012). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan Social, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Rohman, A. (2005). Perbandingan Konsep Kurikulum KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 (Kajia Standar Isi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Jenjang SMP). Skripsi. UIN Walisongo.
Safitri, R., dan Sari, M. 2022. Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) untuk Siswa SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh. Journal of Chemistry Education and Integration, 1(1), 9-15.
Sanjaya, W. (2013). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sudrajat, Ajat dan Putri Lynna A. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Kimia SMA/MA Terintegrasi Nilai-Nilai Karakter Siswa. Medan: Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan Universitas Negeri Medan, ISSN. 0852- 0151, Vol 21.
Sunaringtyas K., Saputro, S., dan Masykuri, M. 2015. Pengembangan Modul Kimia Berbasis Masalah pada Materi Konsep Mol Kelas X SMA/MA Sesuai Kurikulum 2013. Jurnal Inkuari, 4(2), 36-46.
Yuniyanti, ED., Sunarno, W., dan Haryono. 2012. Pembelajaran Kimia Menggunakan Inkuiri Terbimbing dengan Media Modul dan E–Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Membaca dan Kemampuan Berpikir Abstrak. Jurnal Inkuiri, 1(2), 112-120
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Zarah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.