PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, MOTIVASI BERWIRAUSAHA, LINGKUNGAN KELUARGA DAN EKSPEKTASI PENDAPATAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA AKUNTANSI (STUDI KASUS PADA MAHASISWA AKTIF DAN ALUMNI PRODI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SARJANAWIYATA
DOI:
https://doi.org/10.31629/jiafi.v4i2.3255Keywords:
Pendidikan kewirausahaan, motivasi berwirausaha, lingkungan keluarga, ekspektasi pendapatan, minat berwirausahaAbstract
Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan data primer kuesioner. Penelitian ini mengambil sampel mahasiswa angkatan 2016-2018 Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta (FE UST). Pengolahan data diuji dengan uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan Uji Normalitas, Uji Linearitas, Uji Multikoleniaritas, Uji Heteroskedastitas, Uji T, Uji F, Regresi Linear Berganda dan R2. Teknik pengambilan sampel menggunakan snowball sampling. Pengumpulan dilakukan dengan cara membagikan link kuesioner dalam bentuk google form. Jumlah kuesioner yang diolah sebanyak 85 kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan berpengaruh negatif terhadap minat berwirausaha mahasiswa akuntansi, sedangkan motivasi berwirausaha, lingkungan keluarga, dan ekspektasi pendapatan berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha mahasiswa akuntansi.