Implementasi Kewajiban Pelaporan Tenaga Kerja Bagi Pelaku Usaha Toko Swalayan di Kota Pekanbaru

Penulis

  • Ardiansah Ardiansah Program Studi Ilmu Hukum, Universitas Lancang Kuning
  • Silm Oktapani Program Studi Ilmu Hukum, Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.31629/selat.v7i2.2291

Kata Kunci:

Pelaku Usaha, Pelaporan, Tenaga Kerja

Abstrak

The existence of supermarkets that have penetrated into settlements is an attraction for the people of Pekanbaru City. However, the number of supermarkets is apparently not directly proportional to the attitude of businesses in fulfilling the obligation to report the number of workers. This study aims to identify barriers and explain the solution to the implementation of the obligations of business operators to report the number of workers in each semester ordered by the Pekanbaru City Regulation on Management of People's Markets, Shopping Centers and Supermarkets. This type of empirical legal research is used in this study, wherein a study that looks at law in society. By using data collection methods by observation, questionnaire, interview and literature review. From the results of the research conducted it can be concluded that business actors do not report the number of workers due to their ignorance of the Pekanbaru City Regional Regulation on Management of People's Markets, Shopping Centers and Supermarkets. Efforts that need to be done are related institutions need to synchronize perceptions and disseminate local regulations to business actors in order to carry out their labor reporting obligations and send letters to business actors regarding the deadline for submitting reports on the number of workers in each semester.

Referensi

Abidin, Zainal, ‘Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 09 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Pasar Rakyat, Pusat Perbelanjaan Dan Toko Swalayan (Indomaret Dan Alfamart Kota Pekanbaru) 1.2’, Http://Repository.Uin-Suska.Ac.Id/14788/6/6.%20BAB%20I__2018817ADN.Pdf (uin suska, 2018)

Data BPS Kota Pekanbaru, 2019.

Fathoni, JHamdiyah;Andi Triharyono;Azis, ‘Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Kompetensi Lingkungan Kerja Dan Gaya Kepemimpinan Di Ada Swalayan Banyumanik Semarang’, Of Management, 02.02 (2016).

Mahyuni, Lina Wana, ‘Implementasi Peraturan Daerah Nomor 09 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Pasar Rakyat, Pusat Perbelanjaan Dan Toko Swalayan (Pengawasan Pusat Perbelanjaan Dan Toko Swalayan Tidak Berizin) Kelurahan Simpang Baru Kota Pekanbaru.’, Http://Repository.Uin-Suska.Ac.Id/14780/6/6.%20BAB%20I__2018815ADN.Pdf (uin suska, 2018).

Marhaeni, A A I N, I G W Murjana Yasa, Ni Nyoman Yuliarmi, Ni Putu, Martini Dewi, and Ketenagakerjaan Perusahaan, ‘Kondisi Pasar Kerja Di Provinsi Bali : Implementasi Undang-Undang Wajib Lapor’, Buletin Studi Ekonomi, 22.2 (2017), 171.

Noviasari, Henni; Azrico, ‘Pengaruh Retail Service Quality Terhadap Kepuasan Konsumen Berbelanja Di Metro Swalayan Senapelan Plaza Pekanbaru’, Ekonomi, 20.3 (2012).

Nur, Trisdiana M., ‘Analisis Perubahan Pendapatan Usaha Pedagang Eceran Sebelum Dan Sesudah Berdirinya Indomaret Dan Alfamart Di Kecamatan Tampan Pekanbaru’, JOM FEKON, 2.2 (2015).

Otaviana, Trivita;M.Mahdil Mawahib;Abdullah Taufik, ‘Analisis Strategi Penjualan Barang Komoditas Di Swalayan Surya Gondang Prespektif Hukum Ekonomi Syariah’, Qawanin, 3.2 (2019).

Puspita, Rizki Nuri, ‘Perbedaan Kepuasan Pelanggan Indomaret Dan Alfamart’, Of Social And Industrial Psychologi, 1.1 (2012).

Putri, Vini Anggraini, and Dewi Fatmasari, ‘Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pelanggan Alfamart Di Kelurahan Srondol Wetan Semarang’, Majalah Ilmiah Inspiratif, 3.5 (2018).

Ramadhani, Jun, ‘Kebijakan Pemberian Izin Usaha Toko Modern Alfamart Dan Indomaret Oleh Pemerintah Kota Pekanbaru Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 112 Tahun 2007 Tentang Penataan Dan Pembinaan Pasar Tradisional Pusat Perbelanjaan Dan Toko Modern’, JOM Fakultas Hukum, 2.1 (2015).

Ria, Lisa Tina, ‘Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Prilaku Konsumen Berbelanja Pada Swalayan 999 Pekanbaru’ (Uin Suska, 2012).

Riau.com, Hallo, ‘Kelima Kalinya, Pekanbaru Jadi Kota Tujuan Investasi Terbaik Di Indonesia’, HalloRiau, 2020.

RiauGreen.com, ‘Perusahaan Wajib Lapor Jumlah Karyawan Tiap Bulan’, RiauGreen.Com, 2019.

Riyadi, Dicky Taufik, ‘Pengawasan Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Terhadap Izin Usaha Toko Modern (IUTM) Di Kota Pekanbaru’, JOM FISIP, 4.9 (2017).

Romallia, Syiti, ‘Mengapa Wajib Lapor Tenaga Kerja (WLTK) Wajib Dilakukan Oleh Pemerintah ?’, Agustus, 2018.

Saib, Khaidir, ‘Strategi Kesuksesan Pertumbuhan Pasar Swalayan Studi Kasus : Toko Mini Market Di Kota Pekanbaru’, Equibrium, 7.2 (2019).

Soekanto, Soerjono, Pengantar Penelitian Hukum (UII Pres, 2008).

Sukmawati, Mia Ayu, ‘Pengawasan Izin Usaha Toko Modern (IUTM) Oleh Dinas Perdagangan Dan Perindustrian Kota Pekanbaru (Studi Kasus Ritel Alfamart Dan Indomaret)’, JOM FISIP, 5.II (2018).

Widiawati, Ikeu Kania; Windy, ‘Pengaruh Pembagian Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di UPTD Pasar Cisurupan Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut’, Pembangaunan Dan Kebijakan Publik, 10.2 (2019).

Winiarti, Ni Wayan, ‘Pelaksanaan Wajib Lapor Ketenagakerjaan Setelah Berlakunya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014’, Acta Comitas, 4.1 (2019).

Wita Dwika Listihana, Afvan Aquino, Arizal, ‘Dampak Keberadaan Mini Market Terhadap Modal Kerja Dan Pendapatan Warung Tradisional Di Kecamatan Rumbai Dan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru’, Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11.1 (2014).

Worung, Cevonie. M Gantung;Prisilia. F, ‘Perlindungan Hukum Terhadap Tenaga Kerja (Outsourcing) Dalam Kegiatan Perdagangan Jasa Di Kota Manado’, Lex et Societatis, V.10 (2017).

Yasin, Muhammad; Sri lestari, Ekonomi (Ganeca Exact, 2007).

Yola, Melfa, and Duwi Budianto, ‘Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Harga Produk Pada Supermarket Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA)’, Jurnal Optimasi Sistem Industri, 12.1 (2016).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-09-07

Cara Mengutip

Ardiansah, Ardiansah, dan Silm Oktapani. “Implementasi Kewajiban Pelaporan Tenaga Kerja Bagi Pelaku Usaha Toko Swalayan Di Kota Pekanbaru”. Jurnal Selat 7, no. 2 (September 7, 2020): 182–198. Diakses Desember 22, 2024. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/selat/article/view/2291.

Terbitan

Bagian

Articles