The Role of Public Administration Ethics in Realizing Clean and Transparent Governance

Authors

  • Kholifatus Syadiyah Universitas Islam Malang
  • Salsabilla Azzahra Niesma Putri Universitas Islam Malang
  • Hayat Hayat Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.31629/juan.v12i2.7353

Keywords:

Accountability, Administrative Ethics, Transparency, Governance

Abstract

Etika administrasi publik sangat penting untuk mencapai tata kelola yang transparan. Etika ini mencakup integritas, transparansi, akuntabilitas, dan keadilan untuk memerangi korupsi dan nepotisme. Menerapkan etika ini menumbuhkan pemerintahan yang efisien dan adil yang memprioritaskan kepentingan masyarakat. Artikel ini membahas dampak strategis etika dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, kepercayaan masyarakat, dan reformasi birokrasi melalui transparansi dan partisipasi. Ini juga membahas tantangan dalam penerapan etika, seperti korupsi dan pengawasan yang tidak memadai, dan mengusulkan solusi seperti pendidikan etika dan meritokrasi. Dengan mempromosikan standar etika yang kuat, tata kelola yang kredibel dan akuntabel yang selaras dengan kepentingan publik dapat direalisasikan.

References

Hayani, F., Oktavia, I., Oktavia, R., Fania, S. A., Hanoselina, Y., & Helmi, R. F. (2024). Analisis Permasalahan Etika Pejabat Pemerintahan Dari Perspektif Administrasi Publik. Eksekusi: Jurnal Ilmu Hukum dan Administrasi Negara, 2(4), 259-268.

Muhammad, F., Arsyad, R. A. S., & Notodipuro, T. S. (2024). Analisis Keterkaitan Penegakan Hukum Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemberantasan Korupsi Untuk Mewujudkan Tata Kelola Instansi Pemerintahan Yang Bersih. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(14), 500-512.

Adam, Y., Kurniasih, D., & Tobirin, T. (2023). Fenomena Kebijakan Dalam Perspektif Etika Administrasi Publik Pada Instansi Di Indonesia. Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi dan kewirausahaan, 14(7), 856-865.

Dewata, M. F. N. (2024). Kontribusi Hukum Islam terhadap Reformasi Birokrasi: Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik yang Efisien, Efektif, dan Berkualitas. Jurnal Esensi Hukum, 6(1), 15-30.

SITANGGANG, R. (2022). Kedudukan Serta Peranan Ombudsman Republik Indonesia Dalam Pelayanan Hukum Di Indonesia.

Albab, U., Kurniawan, D., Yuniarti, Y., Yuliana, N. A., & Dewi, C. K. (2024). Sosialisasi Peran Penting Masyarakat dalam Mewujudkan Birokrasi Bersih dan Anti Korupsi Melalui Kesadaran Kolektif di Desa Landbaw Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus. Harmoni Sosial: Jurnal Pengabdian dan Solidaritas Masyarakat, 1(4), 67-75.

Published

2024-11-22

How to Cite

Syadiyah, K., Putri, S. A. N., & Hayat, H. (2024). The Role of Public Administration Ethics in Realizing Clean and Transparent Governance. Jurnal Ilmu Administrasi Negara (JUAN), 12(2). https://doi.org/10.31629/juan.v12i2.7353