PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA MENGENAI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) BERBASIS VIRTUAL CLASS PADA MATA KULIAH KIMIA DASAR 1

Authors

  • Vira Rizky Rosiandany UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Abstract

Pandemi covid-19 menjadi tantangan baru dalam dunia pendidikan yang mengakibatkan beralihnya pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh (online). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi mahasiswa Pendidikan Kimia mengenai pembelajaran jarak jauh berbasis virtual class  menggunakan google classroom dan video pembelajaran melalui platform youtube pada mata kuliah Kimia Dasar 1. Metode penelitian yang dignakan adalah deskriptif kuantitatif dengan 95 mahasiswa Pendidikan Kimia sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan data yang diperoleh diolah dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan google classroom memiliki nilai rata-rata 4,09 atau persentase sebesar 82% dengan kategori sangat baik, dan pada penggunaan bahan ajar video pembelajaran melalui platform youtube memiliki nilai rata-rata 3,95 atau persentase sebesar 79% dengan kategori baik. Secara keseluruhan aspek pada google classroom dan bahan ajar video pembelajaran melalui platform youtube didapatkan hasil data persentase persepsi sebesar 80,5 % dengan kategori baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan persepsi mahasiswa Pendidikan Kimia memiliki persepsi yang baik terhadap pelaksanaan pembelajaran jarak jauh berbasis virtual class pada mata kuliah Kimia Dasar 1.

References

Adawiyah, Rabiatul., dkk. (2021). Inovasi Video Pembelajaran Kimia Sebagai Solusi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MAN 2 Kota Bima. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan,Vol.6, No.2, ISSN : 2620-8326.

Batubara, Hamdan.H,. dan Delia. S.B,.( 2020). Penggunaan Video Tutorial untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna : Jurnal madrasah Ibtidaiyah. Vol.5, No. 2,.E-ISSN : 2476- 9703.

Bagas, Diemas P.P. (2017). Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom Pada Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal IT-Edu, Vol.2, No.1, 59-67.

Budi, Eko Nur. (2017). Penerapan Pembelajaran Virtual Class pada Materi Teks Eksplanasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI IPS 2 SMA 1 Kudus Tahun 2017. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol. 27, No. 2.

Chang, R. (2003). Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti Edisi Ketiga Jilid I. Jakarta : Erlangga

Dinatha, Nugraha.M, (2018). Pengembangan bahan ajar Kimia Umum berbasis TIK untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakati, Vol.5, No.1. e-ISSN : 2620-6641

Faika, S. & Sumiati, S. (2011). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Perkuliahan dan Praktikum Kimia dasar Di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar. Jurnal Chemica, Vol. 12, No.2.

Fitrianasari, H., & Budiyanto. (2015). Persepsi Guru terhadap Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Sesuai Latar Pendidikan di Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan Khusus,1-5

Fitryarini, I. (2016). Literasi Media pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. Jurnal Komunikasi, 8(1), 51-67

Hussaini, Ilyasu., dkk. (2020) . Effectiveness of Google Classroom as a Digital Tool in Teaching and Learning : Student’s Perceptions. International Journal of Research in Social Science (IJRISS). Vol. 4, No.4. ISSN : 2454-6186.

Izzania, Rahma. A & Endah. W. (2020). Potensi Penggunaan KIT Praktikum Dan Video Tutorial Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh. Journal Of Chemistry In Education, Vol. 9, No.2. ISSN 2252-6609.

Khairani, Miftahul dkk. (2019). Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus, Vol. 2, No.1. ISSN-P : 2621-3702.

Nurfalah, Erfin. (2019). Optimalisasi E-Learning berbasis Virtual Class dengan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics Education Research Journal, Vol.1, No.1.

Pant, Ashish. (2014). Distance Learning : History, Problems and Solutions. Advances in Computer Science and Information Technology (ACSIT) Journal,Vol.1, No.2, 65-70. Online ISSN : 2393-9915.

Purwanto, Agus. dkk. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsycouns Journal, Vol. 2, No. 1, ISSN Online : 2716-4446

Putri, H. N. P. A., & Kusairi, S. (2021). The Impact Pf Learning With The Video Conceptual Understanding Coach Toward Student Conceptual Understanding Force Concept. In AIP Conference Proceedings (2330.(1), 050025). AIP Publishing LLC.

Prawiyogi, Anggy G. dkk. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendikia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, DOI: doi.org/10.21009/JPD.011.10 P-ISSN 2086-7433 E-ISSN 2549-5801.

Prehanto, Adi, dkk. (2021). Video Pembelajaran Interaktif-Animatif Sebagai MediaPembelajaran IPS SD Kelas Tinggi di Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Primary Education, Vol.5, No.1, ISSN : 2597-4866.

Riduwan, & Akdon. (2013). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabet

Rogers, Everett M,. (1983). Diffusion Of Innovations. New York : The Free Pass, A Division of Macmillan Publishing.

Setiadi, Erik Fahron,. dkk. (2019). YouTube sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial. Journal of Civic Education, Vol. 2, No. 4, h.322

Setiawan, Mohammad. A., I Wayan. D., & Sitti Marfu’ah. (2016). Pengaruh BahanAjar Multimedia Terhadap Hasil Belajar Dan Pesrsepsi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kimia Organik I. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian & Pengembangan, Vol.1, No. 4, 746-751.

Simaniguruk, Lidia, dkk.(2019). E-learning : Implementasi, Strategi &Inovasi. Medan : Yayasan Kita Menulis.

Sohibun & yulina, Ade filza. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis VirtualCclass Berbantuan Google Drive. Tadris : Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, Vol.2, No.2, 121-129.

Yazdi, Mohammad. (2012). E-Learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek. Vol. 2, No. 1.

Yunita, dkk. (2021). Analisis Kelayakan Video Pembelajaran Fisika Berbasis Platform Youtube Pada Materi Usaha dan Energi. Inovasi Pendidikan Fisika, Vol. 10, No. 1, ISSN : 2302-4496.

Downloads

Published

2024-10-30