PENGEMBANGAN E-MODUL TERINTEGRASI SOCIO SCIENTIFIC ISSUE (SSI) PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA
Kata Kunci:
E-modul, Socio Scientific Issue, Kesetimbangan KimiaAbstrak
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan e-modul kimia terintegrasi Socio Scientific Issue (SSI) pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan e-modul, respons peserta didik terhadap e-modul, menganalisis hasil penerapan terhadap proses pembelajaran dengan pendekatan SSI dan respons guru. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan disseminate) Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari-Maret 2024 di SMAN 4 Kota Bengkulu dengan subjek yaitu 15 orang peserta didik kelas XI MIPA 1 untuk uji coba skala kecil dan 34 peserta didik kelas XI MIPA 5 untuk uji coba skala besar. Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar wawancara, lembar validasi ahli materi dan media, angket respon peserta didik dan angket respons guru. Dari hasil penelitian ini diperoleh (1) tingkat kelayakan e-modul memiliki kategori sangat layak dengan skor pada aspek materi yaitu 4,7 dan 4,6 untuk aspek media, (2) hasil uji respons peserta didik terhadap e-modul berbasis terintegrasi SSI pada memiliki skor 4,6 dengan kategori sangat baik (3) hasil penerapan pada proses pemebelajaran dengan pendekatan Socio Scientific Issue (SSI) yang mengaitkan isu-isu sosial didapatkan sebanyak 82,35% yang mendapatkan nilai 80 (4) respons guru terhadap e-modul mendapatkan skor 4,7 dengan kategori sangat layak. Hal ini berarti e-modul yang terintegrasi SSI yang dikaji menggunakan sintaks discovery learning mengandung isu sosial di dalamnya yang dapat meningkatkan literasi peserta didik dalam keterampilan critical thinking skills dan charater.
Referensi
Anisa, E. N., Rudibyani, R. B., & Sofya, E. (2017). Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 6(2), 283–295.
Arif, A., & Bahri, A. (2008). Model Covid: Rancangan Model Pembelajaran Untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah. Seminar Nasional VII, 8(1), 102–118.
Dwiningsih, K., Sukarmin, Muchlis, & Rahma, P. T. (2018). Pengembangan media pembelajaran kimia menggunakan media laboratorium virtual berdasarkan paradigma pembelajaran di era global. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 156–176. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p156--176
Genisa, M. U., Subali, B., Djukri, Agussalim, A., & Habibi, H. (2020). Socio-scientific issues implementation as science learning material. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(2), 311–317.
Jamun, Y. M. (2008). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 8(1), 144. https://journal.unpak.ac.id/index.php/jsep/article/view/1378
Karisan, D., & Zeidler, D. L. (2016). Contextualization of Nature of Science Within the Socioscientific Issues Framework: A Review of Research. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 139–152. https://doi.org/10.18404/ijemst.270186
OECD. (2019). PISA 2018 Result Combine Executive Summarise. OECD.
Qotimah, I., & Mulyadi, D. (2021). Kriteria Pengembangan E-Modul Interaktif dalam Pembelajaran Jarak Jauh Artikel info. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 4(2), 125–131.
Rihanah, A., & Irma, C. N. (2022). Kelayakan Isi Dan Bahasa Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Di Sma Negeri 1 Sirampog. Hasta Wiyata, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2022.005.01.03
Sadler, T. D. (2004). Informal reasoning regarding socioscientific issues: A critical review of research. Journal of Research in Science Teaching, 41(5), 513–536. https://doi.org/10.1002/tea.20009
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.
Warmadewi, A. A. I. M., Kardana, I. N., Raka, A. A. G., & Artana, N. L. G. M. A. D. (2021). Pembelajaran bahasa inggris komunikatif berbasis budaya. Jurnal Abdidas, 2(4), 743–751. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.354
Wulandari, A. (2022). Pengembangan Kemandirian Belajar Fisika Dengan Pendekatan Socio Scientific Issue. Pengembangan Kemandirian Belajar, 8(2), 191–199.
Yulita, I., & Amelia, T. (2020). Pelatihan Mengembangkan Bahan Ajar Kimia Berbasis Literasi Sains Mengintegrasikan Konteks Kemaritiman. Jurnal Anugerah, 2(2), 51–65. https://doi.org/10.31629/anugerah.v2i2.2685
Zeidler, D. L., Herman, B. C., & Sadler, T. D. (2019). New directions in socioscientific issues research. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s43031-019-0008-7
Zhafirah, T., Erna, M., & Rery, R. U. (2020). Development Of E-module Based On Problem Based Learning (PBL) In Hydrocarbon Material. Al-Ishlah : Jurnal Pendidikan, 12(2), 216–229. https://doi.org/10.35445/alishlah.v12.i2.263
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Zarah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.