KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN PROYEK TERHADAP KEAKTIFAN DAN KREATIFITAS MAHASISWA MATA KULIAH MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF IPA MATERI KIMIA SMP

Authors

  • Oktaffi Arinna Manasikana Universitas Hasyim Asy’ari
  • Andri Wahyu Wijayadi Universitas Hasyim Asy’ari
  • Andhika Mayasari Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.31629/zarah.v10i1.4344

Keywords:

Aktifitas, Kreatifitas, Proyek

Abstract

Peristiwa pandemi Covid-19 di dunia termasuk Indonesia, menyebabkan perubahan sistem pembelajaran yang signifikan, biasanya tatap muka di kelas, kegiatan praktek di laboratorium berubah menjadi pembelajaran dalam jaringan atau daring. Pembelajaran proyek menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktivitas secara nyata. Mata kuliah model pembelajaran inovatif IPA adalah mata kuliah wajib dalam fakultas ilmu pendidikan yang menuntut mahasiswa dalam keaktifan dan kreatifitas menguasai materi tersebut sehingga lebih aplikatif dimanfaatkan saat kelak menjadi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimental dengan teknik pengumpulan data secara observasi dan angket. Model Pembelajaran IPA SMP pada materi kimia mempunyai karakteristik pengetahuan yang abstrak bagi siswa SMP sehingga dibutuhkan keaktifan dan kreatifitas saat mengajar. Berdasarkan hasil angket  didapatkan hasil sebagai berikut: persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah model pembelajaran inovatif 76,8; motivasi mahasiswa terhadap mata kuliah model pembelajaran inovatif 78,40; pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah model pembelajaran inovatif 87,6; aktifitas dan kreatifitas mahasiswa dalam pembelajaran proyek 88,7; Kesan mahasiswa terhadap pembelajaran proyek adalah 84,6. Dari hasil rerata diatas 75,0 hal ini menunjukkan pembelajaran proyek efektif diterapkan pada mata kuliah model pembelajaran inovatif IPA materi kimia SMP.

References

Adit, A. (2020). 12 Aplikasi Pembelajaran Daring Kerjasama Kemendikbud, Gratis!. https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/22/123204571/12-aplikasi-pembelajaran

A Indra Noor. (2010). Pembelajaran Hibrida sebagai strategi model pembelajaran masa depan. https://www.neliti.com/id/publications/233731/pembelajaran-hibrida-sebagai-strategi-model-pembelajaran- masa-depan. Diakses 4 februari 2022

Chasanah, ARU, Khoiri,N. & Nuroso, H. (2016). Efektivitas Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pokok Bahasan Kalor Kelas X SMAN 1 Wonosegoro Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 7 (1), 19-24. http://journal.upgris.ac.id/index.php/JP2F/ article/view/1149

DOI: http://dx.doi.org/10.26877/jp2f.v7i1.1149

Gunawan, Suranti, NMY. & Fathoroni (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education.1 (2), 61- 70 https://journal.publication- center.com/index.php/ijte/article/view/95/

Hamzah B.Uno.(2013). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara

Hermann, M., Pentek, T. & Otto, B. (2016). Design Principles for Industrie 4.0 Scenarios. Presented at the 49th Hawaiian International Conference on Systems Science.

Made Wena.(2011).Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara

Mulyani, W. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis E Learning terhadapHasil Belajar Siswa pada Konsep Impuls dan Momentum. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika FTK UIB Syarif Hidaytullah Jakarta. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstre am/123456789/26232/3/WIWI%20MUL YANI-FITK.pdf

M.Hosnan. Pendeketan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 2. Bogor : Glalea Indonesia

Nisa, LC. (2002). Pengaruh Pembelajaran E- Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Statistics Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris Fakultas TarbiyahIAIN Walisongo. Jurnal Phenomenon 2(1), 7-26.http://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/416 DOI:http://dx.doi.org/10.21580/phen.2012.2.1.416

Noor, ME., Hardyanto, W & Wibawanto, H. (2017). Penggunaan E-Learning dalam Pembelajaran Berbasis Proyek di SMA Negeri 1 Jepara. Innovative Journal of Curriculumand Educational Technology 6 (1), 17-26.https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/u jet/article/view/15572

Sari, IN. (2019). Pengaruh Penggunaan Googleclassroom terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Universitas Islam Indonesia.Skipsi. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/13733

Sucilestari, R.& Arizona, K. (2018). Peningkatan Kecakapan Hidup melalui Pembelajaran Sains Berbasis Proyek. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi. 436-441.

Simarmata, J., Hamid, M. A., Ramadhani, R., Chamidah, D., Simanihuruk, L., Safitri, M., Napitupulu, D., Iqbal, M., (2020). Pendidikan Di Era Revolusi 4.0: Tuntutan, Kompetensi & Tantangan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Widiyanti Sri dan Dyah Rosna (2021) . Efektifitas Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreatifitas Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IT CIDA Vol 7 No 1 Juni 2021 hal35-47 https://journal.amikomsolo.ac.id/index.php/itcida/article/view/135

Downloads

Published

2022-06-15