PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS LITERASI TEKS INFORMASI PADA MATA PELAJARAN KIMIA
DOI:
https://doi.org/10.31629/zarah.v9i2.3544Keywords:
lembar kerja peserta didik, model 4D, literasi teks informasiAbstract
Penelitian ini merupakan salah satu upaya pengembangan perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik dengan didasari literasi membaca teks informasi. Literasi teks informasi merupakan salah satu konten yang dinilai pada Asesmen Kompetensi Minimum sebagai pengganti Ujian Nasional. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model 4D yaitu Define, Design, Develop and Disseminate. Tahap pendefinisian dilakukan melalui kegiatan analisis kurikulum, analisis karakteristik peserta didik, analisis materi, dan perumusan tujuan. Tahap perancangan dilakukan melalui penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis literasi teks informasi pada materi minyak bumi. Tahap pengembangan dilakukan melalui kegiatan validasi komponen isi, komponen penyajian, komponen kegrafikan, komponen kebahasaan, dan komponen literasi teks informasi; uji coba terbatas; dan revisi. Tahap penyebarluasan dilakukan melalui pendistribusian Lembar Kerja Peserta Didik kepada guru-guru kimia di Provinsi Banten. Hasil validasi dan uji coba terbatas menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik layak dan sangat digunakan dalam pembelajaran dengan skor validasi komponen isi 3,80 (sangat valid), komponen penyajian 3,67 (sangat valid) komponen kegrafikan 4,00 (sangat valid), komponen kebahasaan 3,90 (sangat valid), serta komponen teks informasi 3,51 (sangat valid).
References
Apriani, N., Hakim, L., & Sulistiawati, S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Guided Discovery untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Sifat Elastisitas Bahan. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 55-65. Retrivied from: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3393
Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry Education Review (CER), 1(2), 90-114. Retrivied from: https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5614
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2016). Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0041/P/BSNP/VIII/2016 tentang Prosedur Operasi Standar Penyelenggaraan Penilaian Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Pola “Inisiatif Masyarakatâ€ÂÂ. Jakarta: BSNP.
Dewi, K., Sadia, W., & Ristiati, N. P. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu dengan Setting Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kinerja Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1). Retrivied from: https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/548/340
Hidayah, R. (2019). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Zarah, 7(2), 35-39. Retrivied from: https://doi.org/10.31629/zarah.v7i2.1328
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). Jakarta.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2021). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Jakarta.
Prabawati, M. N., Herman, T., & Turmudi, T. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah dengan Strategi Heuristic untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 37-48. Retrivied from: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.383
Purnami, K. R. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Melalui Pendekatan Saintifik Berbantuan LKS pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Rendang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Media Bina Ilmiah, 14(12), 3625-3630. Retrivied from: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i12.604
Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2020). Asesmen Nasional Lembar Tanya Jawab. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Muthoharoh, M., Kirna, I. M., & ayu Indrawati, G. (2017). Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 13-22. Retrivied from: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPK/article/view/12805/8066
Rohimat, S. (2021). Penggunaan Google Form dalam Penilaian Harian Kimia di SMAN 6 Kota Serang pada Awal Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.35719/mass.v2i1.55
Sabaniah, N., Winarni, E. W., & Jumiarni, D. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Creative Problem Solving. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(2), 230-239. Retrivied from: https://doi.org/10.33369/diklabio.3.2.230-239
Saputro, B. (2016). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bagi Penyusun Tesis dan Desertasi. Sleman: Aswaja Pressindo.
Sari, E., Syamsurizal, S., & Asrial, A. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Karakter Pada Mata Pelajaran Kimia SMA. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2). Retrivied from: https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v5i2.3388
Sarita, R., & Kurniawati, Y. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kimia Berbasis Keterampilan Generik Sains. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 12(1), 31-39. Retrivied from: https://doi.org/10.22437/jisic.v12i1.7846
Supardi, N., & Rinaldi, A. (2018). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kegiatan Transaksi Kewirausahaan Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 49-55. Retrivied from: https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.2012