Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Author Guidelines

Jurnal Selat adalah jurnal ilmiah pada bidang ilmu hukum yang diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji, dengan frekuensi terbitan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Mei dan Oktober. Jurnal Selat pertam akali diterbitkan pada tahun 2013 sebagai wadah ilmiah bagi pengembangan ilmu hukum. Makna dari Selat adalah menggambarkan karakteristik geografis Kepulauan Riau yang merupakan wilayah kepulauan serta berada pada jalur Selat Malaka.

Jurnal Selat memiliki Visi dalam pengembangan ilmu hukum dengan focus dan cakupan pada bidang Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, Hukum Bisnis, Hukum Adat dan Hukum Internasional.

Redaksi Jurnal Selat memuat artikel karya orisinil dan ilmiah serta memiliki nilai kebaruan dalam bentuk hasil penelitian, artikel lepas, artikel ulasan dan artikel resensi buku yang sesuai dengan sistematika penulisan katagori masing-masing artikel yang telah ditentukan oleh Redaksi.

Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia, dikirim dalam bentuk softfile  program aplikasi office MS-Word dengan menggunakan huruf Arial Narrow dalam jumlah halaman maksimal 20 lembar (dua kolom), dengan kertas berukuran A4 (Template naskah dapat diunduh pada menu bar di sebelah kanan). Kemudian tulisan dikirimkan secara daring melalui https://ojs.umrah.ac.id/index.php/selat.

Sistematika Tulisan:

Judul

Judul di tulis dalam 2 bahasa, Bahasa Indonesia mengunakan huruf Arial Narrow kapital (uppercase) 16 untuk bahasa Indonesia. Judul ditulis maksimal 14 kata.

Identitas penulis

Diketik di bawah judul yang meliputi nama penulis tanpa gelar, tempat bekerja, alamat unit kerja, serta nomor telepon dan email penulis, ditulis Nama ditulis huruf Arial Narrow 12, dan identitas 10.

Abstrak

Abstrak ditulis dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris disertai kata kunci minimal 3 (tiga) kata dan maksimal 5 (lima) kata. Abstak memuat latar belakang, tujuan, kegunaan, metode, pembahasan dan analisis, kesimpulan, dan saran tanpa disertai gambar, tabel, atau referensi. Abstrak ditulis dalam satu spasi; 150-200 kata (satu (1) paragraf) diketik menggunakan huruf Arial Narrow; font 11; ditulis dalam bahasa Indonesia (regular font style) dan bahasa Inggris (italic font style). 

Kata Kunci

Menggambarkan ranah masalah yang diteliti dan istilah pokok yang mendasari pelaksanaan penelitian yang diindekskan. Ditulis dengan menggunakan huruf Arial Narrow font 11 dalam bahasa Indonesia (regular font style) dan bahasa Inggris (italic font style)

I.   Pendahuluan

Pendahuluan meliputi latar belakang masalah, rumusan masalah (kalimat tanya berbentuk narasi) serta tujuan dan manfaat penelitian, rangkuman kajian teoritik yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Kutipan (referensi) disisipkan dengan Mendeley tools, Turabian 8th edition (full note) stylePanjang pendahuluan maksimal 4 halaman. (Arial Narrow font 11, spasi 1.5).

II. Metode Penelitian

Metode berisi macam atau sifat penelitian, sumber data, Teknik dan prosedur pengumpulan data, dan analisis data. Kutipan (referensi) disisipkan dengan Mendeley tools, Turabian 8th edition (full note) stylePanjang metode penelitian maksimal 1 halaman. (Arial Narrow font 11, spasi 1.5).

III.   Pembahasan Dan Analisis

Pembahasan dan analisis dalam artikel bertujuan untuk menjawab rumusan masalah dan pertanyaan-pertanyaan penelitian, menunjukkan bagaimana temuan-temuan itu diperoleh, menerangkan arti hasil penelitian, bagaimana hasil penelitian dapat memecahkan masalah serta kemungkinan pengembangannya. Pembahasan dan analisis harus menjawab permasalahan dan tujuan penelitian. Dapat dibuat subbab sesuai pokok permasalahan. Kutipan (referensi) disisipkan dengan Mendeley tools, Turabian 8th edition (full note) stylePanjang pembahasan dan analisis maksimal 10 halaman. (Arial Narrow font 11, spasi 1.5). 

IV.  Kesimpulan

Berisi hal yang menyatakan hubungan antarvariabel yang diteliti. Dibuat dalam bentuk paragraf, tidak dalam bentuk poin-poin. Simpulan harus menjawab permasalahan dan tujuan penelitian. Simpulan bukan ringkasan dan bukan pula tulisaan ulang dari pembahasan. Paragraf pertama ditulis rata kiri, lurus dengan judul bab. Panjang kesimpulan maksimal 1 halaman. (Arial Narrow font 11, spasi 1.5).

V.  Saran

Berisi saran-saran yang perlu disampaikan terkait tema penulisan yang diangkat. Dibuat dalam bentuk paragraf, tidak dalam bentuk poin-poin. Panjang saran maksimal 1 halaman. (Arial Narrow font 11, spasi 1.5).

DAFTAR KEPUSTAKAAN

Diinput dengan melakukan insert bibliography pada Mendeley tools. Referensi utama adalah artikel jurnal, dan buku (terbitan 5 tahun terakhir), tidak termasuk peraturan perundang-undangan dan sumber lainnya. Referensi tambahan berupa peraturan perundang-undangan dan sumber lainnya. Panjang halaman maksimal 2 halaman. Khusus untuk Artikel Jurnal minimal 60 % dari jumlah Referensi. (Arial Narrow font 11, spasi 1.5). 

 

PERSYARATAN LAINNYA:

1. Penulis harus menyertakan Surat Pernyataan Keaslian Tulisan dan Izin Penerbitan pada saat mengirimkan tulisan secara daring (lihat Form Orisinal dan persetjuan).

2. Penulisan kutipan sumber rujukan dengan Mendeley tools, Turabian 8th edition (full note) style, yaitu menuliskan nama pengarang (tanpa gelar akademik); tahun penerbitan dan no halaman, yang ditulis dalam kurung; diletakan dibelakang kutipan.

3. Isi tulisan di luar tanggungjawab redaksi, dan redaksi berhak mengedit redaksional tanpa mengubah arti.

4. Naskah yang belum memenuhi syarat akan dikonfirmasikan atau dikembalikan untuk diperbaiki.

5. Komunikasi terkait Karya Tulis Ilmiah yang diusulkan dapat menghubungi redaksi  JURNAL SELAT melalui email : selat@umrah.ac.id.

6. Tahapan pengiriman naskah pada https://ojs.umrah.ac.id/index.php/selat., sebagai berikut:

a. Lakukan registrasi (REGISTER) dengan mengisi data pada form yang tersedia, kemudian pada pilihan “https://ojs.umrah.ac.id/index.php/selat/user/register

b. Setelah registrasi, lakukan login dengan memasukan username dan password yang telah dibuat;

c. Pada saat login, ikuti petunjuk dan lakukan upload Naskah pada kolom yang tersedia;

d. Lakukan pengecekan secara berkala pada Akun E-Journal anda secara berkala untuk mengecek apakah naskah yang terkirim ada koreksian/perbaikan dari editor, section editor maupun dari peer-review.

e. Download template naskah penulisan JURNAL SELAT  tersedia pada menu bar di sebelah kanan atau Klik LINK

f. Download Surat Pernyataan Keaslian dan Izin Penerbitan JURNAL SELAT tersedia pada menu bar di sebelah kanan atau Klik LINK

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

Author Fees

This Journal Charges the following author fees.

Article Submission : 0.00 (IDR)

Fast-Track Review : 0.00 (IDR)

Article Publication : 0.00 (IDR)