PENGGUNAAN TABEL MT KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK DI KELAS X MIPA 5 SMAN 1 TANJUNGPINANG

Authors

  • M Tohir Karjono

DOI:

https://doi.org/10.31629/zarah.v6i1.295

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa melalui penggunaan Tabel MT Kuantum pada materi struktur atom dan sistem periodik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus pembelajaran. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanjungpinang bulan Juli – September 2017. Subjek penelitian siswa kelas X MIPA 5 SMAN 1 Tanjungpinang TP. 2017/2018 berjumlah 40 siswa.. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptiptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan Tabel MT Kuantum dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata dan ketuntasan siswa pada pretes (18,75 dan 0 %), siklus I (68,00 dan 35 %), siklus II (80,50 dan 68 %) dan siklus III (84,25 dan 85 %). Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Penggunaan Tabel MT Kuantum dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar kimia di kelas X MIPA 5 SMAN 1 Tanjungpinang, (2) Penggunaan Tabel MT Kuantum dalam pembelajaran kimia membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan. Siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan lebih percaya diri dalam menyelesaikan tugas dan soal-soal yang mereka hadapi.

Downloads

Published

2018-04-01