https://ojs.umrah.ac.id/index.php/juan/issue/feed Jurnal Ilmu Administrasi Negara (JUAN) 2024-01-29T05:14:29+00:00 Firman juan@umrah.ac.id Open Journal Systems <p>JUAN (Jurnal Ilmu Administrasi Negara) merupakan jurnal yang fokus pada isu-isu kebijakan dan manajemen publik, anggaran sektor publik, kepemimpinan, dan manajemen sumber daya manusia sektor publik. Jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Negara ini terbit dua kali setahun, yaitu Juni dan November. Jurnal ini bertujuan mendiseminasikan hasil penelitian dan kajian teori dalam bidang ilmu administrasi negara.</p> https://ojs.umrah.ac.id/index.php/juan/article/view/6175 EFEKTIVITAS PELAPORAN MONITORING DAN EVALUASI PROGRAM PEMBANGUNAN KOTA TANJUNGPINANG 2023-10-24T00:08:16+00:00 Edy Akhyary edy.akhyary@gmail.com Nur Ilmiah Rivai nurilmiahrivai@umrah.ac.id Rezal Hadi Basalamah rezalbasalamah@gmail.com Okky Rizki Azizi okkyrizkiazizi@umrah.ac.id <p>Pemerintah Kota Tanjungpinang, sesuai peraturan dan perundang-undangan membentuk Sekretariat Daerah Kota Tanjungpinang untuk membantuWalikota dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan Dinas Daerah dan Lembaga Teknis Daerah. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis efektifitas pelaporan monitoring &amp; Evaluasi Program Pembangunan pada Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Tanjungpinang dan untuk menganalisis faktor Pendukung dan penghambat dalam efektifitas pelaporan monitoring<span class="Apple-converted-space"> </span>dan evaluasi program pembangunan pada Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Tanjungpinang. Lebih lanjut yang menjadi tujuan khusus penelitianini adalah menjadi sumbangsih pemikiran ilmiah dalam melengkapi kajian-kajian yang mengarah pada pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya menyangkut masalah perencanaan pembangunan, dan dapat menjadi suatu bahan masukan bagi Pemerintah Kota Tanjung Pinang khususnya di bagianAdministrasi Pembangunan Sekretariat Kota Tanjungpinang. Penelitian di bantu oleh perangkat kerja organisasi dan koresponden lainnya yangmeliputi Kepala Bagian Pembangunan, Kepala Sub Bagian Monitoring dan Evaluasi dan perangkat daerah yang terkait. Penelitian ini menggunakan metode peneltian deskriptif yaitu metode penelitian yang dilakukan melalui pengamatan untuk mendapatkan keterangan-keterangan terhadap suatu masalah tertentu.</p> 2024-01-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Administrasi Negara (JUAN) https://ojs.umrah.ac.id/index.php/juan/article/view/6141 OPTIMALISASI PENGELOLAAN SAMPAH MELALUI LAYANAN JEMPUT SAMPAH DI BANK SAMPAH INDUK (BSI) CIMONE KOTA TANGERANG 2023-09-25T02:32:50+00:00 Achmad Muchtadi ahmadmuchtadi@gmail.com Agus Suherman ahmadmuchtadi@gmail.com Machrunnisa Machrunnisa ahmadmuchtadi@gmail.com <div><span lang="EN-US">Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mengoptimalkan pengelolaan Bank Sampah Induk guna mencapai hasil yang lebih baik dalam pengelolaan sampah di tingkat perkotaan. Penelitian ini akan mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang mempengaruhi keberhasilan Bank Sampah Induk, termasuk infrastruktur, regulasi, partisipasi masyarakat, dan manajemen keuangan Optimalisasi Pengelolaan sampah yang ada di Bank Sampah Induk Cimone berawal adanya bank sampah unit yang mengalami pertumbuhan yang semakin banyak di Kota Tangerang, maka perlu wadah untuk mengakomodasikan. Pada akhirnya, banyak keluhan dan aspirasi dari bank sampah unit terkait masalah penjualan, armada/angkutan, banyak nya bank sampah unit yang memerlukan pendampingan. Atas dasar hal ini, Dinas Lingkungan Hidup dan adanya kesamaan dengan masyarakat mengelola sampah melalui program bank sampah untuk mendukung pemerintah dalam mengurangi dan menangani permasalahan sampah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Selain itu penelitian ini dalam teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, berita, buku, dan sebagainya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Optimalisasi Pengelolaan di Bank Sampah Induk Cimone belum berjalan secara efektif. Hal ini dapat dilihat dari 3 indikator pendekatan yaitu: pendekatan sumber belum sepenuhnya sarana-prasarana dan tenaga kerja terbatas, belum sepenuhnya sosialisasi program pelayanan bank sampah induk menyentuh masyarakat. Saran mengenai penelitian ini yaitu perlu meningkatkan koordinasi dan kerja sama yang terlibat dalam Optimalisasi Pengelolaan di Bank Sampah Induk serta perlu adanya peningkatan pendampingan oleh Dinas Lingkungan Hidup untuk menjaga keberlanjutan bank sampah unit, meningkatkan pola komunikasi yang baik antara bank sampah unit dengan bank sampah induk.</span></div> 2024-01-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Administrasi Negara (JUAN) https://ojs.umrah.ac.id/index.php/juan/article/view/6214 IMPLEMENTASI PRINSIP PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN KEMAYORAN KOTA JAKARTA PUSAT 2023-10-03T03:50:29+00:00 Amin Otoni Zebua atonizebua@gmail.com Angella Rosha Pangestu atonizebua@gmail.com <p>Penelitian ini berfokus pada prinsip-prinsip Good Governance dalam pemberian pelayanan publik di kantor kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat. Studi ini menggunakan metode penelitian kualitatif, termasuk wawancara, dokumentasi, dan observasi, untuk mengumpulkan data. Penelitian ini memberikan gambaran umum tentang penelitian sebelumnya dan kerangka teoritis yang terkait dengan topik penelitian. Identifikasi masalah adalah inefisiensi administrasi dalam memperpanjang izin, yang menciptakan ketidakpastian dalam waktu pemrosesan dan mempengaruhi kualitas pemberian layanan publik. Lokasi penelitian adalah kantor kecamatan Kemayoran, dan fokusnya adalah pada prinsip-prinsip Good Governance dalam pemberian layanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong dan menghambat penerapan prinsip prinsip Good Governance dalam pemberian layanan publik. Studi ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang kualitas pemberian layanan publik berdasarkan prinsip-prinsip Good Governance dan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan prinsip-prinsip tersebut.</p> 2024-01-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Administrasi Negara (JUAN) https://ojs.umrah.ac.id/index.php/juan/article/view/6169 INOVASI PELAYANAN PUBLIK PADA APLIKASI MOBILE JKN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KOTA TANGERANG 2023-09-25T01:45:04+00:00 Dani Putra Sulistyawan daniputras423@gmail.com Yusmedi Yusuf daniputras423@gmail.com Machrunnisa Machrunnisa daniputras423@gmail.com <p>Pelayanan publik dapat didefinisikan sebagai segala sesuatu yang dilakukan organisasi atau instansi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dengan hadirnya teknologi informasi akan memudahkan pelayanan sektor kesehatan termasuk pelayanan BPJS kesehatan cabang kota Tangerang, aplikasi mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, Aplikasi mobile JKN merupakan suatu bentuk transformasi digital model bisnis BPJS Kesehatan yang semula berupa kegiatan administrasi dilakukan di kantor cabang, ditransformasi ke dalam bentuk aplikasi yang dapat digunakan oleh peserta dimana saja dan kapan saja tanpa Batasan waktu (selfservice). Dalam penerapan aplikasi mobile JKN ini, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui serta menggunakan Mobile JKN, masih adanya keluhan penggunaan aplikasi ini. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui, bagaimana pandangan masyarakat terhadap aplikasi mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), bagaimana faktor penghambat dalam penggunaan aplikasi mobile JKN, serta bagaimana upaya yang dilakukan BPJS Kota Tangerang dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik pada aplikasi mobile JKN. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa upaya yang dilakukan BPJS kesehatan melalui aplikasi mobile JKN sudah cukup baik.</p> 2024-01-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Administrasi Negara (JUAN)