Pengembangan Buku Ajar Matakuliah Biokimia Berintegrasi dengan Nilai-Nilai Sains dalam Alquran

Authors

  • Tutik Sri Wahyuni Institut Agama Islam Negeri Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.31629/zarah.v7i1.1259

Keywords:

buku ajar, biokimia, integrasi, sains, Al-Qur'an

Abstract

Bahan ajar merupakan salah satu kebutuhan utama agar proses pembelajaran terlaksana secara efektif sehingga capaian pembelajaran yang telah ditetapkan dapat berhasil. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku ajar Biokimia yang berintegrasi dengan nilai-nilai sains dalam al-Qur’an di IAIN Tulungagung. Salah satu contoh integrasi ilmu dalam buku ajar ini terdapat dalam QS. Al-An’am: 99 tentang rezeki yang disediakan Allah SWT dengan menumbuhkan beraneka jenis tumbuhan yang menghasilkan biji-bijian dan buah sebagai sumber karbohidrat, protein dan lemak. Pengembangan buku ajar menggunakan model Dick and Carey, namun pada penelitian ini dilakukan sampai tahap evaluasi formatif dan revisi karena pertimbangan keterbatasan waktu dan tenaga. Analisis data berupa data deskriptif kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Berdasarkan hasil uji kelayakan produk oleh validator ahli dan uji coba kelompok terbatas, buku ajar yang dikembangkan ini telah memenuhi kriteria valid dan layak digunakan dengan skor rata-rata dari ketiga validator sebesar 84,5%. Penelitian lebih lanjut diperlukan jika bahan ajar ini hendak digunakan dalam skala luas. Selain itu, perlu disusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk memperjelas kapan tahapan integrasi ayat al-Qur’an dalam pembelajaran sains (biokimia) dilakukan.

References

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dick, W., Carey, L., dan Carey, J.O. (2009). The Systematic Design of Instruction. New Jersey : Pearson.
Djudin, T. (2011). Menyisipkan Nilai-Nilai Agama dalam Pembelajaran Sains: Upaya Alternatif Memagari Aqidah Siswa. Jurnal Khatulistiwa – Journal Of Islamic Studies. Volume 1 Nomor 2 : 151-160.
Fakhri, J. (2010). Sains dan Teknologi dalam Al-Qur’an dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal TA’DIB, Vol. XV No. 01. Edisi, Juni 2010 : h. 121-142.
Murray, R.K., Granner, D.K., & Rodwell, V.W. (2006). Biochemistry Harper 27th Edition. New York: McGraw-Hill.
Nata, Abudin. (2018). Islam dan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Nurhadi, dkk. (2004). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang : UM Press.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogjakarta, Indonesia: Diva Press.
Priyanto, S. H. (2012). Kriteria Baku Buku Ajar. Disampaikan dalam Workshop Penulisan Buku Ajar Dosen Kopertis VI 31 Mei—1 Juni 2012.
Siswanto. (2013). Perspektif Amin Abdullah tentang Integrasi Interkoneksi dalam Kajian Islam. Teosofi: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam, Volume 3 Nomor 2 Desember 2013.
Suprayogo, Imam. (2004). Pendidikan Integralistik, Memadu Sains dan Agama, Sebuah Pengantar dalam Memadu Sains dan Agama Menuju Universitas Islam Masa Depan. Malang: Bayumedia Publishing.

Downloads

Published

2019-05-30